Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Sembuhkan Hati Usai Putus Cinta a la 'Sobat Ambyar'

Jangan hubungi mantan lagi!

Windari Subangkit

Setiap orang tentu menginginkan hubungan asmaranya berjalan mulus dan langgeng selamanya, tapi pada kenyataannya tak ada hubungan yang sempurna tanpa masalah. Terkadang masalah memang dapat menjadi penguat hubungan, namun di satu sisi bisa juga justru menjadi pemicu kandasnya jalinan asmara. 

Pada kenyataannya, putus cinta memang tidak pernah mudah. Mau itu pisah secara baik-baik maupun penuh drama, putus cinta menyebabkan kita kehilangan seseorang yang telah menjadi bagian besar dalam kehidupan dan rutinitas sehari-hari. Walaupun proses pemulihannya bisa sangat menyiksa, nggak ada salahnya untuk mencari cara agar bisa move on dan menjadi lebih baik lagi.

Jika kamu sedang mengalami situasi seperti ini, coba saksikan film Sobat Ambyar di Netflix! Kamu dapat mengikuti Jatmiko (Bhisma Mulia) dalam menyembuhkan luka hatinya. Nah, ini dia 5 tips bangkit dari patah hati a la Sobat Ambyar.

1. Jangan pernah menghubunginya lagi

Dok. Netflix

Teman Jatmiko yang bernama Kopet (Erick Estrada) memiliki saran move on yang sangat berguna, yaitu ‘Hukum 21 Hari’. Pada intinya, 21 hari ini merupakan kurun waktu yang sangat krusial untuk melakukan detox dari sang mantan. Salah satu caranya adalah dengan tidak menghubungi mantan, baik itu lewan telepon maupun chat.

Sebaiknya kamu pun menghindari media sosial agar tidak terpancing keinginan untuk mengetahui kehidupan sang mantan setelah putus darimu. Hal ini juga berguna agar kamu tak melihat unggahan-unggahan yang mungkin dapat menimbulkan kecurigaan dan membuatmu sakit hati.

2. Hapus jejaknya di kehidupanmu

Dok. Netflix

Langkah berikutnya dalam ‘Hukum 21 Hari’ a la Kopet ini adalah dengan menghapus jejak mantan di kehidupanmu. Misalnya, foto-foto berdua, chat history, barang-barang, dan kegiatan-kegiatan yang bisa mengingatkanmu dengan dirinya.

Jika kamu nggak tega untuk membuang semua kenangan, coba simpan berbagai foto dan barang mantan di sebuah tempat khusus yang nggak akan terlihat olehmu untuk sementara. Kamu juga bisa menitipkannya ke teman-teman terdekat hingga saatnya kamu siap melihatnya kembali tanpa terbawa kesedihan. Langkah ini berguna dalam menyiapkanmu untuk memulai lembaran baru.

3. Lakukan berbagai aktivitas yang dapat menyibukkanmu

Dok. Netflix

Cari kegiatan yang mungkin sempat kamu nomor duakan ketika sedang berpacaran dulu, seperti hobi maupun mimpi yang tertunda. Dalam kasus Jatmiko, ia akhirnya kembali berfokus pada bisnis kopinya.

Hal ini berguna dalam mengalihkan pikiranmu dari sang mantan. Siapa tahu kamu bisa menjadi lebih bersinar ketika tak ada gangguan seperti pertengkaran-pertengkaran kecil mengenai pembagian waktu dengan pacar.

4. Temukan bahu untuk bersandar

Dok. Netflix

Terkadang ada yang mencoba menghilangkan sakit hati dengan mencari cinta baru. Sebenarnya wajar saja kalau kamu membutuhkan seseorang yang dapat menjadi pelipur lara ketika kesedihan melanda. Tapi, ada baiknya untuk fokus dengan dirimu sendiri sebelum menjalin hubungan dengan orang lain.

Kamu dapat mencontoh Jatmiko yang mengandalkan adiknya, Anjani (Sisca JKT48), sahabatnya Kopet, serta komunitas Sobat Ambyar sebagai support system yang dapat menangkapnya ketika jatuh. Layaknya Jatmiko yang merasa nyaman dengan lagu-lagu Didi Kempot, kamu juga bisa mencari lagu-lagu lainnya yang dapat menjadi sumber hiburanmu.

5. Jangan tergoda untuk kembali

Dok. Netflix

Sebelum periode 21 hari berakhir, sebaiknya kamu tak tergoda untuk bertemu apalagi kembali berpacaran dengan mantan. Hal ini dikarenakan hatimu yang masih belum bisa sepenuhnya pulih dan masih dikendalikan oleh perasaan dibandingkan logika. Mungkin sebenarnya hubunganmu memang sudah nggak sehat lagi karena berbagai alasan yang masuk akal, tetapi hal ini bisa saja tertutup dengan rasa rindu dengan kehadiran sang mantan.

Jangan sampai kamu seperti Jatmiko yang melanggar peraturannya sendiri dan kembali ke Saras (Denira Wiraguna), hanya untuk menemukan rasa sakit hati yang baru. Coba tinjau ulang hubunganmu dengan pikiran yang lebih jernih, sehingga kamu tahu apakah kembali ke mantan merupakan hal yang tepat.

Itu dia 5 tips move on yang bisa dipetik dalam film Sobat Ambyar. Siap mengikuti tips-tips di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single