Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Anti Gagal!

Nomor 7 paling gampang dilakukan nih!

Arnintya Juninda

Ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat apabila dilakukan secara konsisten. Nah, buat kamu yang sekarang sedang kejar target menurunkan berat badan, ini 15 cara menurunkan berat badan dengan cepat yang bisa kamu coba!

1. Mengonsumsi makanan yang tepat

foodbusinessnews.com

Cara menurunkan berat badan dengan cepat yang pertama adalah mengonsumsi dua jenis makanan yang paling sering disarankan, yakni makanan berprotein tinggi dan berserat. Makanan dengan nilai protein tinggi dapat membantu membakar lemak menjadi sumber energi pada tubuh.

Beberapa makanan dengan sumber protein yang sehat adalah yoghurt, daging tanpa lemak, keju, makanan laut dan kedelai. Konsumsi makanan berprotein tinggi secara teratur, rasakan penurunan berat badan yang signifikan.

2. Mengurangi porsi makan

health.com

Menurut sebuah penelitian, ternyata menggunakan wadah kecil untuk makan dapat membuat kita terbiasa untuk makan dengan porsi yang lebih sedikit. Mengurangi porsi makan tentu wajib dilakukan saat ingin menurunkan berat badan.

Nah untuk menyiasatinya, kamu bisa mengganti wadah yang kamu gunakan untuk makan menjadi lebih kecil nih.

3. Makan secara perlahan

healthline.com

Makan secara perlahan ternyata juga dapat membantu menurunkan badan dengan cepat. Kalau kamu tahu mindful eating, ini salah satu kebiasaan yang kini sedang populer dan ternyata bisa mengirim sinyal rasa kenyang ke otak sebelum kamu memutuskan untuk makan dengan porsi yang banyak.

4. Jangan pernah melewatkan sarapan

healthline.com

Sarapan ternyata menjadi kunci utama dalam cara menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan tidak melewatkan sarapan, kamu dapat menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat.

Selain itu, ternyata melakukan sarapan juga sudah terbukti menekan nafsu makan pada siang hari. Dengan begitu, konsumsi makanan berkurang dan berat badan pun lebih cepat turun deh!

5. Aktif bergerak

healthline.com

Bukan rahasia lagi kalau olahraga menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara cepat. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu membakar kalori berlebih pada tubuh yang tidak bisa dikurangi dengan hanya menjalankan diet atau mengurangi porsi makan.

Buat kamu yang baru ingin mencoba rutin berolahraga, mulailah dengan olahraga sederhana yang bisa kamu lihat tutorialnya di YouTube atau mencoba jalan pagi setiap hari. Selain menurunkan berat badan, tentu tubuh juga jadi lebih sehat.

6. Tidur cukup

healthline.com

Ternyata kurang waktu tidur bisa membuat berat badan naik lho! Nah untuk menurunkan berat badan, kamu perlu memastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Hal ini karena saat kamu kekurangan waktu tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat.

Buntut dari hal ini, biasanya seseorang akan lebih memiliki minat mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah yang banyak. Tentunya ini membuat berat badan naik. Oleh karena itu, pastikan waktu tidurmu telah tercukupi.

7. Minum air putih sebelum makan

probelle.com

Minum air putih dengan jumlah yang sesuai menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Meminum air putih sebelum makan juga terbukti membuat kamu cepat kenyang. Oleh karena itu apabila kamu ingin menurunkan berat badan dengan cepat, biasakan untuk meminum air putih sebelum mengonsumsi makananmu ya, Bela!

8. Makan protein untuk sarapan

unsplash.com/Shayda Torabi

Protein bisa mengatur hormon nafsu makan dan membuat orang merasa kenyang. Melansir Medicalnewstoday, riset pada pemuda menunjukkan bahwa efek hormonal dari sarapan berprotein tinggi bisa bertahan selama beberapa jam. Nah, beberapa pilihan sarapan berprotein tinggi yang bisa kamu pilih adalah telur, oat, selai kacang, quinoa, sarden, sampai chia seed. 

