Sebelum menjalin hubungan, seseorang biasanya menjalani proses pendekatan dengan orang lain yang disukai. Jika berhasil, ya, menjadi pasangan. Jika tidak, ya, bisa dikatakan sebagai mantan gebetan. Jika proses pendekatan dengan gebetan ini gagal atau tak terbalas, tak jarang seseorang akan mengalami patah hati, yang sakitnya sama pula dengan diputuskan pacar.

Tapi janganlah rasa sedih, kecewa, dan marah memenuhi hatimu berlarut-larut. Ini saatnya kamu move on dari mantan gebetan yang tak perlu kamu tangisi. Buat kamu yang sama-sama sedang mengalami hal ini, ikuti 13 cara cepat move on dari mantan gebetan di bawah ini.

1. Cintai diri sendiri

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.freepik.com/Nakaridore

Kamu tidak bisa mengharapkan orang lain mencintaimu dengan baik dibanding dirimu sendiri. Jika kamu mau dicintai orang lain, kamu harus belajar untuk mencintai dirimu sendiri dulu. Menerima segala kekurangan dan kelemahan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan tahu caranya bangkit dan memperbaiki diri.

2. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.freepik.com/Pixabay

Tidak selamanya proses PDKT itu lancar. Ada kalanya gagal dengan si dia yang menjauh darimu. Jika itu terjadi, sudah sewajarnya kamu merasa sedih. Tapi jangan sampai kamu menyalahkan diri sendiri seperti menyalahkan diri yang kurang cantik, kurang menarik, atau kekurangan lainnya. Introspeksi diri boleh sebagai proses perbaikan diri. Namun, jangan sampai kamu rendah diri dan berakhir dengan kurangnya kepercayaan diri. Kenali arti dan nilai diri kamu sendiri, ya, Bela.

3. Atur mindset kamu

Cara cepat move on dari mantan gebetan adalah dengan mengatur mindset kamu. Atur pikiran supaya kamu jangan memikirkan dia terus-menerus. Jika mindset­-mu tidak berubah, kamu tidak akan bisa fokus melakukan apa pun. Pikiranmu akan selalu diganggu sehingga pekerjaan bisa berakhir berantakan. Jadi, segera atur mindset kamu, ya, Bela.

4. Tidak kepo dengan dirinya lagi

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.kidslox.com

Ini salah satu tindakan yang membuat banyak orang gagal move on dari mantan gebetan. Rasa penasaran mengenai dirinya kini, membuat kamu kepo dan mulai stalking media sosialnya. Padahal itu tak perlu kamu lakukan. Dengan siapa dia sekarang, bukanlah urusan kamu. Jika kamu tidak berhenti kepo, maka kamu tidak akan pernah bisa move on.

5. Menyibukan diri

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.pexels.com-/Vlada karpovich

Perasaan galau akan kembali datang saat kamu berdiam diri saja di rumah. Pikiran kamu akan kosong dan perasaan sedih itu akan datang kembali. Untuk mengatasinya, lakukanlah banyak kegiatan seperti membuat karya-karya yang berguna sehingga kamu tidak larut lagi dalam kesedihan.

6. Melakukan hobi yang selama ini tertunda

Selain menyibukkan diri, cara lain untuk cepat move on adalah dengan melakukan hobi yang selama ini tertunda. Selama memikat hati gebetan kamu jadi lupa hobimu, kan? Nah, ini saatnya kamu menyenangkan diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, apakah traveling, membaca buku, belajar masak, atau seharian menonton film komedi.

7. Hang out bersama sahabat-sahabat

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.yoursun.com

Saat kamu patah hati, kamu akan merasa dunia seolah-olah sepi dan kamu merasa seorang diri. Kamu lupa padahal kamu memiliki banyak teman dan sahabat yang bisa membantumu keluar dari rasa kesepian tersebut. Segera kontak sahabat-sahabat terbaikmu dan atur waktu untuk ketemuan. Waktu yang kamu habiskan bersama teman dan sahabat, tanpa sadar membuatmu melupakan sang mantan gebetan.

8. Curhat ke orang terdekat

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.pexels.com/rfstudio

Tak enak rasanya menyimpan rasa sedih seorang diri ya? Pasti kamu akan merasa lebih tenang saat berbagi beban dengan orang terdekat yang kamu percayai. Curhatlah kepada mereka mengenai kondisi hatimu saat ini. Bisa saja, mereka akan memberikan nasihat dan saran terbaik agar kamu bisa cepat move on dari si mantan gebetan.

9. Fokus kembali dengan keluarga

Ayo, jujur, saat masa pendekatan pasti kamu terlalu sibuk dengan si mantan gebetan sampai lupa dengan keluarga, kan? Nah, ini saatnya kamu membayar waktu yang terbuang dengan fokus kembali dengan keluarga kamu. Kamu bisa ajak keluarga jalan-jalan agar kamu pun lupa dengan di gebetan. Bisa juga kamu curhat ke mereka. Siapa tahu, mereka akan memberikan dukungan dan membantu kamu melupakan laki-laki tersebut.

10. Berhenti mendengarkan lagu galau

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.unsplash.com/Elice Moore

Saat sedih, pasti susah untuk bersemangat. Ini pun berdampak juga pada lagu yang didengar. Kamu jadi lebih tertarik mendengarkan lagu yang menggambarkan curhatan hati. Nggak salah sih, tapi terus-menerus mendengarkan lagu galau, justru membuat kamu semakin terpuruk dan susah untuk move on. Ganti playlist kamu dengan lagu-lagu yang semangat.

11. Luapkan kemarahan dan kesedihan kamu dengan menangis atau berteriak

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.freepik.com/Drobotdean

Tak bisa dipungkiri, ketika kamu patah hati maka perasaan pertama yang akan kamu rasakan adalah marah dan sedih. Itu hal yang wajar, kok. Asal jangan sembunyikan dan pendam rasa itu terlalu lamu. Kamu justru harus meluapkannya dengan berteriak atau menangis sampai kamu puas dan lega. Jadi, jangan dipendam, ya, rasa marah dan sedih kamu.

12. Menyenangkan diri sendiri

Hapus rasa sedih kamu dengan melakukan sesuatu yang membuat kamu bahagia, salah satu caranya mungkin dengan melakukan perawatan. Kamu bisa ke salon untuk mengganti model rambut, facial, melakukan perawatan kuku, pergi ke spa untuk pijat, atau apa pun yang bisa membuatmu merasa senang dan percaya diri kembali.

13. Terbuka dengan orang baru

Anti Galau, Ini 13 Cara Cepat Move On dari Mantan Gebetanwww.unsplash.com/Alvin Mahmudov

Jika kamu sudah melakukan semua yang di atas, inilah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat move on dari mantan gebetan. Mulai bukalah hati untuk orang baru. Namun, harus jadikan pengalaman sebelumnya sebagai pelajaran sehingga kamu lebih selektif dalam memilih gebetan baru agar tidak jatuh di kesalahan yang selama. Semoga pria selanjutnya yang jadi gebetan kamu adalah jodoh kamu, ya.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk move on dari mantan gebetan. Selalu yakin pada dirimu, ya, Bela, agar masa-masa sedih kamu bisa cepat dilewati.

Baca Juga: Arti Move On dan Caranya agar Berdamai dengan Masa Lalu

Baca Juga: Antara Laki-laki dan Perempuan, Siapa Lebih Cepat Move On?

Baca Juga: Sulit Move On! Ini 5 Tokoh Drama Korea dengan Kisah Cinta Menyedihkan