Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kerap Menyerang Millennials, 7 Solusi Mengatasi Kecemasan Berlebih

Coba cek nomor 3 nih, Bela!

Arnintya Juninda

Kecemasan berlebih bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami stres. Tentunya, faktor pemicu stres sendiri cukup banyak baik dari internal maupun eksternal. Jika tingkat kecemasan sudah berlebihan, kondisi ini dapat mengganggu untuk kesehatan baik fisik maupun mental.

Gangguan kecemasan berlebih biasa dikenal dengan anxiety disorder, ini juga masuk dalam golongan gangguan kesehatan mental. Sebelum kamu mengalami kecemasan berlebih, ternyata masih ada solusi untuk terhindar dari gangguan kesehatan mental ini. Berikut ini 7 solusi dan cara untuk mengatasi kecemasan berlebih yang sering dialami banyak orang!

1. Rutin Melakukan Olahraga Sederhana

moneycrashers.com

Sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga dapat menghilangkan gejala depresi. Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat meningkatkan hormon endorfin yang dapat mencegah rasa sakit dan memicu untuk membuat perasaan lebih tenang dan damai. Untuk menghindari kecemasan berlebih, lakukan olahraga sederhana secara rutin. Kamu bisa mencoba berbagai tutorial olahraga sederhana yang ada di internet yang bisa mengurangi rasa cemas.

2. Tidur yang Cukup

wtol.com

Susah tidur menjadi salah satu gejala yang dialami orang yang memiliki kecemasan berlebih. Biasanya, di malam hari seseorang yang mengalami kecemasan berlebih akan merasa bahwa otak mereka tidak bisa berhenti memikirkan banyak hal. Nah untuk mengatasi susah tidur, kamu bisa melakukan meditasi satu jam sebelum tidur dan memasang reed difusser di kamar dengan aroma yang membuat lebih tenang. Ingat, waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah 8-9 jam per hari.

3. Hindari Minum Kopi Berlebihan

healthline.com

Suka minum kopi setiap hari tetapi kamu merasa cemas? Ini pertanda bahwa kamu harus mengurangi konsumsi kopi harianmu, Bela. Kopi (dan juga teh) yang mengandung kafein ternyata dapat memicu kecemasan pada seseorang. Oleh karena itu, jika kamu merasa cemas, ada baiknya untuk membatasi asupannya ya, Bela.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

thelist.com

Berjemur di bawah sinar matahari secara rutin juga dapat membantu untuk mengatasi kecemasan berlebih. Luangkan waktu setiap hari minimal 15 menit untuk berjemur di bawah matahari untuk mencegah kondisi kecemasan berlebih pada dirimu ya, Bela. Selain bisa mengatasi hal tersebut, sinar matahari yang mengandung vitamin D juga ternyata turut membantu mengurangi rasa cemas pada seseorang.

5. Melakukan Hal Baru

inspiredbythis.com

Melakukan hal baru bisa jadi sebuah aktivitas yang dapat mengatasi kondisi kecemasan berlebih pada seseorang. Kamu bisa mulai memilih kegiatan yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan yang menurutmu akan membuat dirimu lebih senang. Sebagai contoh mungkin setelah penat bekerja seharian kamu memutuskan untuk memulai hobi baru seperti merawat tanaman, memasak dan sebagainya.

6. Latihan Mindfulness

byrdie.com

Latihan mindfulness kini cukup populer di kalangan millennials nih. Ternyata melatih sikap mindfulness bisa mengurangi gejala depresi dan tingkat kecemasan berlebih. Ada beberapa cara untuk melatih sikap mindfulness, dua di antaranya adalah melakukan meditasi dan juga yoga.

7. Mendengarkan Musik

life979.com

Mendengarkan musik dapat membuat pikiran lebih relaks. Mendengarkan musik instrumental bisa menjadi salah satu aktivitas yang menurunkan rasa cemas berlebih pada seseorang. Hal ini karena detak jantung akan berkurang dan menurunkan tekanan darah. Selain musik instrumental, kamu juga dapat membuat playlist khusus yang membuat diri lebih relaks agar jauh dari kecemasan berlebih saat beraktivitas.

IDN Media Channels

Latest from Health