9. Mengurangi gula dan karbohidrat olahan

unsplash.com/Demi DeHerrera

Cara menurunkan berat badan dengan cepat yang paling jelas adalah dengan mengurangi gula dan karbohidrat olahan. Sebab, makanan yang tinggi gula akan berkaitan dengan obesitas.

Sementara itu, karbohidrat olahan merupakan makanan berat yang tidak lagi mengandung serat dan nutrisi, misalnya adalah nasi putih, roti, dan pasta. Makanan tersebut akan cepat dicerna dan berubah menjadi glukosa dengan cepat.

Jika glukosa masuk ke dalam darah secara berlebih, maka akan memicu hormon insulin yang mendorong penyimpanan lemak dan membuat bertambahnya berat badan. 

10. Makan banyak buah dan sayur

unsplash.com/Alexander Schimmeck

Buah dan sayuran merupakan makanan yang rendah lemak dan kalori serta memiliki serat yang tinggi. Kandungan di dalamnya akan menjadi penting bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Di dalamnya, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Buah dan sayuran juga merupakan sumber serat yang bisa meningkatkan rasa kenyang dan memicu penurunan berat badan.

11. Kurangi makanan junk food

unsplash.com/Robin Stickel

Alih-alih mengonsumsi junk food atau makanan yang diproses, lebih baik mengonsumsi makanan utuh. Makanan yang diproses, seperti kentang goreng, biskuit, cokelat akan menambah kalori yang lebih tinggi tanpa membuatmu kenyang. 

Bahkan, junk food juga bisa membuat rasa lapar menjadi meningkat setelah makan dan menjadi penyebab kenaikan berat badan. Alangkah lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan utuh, seperti apel, ikan, ubi, telur, dan lain sebagainya.

12. Konsumsi makanan berserat tinggi

unsplash.com/Alexander Mils

Memakan makanan berserat tinggi juga bisa menjadi cara menurunkan berat badan dengan cepat. Sebab, serat bisa membantumu merasa lebih kenyang dan tepat untuk menurunkan berat badan. Serat tersebut bisa kamu temukan dalam makanan dari tumbuhan, seperti buah, sayuran, oat, beras merah, dan kacang-kacangan.

13. Baca label makanan

unsplash.com/Jon Tyson

Sering kali kita mengonsumsi makanan tanpa mengetahui informasi jumlah kalori yang ada di dalamnya. Padahal, mengetahui informasi kandungan gizi di dalam makanan bisa membantumu untuk menurunkan berat badan. Mulai sekarang, bacalah label makanan sebelum kamu konsumsi agar bisa memilih opsi mana yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

14. Buat nutrition plan

unsplash.com/Conscious Design

Berat badan yang tidak terkontrol salah satunya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak terkontrol. Maka dari itu, cobalah untuk merencanakan sarapan, makan siang, makan malam, sampai makanan ringanmu.

Lakukan perencanaan itu selama seminggu dan pastikan kalori yang kamu konsumsi tetap pada batas yang kamu buat. Setelah itu, lihatlah efeknya pada tubuhmu. 

15. Lakukan workout

unsplash.com/Jonathan Borba

Cara menurunkan berat badan dengan cepat yang terakhir adalah dengan melakukan workout. Workout akan membantu meningkatkan metabolisme sekaligus membakar kalori. Ada banyak workout yang bisa kamu lakukan, di antaranya push up, pull up, dan squat yang bisa membantu kamu memaksimalkan pembakaran kalori.

Itulah 15 cara menurunkan berat badan dengan cepat yang bisa kamu coba di rumah. Tips diet apapun yang sedang kamu coba, pastikan untuk melakukannya dengan konsisten untuk mendapat hasil yang diinginkan.

IDN Media Channels

Latest from Health