Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Hal yang Sering Dihindari Cewek Saat Lagi Menstruasi, Relate?

Harus cepet cari solusinya nih!

Cynthia Kirana

Mood swing ketika menstruasi adalah hal yang biasa, dan bahkan dirasakan oleh semua cewek. Tapi tahukah kamu, ternyata masih ada juga lho beberapa cewek yang justru menghindari lima hal ini ketika sedang menstruasi. Wah, kira-kira kenapa ya? Atau mungkin, kamu adalah salah satu dari mereka yang juga merasakannya?

Oke, langsung kita intip ya jawabannya. Apakah sama denganmu?

1. Waxing bulu-bulu pada tubuh

Freepik/nensuria

Saat menstruasi, tubuh Bela akan mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron lho! Efeknya, kamu akan lebih peka terhadap rasa sakit. Tak hanya waxing aja yang perlu Bela tunda. Aktivitas lainnya, seperti mencabut gigi, mencabut alis dan bulu halus sebaiknya dilakukan nanti setelah period selesai ya! 

2. Mengonsumsi minuman bersoda atau berkafein tinggi

Freepik/freepik

Buat Bela yang punya rutinitas minum kopi, sebaiknya saat menstruasi dihindari dulu ya. Soalnya minuman yang mengandung kafein dan soda bisa memengaruhi hormon dan menurunkan aliran darah pada rahim. Kalau Bela bisa menerapkan hal ini, efeknya bisa mencegah perubahan drastis mood yang sering terjadi lho!

Sebagai gantinya, Bela bisa perbanyak minum air putih atau jus buah dan sayuran ya.

3. Nonton film yang bisa ‘acak-acak’ suasana hati

Freepik/tirachardz

Kalau Bela suka film atau serial dengan genre drama, please hindari nonton saat kamu lagi menstruasi. Plot cerita yang menguras perasaan, bisa bikin emosi kamu nggak seimbang. Terutama hormon estrogen mempengaruhi otak yang dikaitkan juga dengan emosi, dan proses kognitif. Kalau kamu nekat bisa jadi kamu terbawa suasana nih, akhirnya mood malah drop.

4. Banyak aktivitas di luar ruangan

Freepik/pressfoto

Siapa nih yang sering mager kalau lagi period? Padahal kalau Bela tetap beraktivitas atau berolahraga ringan bisa mengurangi nyeri lho. Kalau alasannya Bela takut bocor dan nggak nyaman beraktivitas pakai pembalut, jelas kamu belum kenalan nih sama produk-produk dari Laurier, si V-Care Expert, ahlinya produk pembalut berkualitas. Seluruh masalah menstruasimu, Laurier punya solusinya. Yuk, langsung aja kepoin! 

  • Laurier Healthy Skin si Anti-Irritation Expert, pembalut ini punya keunggulan dapat mencegah lembap dan iritasi di area kewanitaan. Dengan inovasi baru 3D Pori Bergelombang, menyerap cairan seketika dan meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga pembalut tetap kering.
  • Laurier Super Slimguard Si Flexible Thin Expert, pembalut dengan Teknologi Lapisan Serap Ultra Tipis 1mm berkapasitas 200x, menyerap dengan maksimal dan lebih cepat! Tetap nyaman tanpa ganjal apapun aktivitasmu.

5. Begadang

Shutterstock/GBALLGIGGSPHOTO

Bela, kalau sedang mens, terkadang akan mempengaruhi tidur kita, ya gak sih? Karena takut bocor, jadi harus sering-sering dicek, takutnya tembus sampai ke tempat tidur. ‘Kan nggak banget.

Padahal begadang itu sebuah pantangan bagi cewek apalagi kalau sedang datang bulan. Dengan tidur tepat waktu dan tidak begadang ternyata dapat meredakan hormon stres kortisol lho. Makanya, usahakan menggunakan pembalut yang aman semalaman seperti pembalut Laurier.

Popbela.com/Laurier

Laurier Relax Night si Heavy Flow Expert, pembalut yang dilengkapi inti penyerap instant, mampu menyerap cairan dan gumpalan dengan maksimal. Perlindungannya bikin tidur bebas bocor sampai 10 jam. Dengan pelindung belakang lebar dan struktur bebas celah mencegah bocor pada posisi tidur apapun.

Nah, sekarang Bela pasti udah semakin paham ‘kan? Untuk informasi lebih lanjut, Bela bisa klik di sini ya! 

6. Berlebihan saat makan dan pilih camilan

Freepik/jcomp

Nggak masalah ya Bela, kalau pas menstruasi kamu jadi banyak makan. Asalkan tetap memperhatikan kalori dan kandungan nutrisinya. Bela bisa konsumsi oatmeal, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan makanan yang mengandung serat. 

Selain itu, Bela juga perlu hindari makanan yang mengandung lemak trans, produk olahan susu, natrium, dan gula tambahan. Wajib dicatat ya, Bela!

Ingat Bela meski lagi menstruasi, kamu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas secukupnya. Dan jangan lupa tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Health