Doa merupakan bentuk komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhan. Bagi umat Islam, memanjatkan doa kepada Allah SWT adalah hal yang harus dilakukan.

Doa yang dipanjatkan dapat berupa memohon kesehatan, keselamatan, pertolongan, kebahagiaan, hingga memohon dilancarkan rezeki. 

Mencari rezeki yang halal dan berkah tentu harus diimbangi dengan usaha dan doa. Terdapat bacaan doa pembuka rezeki yang perlu kamu ketahui.

Yuk, simak ulasannya!

1. