Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Ucapan Semoga Cepat Sembuh dalam Bahasa Arab dan Artinya

Kamu perlu memperhatikan penggunaan ucapannya

Raden Putri

Ketika seseorang sedang dalam keadaan sakit, maka orang-orang terdekatnya pasti akan mendoakan agar dia cepat sembuh. Ucapan semoga cepat sembuh ini dapat disampaikan secara langsung maupun melalui pesan singkat.

Umumnya, orang-orang akan mengucapkan semoga cepat sembuh menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Tetapi, ada juga sebagian orang yang mengirimkan ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa Arab.

Ucapan dalam bahasa Arab tersebut biasanya dikirimkan kepada mereka yang beragama Islam. Karena, ucapan tersebut bukan hanya ucapan biasa, tetapi di dalamnya juga mengandung doa.

Lantas, ucapan apa yang harus dikatakan kepada teman, saudara, atau kerabat yang sedang sakit? Berikut Popbela telah merangkum 7 ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa Arab dan artinya. Yuk, simak!

1. Syafakillah

Pexels.com/RODNAE Productions

Ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa Arab dan artinya yang pertama adalah syafakillah. Nah, syafakillah adalah ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa Arab Untuk Perempuan. Tulisan syafakillah dalam bahasa Arab, yaitu:

شفاك الله

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).”

Dalam penggunaannya, kata syafakillah ini digunakan khusus untuk perempuan yang sedang sakit. Adapun ucapan syafakillah dalam bentuk doa yang lengkap adalah sebagai berikut.

Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman.”

Artinya: “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

2. Syafakallah

Pexels.com/Gustavo Fring

Syafakallah adalah ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa Arab untuk laki-laki. Adapun tulisan syafakallah dalam bahasa Arab, yaitu:

شفاك الله

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (laki-laki).”

Sementara itu, doa lengkap untuk ucapan syafakallah adalah sebagai berikut.

Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman.”

Artinya: “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

3. Syafahallah

Pexels.com/cottonbro

Ucapan syafahallah adalah doa ketika sedang berjauhan. Maksudnya, doa ini diucapkan untuk seorang perempuan yang sakit dan keberadaannya jauh dari si pemberi doa.

Misalnya, kamu memberitahu temanmu jika ibu kamu sedang sakit. Kemudian, temanmu tersebut mengucapkan agar ibumu cepat sembuh.

Jika kamu menyampaikan doa tersebut kepada ibumu, maka kata yang tepat adalah syafahallah. Karena, ucapannya diberikan melalui perantara orang lain. Tulisan bahasa Arab untuk syafahallah, yaitu:

شفاها الله

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).”

4. Syafahullah

Pexels.com/Engin Akyurt

Sama dengan syafahallah, syafahullah juga digunakan untuk mengucapkan semoga cepat sembuh kepada orang yang sedang sakit, tetapi berada jauh dari si pemberi doa. Bedanya, syafahullah diucapkan kepada seorang laki-laki.

Adapun tulisan syafahallah dalam bahasa Arab, yaitu:

شفاها الله

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki).”

5. Syafakumullah

Pexels.com/cottonbro

Jika ada teman laki-laki kamu yang sakit dan berjumlah dua orang atau lebih, maka doa yang diucapkan adalah syafakumullah. Sementara itu, tulisan syafakumullah dalam bahasa Arab, yaitu:

شفاكم الله

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (laki-laki).”

6. Syafahumullah

Pexels.com/cottonbro

Ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa Arab dan artinya yang selanjutnya adalah syafahumullah. Ucapan ini diberikan untuk mendoakan seorang laki-laki yang jumlahnya sangat banyak. Adapun tulisan syafahumullah dalam bahasa Arab, yaitu:

شفاهم الله

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (laki-laki).”

7. Syafahunnallah

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Tak jauh berbeda dengan syafahumullah, ucapan syafahunnallah juga diucapkan untuk orang dalam jumlah yang banyak. Namun, syafahunnallah ditujukan kepada seorang perempuan. Tulisan bahasa Arab untuk syafahunallah, yaitu:

شفاهن الله

Artinya: “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan).”

Selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, itu dia 7 ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa Arab dan artinya. Ternyata, mendoakan orang yang sedang sakit dan memberinya semangat akan menjadi ladang doa, lho, Bela. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Single