Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Nyangka, 7 Idol K-Pop Ini Justru Tersandung Skandal Seks

Kisah kelam di balik gemerlap dunia K-Pop

Windari Subangkit

Kasus pelecehan seksual masih menjadi masalah besar yang terjadi di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Korea Selatan. Selama ini, Korea terkenal dengan kepopuleran K-Pop yang berhasil meraih posisi puncak di industri hiburan dunia. Namun di balik kesuksesannya ini, dunia K-Pop ternyata memiliki sisi yang kelam. Beberapa penyanyi dan anggota grup ternyata pernah mengalami skandal terkait pelecehan seksual. Kali ini, Popbela akan mengulas tentang 7 anggota K-Pop yang pernah terlibat skandal seks dan menggegerkan dunia.

1. Seungri 'BIGBANG'

twitter.com/soompi

Pada 2019 lalu, mantan personel boyband BIGBANG, Seungri, sempat menjadi sorotan publik dan media di seluruh dunia. Penyanyi berusia 29 tahun ini ditetapkan sebagai tersangka karena diduga ikut menyediakan jasa prostitusi di kelab malam miliknya, Burning Sun. Kasus prostitusi ini bermula setelah terungkapnya obrolan di sebuah grup aplikasi percakapan antara bintang K-Pop dan orang-orang yang diduga adalah karyawan Burning Sun.

Dalam percakapan tersebut, Seungri diduga memerintahkan karyawannya menyediakan beberapa pekerja seks komersial (PSK) untuk melobi investor asing guna melancarkan investasi pada bisnisnya. Usai ditetapkan sebagai tersangka, Seungri akhirnya memilih untuk mundur dari dunia hiburan. YG Entertainment yang menaungi BIGBANG pun resmi memutus kontrak dengan Seungri pada 13 Maret 2019.

2. Jung Joon Young

koreanarea.com

Usai kasus Seungri terungkap, nama Jung Joon Young pun ikut terseret. Penyanyi solo ini terbukti menjadi salah satu di antara anggota grup chat Seungri. Joon Young diketahui aktif membagikan foto serta videonya saat sedang berhubungan badan dalam grup chat tersebut. Mirisnya lagi, video ini sengaja ia rekam secara diam-diam.

Penyanyi yang lahir di Jakarta ini akhirnya mengakui kejahatannya itu. Joon Young membenarkan bahwa dirinya merekam perempuan-perempuan yang pernah berhubungan intim dengannya menggunakan kamera tersembunyi. Laki-laki berusia 31 tahun ini pun menuliskan surat permintaan maaf dan mundur dari dunia hiburan. Atas perbuatannya ini, Joon Young harus menjalani pemeriksaan di kantor polisi.

3. Park Yoochun

soompi.com

Penyanyi sekaligus aktor, Park Yoochun, sempat menjadi buah bibir di masyarakat setelah dirinya dituduh memperkosa 4 orang perempuan di toilet sebuah bar pada tahun 2016 silam. Bahkan, salah seorang dari mereka sempat menjadikan pakaian dalamnya sebagai bukti pada polisi.

DNA yang ada di pakaian dalam perempuan tersebut memang cocok dengan DNA Yoochun. Namun, barang bukti tersebut nggak cukup kuat untuk menyatakan bahwa keduanya berhubungan badan atas dasar paksaan. Setelah melakukan pemeriksaan, Yoochun terbukti nggak bersalah. Perempuan yang mengaku dirinya diperkosa itulah yang justru dipenjara karena terbukti melakukan pemerasan pada Yoochun dan agensinya.

4. Kim Hyun Joong

channel-korea.com

Pemeran Yoon Ji Hoo dalam drama Boys Over Flowers ini sempat terjerat skandal yang membuat geger para penggemarnya. Hal ini bermula ketika mantan kekasih Hyun Joong mengajukan tuntutan bahwa personel boyband SS501 ini telah melakukan kekerasan fisik dan verbal kepadanya. Tak hanya itu, Hyun Joong juga dituduh telah menghamili mantan kekasihnya tersebut. Kasus yang berjalan selama 2 tahun itu pun selesai pada tahun 2016. Setelah melakukan tes DNA, Hyun Joong terbukti merupakan ayah biologis dari anak sang mantan.

5. Goo Hara

kpopchart.net

Pada September 2018 lalu, dunia hiburan Korea Selatan mendadak dihebohkan atas kasus kekerasan dan penganiayaan yang melibatkan Goo Hara dan mantan kekasihnya, Choi Jong Bum. Keduanya diketahui bertengkar hebat di apartemen milik Hara hingga tubuh mantan personel girlband KARA tersebut penuh lebam. Merasa tersudut, Jong Bum menampik jika ia melakukannya sebagai bentuk perlawanan.

Tak hanya itu, Jong Bum juga mengancam akan menyebarkan video seks mereka jika Hara enggan berdamai dengannya. Namun entah apa yang terjadi, video seks mereka akhirnya tersebar ke publik hingga menjadi trending topic di Korea Selatan. Meski demikian, Jong Bum tak dijebloskan ke penjara lantaran aktivitas seks tersebut direkam atas permintaan Hara. Goo Hara sendiri memutuskan untuk mengakhiri nyawanya pada 24 November 2019.

6. Onew ‘SHINee’

allkpop.com

Onew ‘SHINee’ dilaporkan ke pihak berwajib dengan tuduhan telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan di sebuah kelab malam di wilayah Gangnam pada Agustus 2017 lalu. Dalam rekaman CCTV, Onew terlihat telah menyentuh beberapa bagian tubuh perempuan tersebut. SM Entertainment yang menaungi SHINee mengeluarkan pernyataan bahwa saat itu Onew sedang mabuk dan nggak sadar apa apa yang ia lakukan.

Kasus ini pun diserahkan kepada kejaksaan. Empat bulan setelahnya, Onew menulis permintaan maaf kepada para penggemarnya melalui surat yang ditulis tangan dan dimuat pada situs resmi SHINee. Meski Onew nggak dijerat hukuman, tapi penyanyi berusia 30 tahun ini terpaksa didepak dari drama Age of Youth 2. Padahal, ia sudah beberapa kali melakukan pengambilan gambar dalam drama tersebut.

7. Baek Ji Young

soompi.com

Nasib malang sempat dialami oleh penyanyi senior, Baek Ji Young. Perempuan kelahiran 25 Maret 1976 ini pernah dipaksa melakukan hubungan seks dengan manajernya saat ia masih remaja. Saat itu, sang manajer merekamnya secara diam-diam tanpa sepengetahuan Ji Young. Selang beberapa waktu kemudian, Ji Young yang nggak tahan dengan perilaku manajernya pun memutuskan keluar dari manajemen tersebut.

Namun, sang manajer justru mengancam dan menyebarkan video seks mereka pada tahun 2000 silam. Skandal ini pun berimbas pada karier Ji Young. Meskipun sudah menyampaikan permintaan maafnya, Ji Young dipaksa pergi dari Korea, lagu-lagunya dicekal, dan berbagai kontrak iklan dibatalkan, Ji Young pun akhirnya memutuskan untuk vakum lama dari dunia hiburan.

Di antara 7 skandal seks artis K-Pop ini, mana yang menurutmu paling menghebohkan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single