Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Atasi Kesepian Saat Semua Temanmu Sudah Punya Pacar

Nggak perlu jadi single yang menyedihkan

Windari Subangkit

Menjadi seorang single ketika semua temanmu sudah punya pacar memang kadang membuatmu merasa kesepian. Jika biasanya kamu melakukan banyak kegiatan bersama teman-temanmu, seperti makan siang bareng, nonton film, atau hangout ke mall, kini mereka justru sudah asyik dengan pacar masing-masing. Nggak heran kalau kamu akhirnya merasa kehilangan dan kesepian. 

Tapi jangan sedih lagi, Bela. Seorang ahli Tinder’s Dating and Relationship Trend bernama Dr. Darcy Sterling memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu berada dalam situasi tersebut. Melansir dari Elite Daily, inilah 5 tips supaya nggak merasa kesepian saat kamu masih melajang sementara semua temanmu sudah punya pacar.

Kamu mungkin merasa iri ketika teman-temanmu terlihat selalu mesra dengan pacarnya, sehingga kamu merasa menjadi seorang single yang menyedihkan. Padahal sebenarnya kamu nggak perlu cemburu seperti itu, Bela. Ingatlah bahwa hubungan mereka mungkin nggak semanis apa yang terlihat. Kamu tentu tahu, pasti ada up and down dalam suatu hubungan asmara, yang terkadang bisa membuat bahagia maupun sakit hati. Jadi, jangan berasumsi bahwa berpacaran itu jauh lebih baik daripada single, ya!

Sebagai sahabat, adakalanya kamu akan menghabiskan waktu bersama mereka. Bahkan, mungkin saja jika teman-temanmu ini akan mengajak pacarnya ikut serta dalam kegiatan kalian. Jika kamu nggak nyaman dengan hal ini, maka cobalah bicara jujur pada mereka. Utarakan baik-baik bahwa kamu merasa kesepian jika temanmu asyik dengan pacarnya, sementara hanya kamu sendiri yang single. Kalau mereka adalah sahabatmu, tentu mereka akan mengerti tentang perasaanmu.

Cobalah luangkan waktumu untuk memikirkan sejenak mengenai perasaanmu ini kemudian cari tahu apa yang sebenarnya membuatmu merasa kesepian. Apakah memang karena teman-temanmu sudah punya pacar dan kamu belum, atau karena alasan lain? Bisa saja sebenarnya kamu merasa kesepian karena baru saja putus cinta atau mungkin karena alasan lainnya. Perasaan tersebut nggak datang dengan sendirinya, pasti ada alasan di balik ini semua.

Nggak perlu malu dengan statusmu sebagai single, justru kamu harus bahagia, lho. Sebagai seorang single, kamu bisa dengan bebas menikmati waktumu. Kamu bisa merencanakan liburan atau melakukan suatu aktivitas yang kamu inginkan sejak dulu. Kamu nggak terikat hubungan oleh siapa pun, sehingga kamu bisa bebas pergi ke mana saja dan bersama siapa saja. Ingat, banyak orang yang tengah menjalin hubungan justru merindukan momen saat mereka masih single.

Bela, pernah mendengar ungkapan ‘YOLO’ alias ‘You Only Live Once’? Yup, Kamu memang hanya hidup satu kali, makanya kini saatnya kamu menikmati kehidupanmu dan melakukan apa yang diinginkan. Dengan begini, kamu lebih fokus mencintai dirimu sendiri dan tentu saja akan bahagia tanpa merasakan kesepian. "Faktanya, menurut survei Tinder 'Single, Not Sorry', lebih dari separuh remaja berusia 18 hingga 25 tahun merasa bahwa mereka lebih bahagia dengan statusnya sebagai seorang single,” kata Dr. Darcy Sterling. 

Jadi, nggak perlu malu atau kesepian lagi karena status lajangmu ya, Bela. Nikmati waktu kesendirianmu ini dan lakukan hal-hal yang kamu inginkan.

IDN Media Channels

Latest from Single