Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh

5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAW

Lakukan dengan rutin, yuk!

5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAW

Sihir atau santet biasa identik dengan sesuatu yang gaib. Hal ini bisa terjadi kapan saja dan bisa sangat mengganggu jika benar terjadi pada kita selaku umat muslim. Bahkan, tak jarang, sihir ini mengancam jiwa.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Sebagai umat yang beriman, kamu bisa menghilangkan sihir tersebut dengan doa. Lebih spesifiknya lagi, inilah deretan doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW yang diyakini dapat menghilangkan sihir dalam tubuh. Apa saja?

1. Membaca Surat Al-Baqarah

5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAWIslami.co

Cara pertama untuk menghilangkan sihir dari dalam tubuh salah satunya adalah dengan membaca Surah Al-Baqarah. 

Melansir laman Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai khasiat Surah Al-Baqarah yang dapat menangkal sihir yang artinya adalah sebagai berikut.

"Bacalah Surah Al-Baqarah! Karena sesungguhnya mengambilnya (membacanya) adalah barakah dan meninggalkannya adalah penyesalan (kerugian), dan sihir tidak akan mampu menghadapinya." (HR. Muslim)

2. Surah Al-Muawwidzat (Al-Falaq dan An-Nas)

5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAWCeritaislam.com

Doa kedua kamu panjatkan untuk upaya menghilangkan sihir dalam tubuh adalah Surat Al-Muawwidzat, yakni surah Al-Falaq dan An-Nas. Keduanya adalah surah penutup dalam Alquran dan memiliki keutamaan serta fadhilah yang agung. Surat ini bisa kamu jadikan pelindung dari godaan setan, sihir, bahkan untuk menghindari kejahatan manusia. 

Melansir dari laman Tafsir Al Quran, dua surah ini bisa dijadikan sebagai penjagaan sekaligus obat. Hal itu diterangkan oleh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir al-Munir.  Pandangan tersebut disandarkan pada hadis dari Aisyah tentang kebiasaan Rasulullah membaca Surat Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebelum tidur.

 عن عائشة أن النبى – صلى الله عليه وسلم – كان إذا أوى إلى فراشه كل ليلة جمع كفيه ثم نفث فيهما فقرأ فيهما (قل هو الله أحد) و (قل أعوذ برب الفلق) و (قل أعوذ برب الناس) ثم يمسح بهما ما استطاع من جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلَّاتٍ َ

Artinya: "Dari Aisyah ra bahwasanya nabi Muhammad saw jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dalam terbukanya dan membaca Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan tersebut, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali." (HR. Bukhari).

3. Membaca Ayat Kursi

5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAWDok. Internet

Dilansir dari laman NU, amalan agar terhindar dari sihir salah satunya adalah dengan membaca Ayat Kursi yakni Surat Al-Baqarah ayat 255 di luar ruangan. 

Caranya adalah dengan menghadap arah barat (kiblat) dan dibaca tujuh kali, setelah itu menghadap arah selatan serta membaca Ayat Kursi tujuh kali, menghadap arah timur dengan melafalkan tujuh kali, menghadap arah utara dibaca tujuh kali, dan menghadap arah barat kembali dibaca tujuh kali. 

Kemudian ditambah menghadap arah atas dibaca tujuh kali dan ke arah bawah dibaca tujuh kali. Rasulullah SAW bersabda yang artinya sebagai berikut.

"Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR. Al-Bukhari).

4. Doa Nabi Muhammad SAW untuk Hasan dan Husain

5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAWUnsplash.com/Abdullah Oguk

Selanjutnya, terdapat pula doa Nabi Muhammad SAW untuk menangkal sihir. Doa ini biasa diucapkan Nabi Muhammad SAW untuk meminta perlindungan Allah SWT untuk Hasan dan Husain. Doa tersebut adalah sebagai berikut,

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

"Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin."

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk)." (HR. Bukhari, no. 3371).

5. Dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah

5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAWDok. Internet

Selanjutnya, membaca dua ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah juga mampu menangkal dari sihir. Hal ini sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut.

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: "Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan." (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

Ada pun bacaan dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah adalah sebagai berikut.

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ (285) لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286)

Artinya: "Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): 'Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya', dan mereka mengatakan: 'Kami dengar dan kami taat.' (Mereka berdoa): 'Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.'

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): 'Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir'." (QS. Al-Baqarah: 285-286)

Itulah tadi beberapa doa yang mampu menghilangkan sihir dari tubuh. Semoga Allah SWT melindungi kita semua.

Baca Juga: Doa Menyembelih Hewan Berdasarkan Ketentuan Islam

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban, Agar Berkah dan Dipermudah

Baca Juga: 4 Doa Meredakan Hujan Beserta Artinya, Agar Bisa Membawa Berkah

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

5 Permainan Video yang Paling Dinanti di 2023, Apa Saja, Nih?

5 Permainan Video yang Paling Dinanti di 2023, Apa Saja, Nih?

trending

Trending

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Review 'The Point Men': Aksi Penyelamatan Sandera yang Menegangkan

Review 'The Point Men': Aksi Penyelamatan Sandera yang Menegangkan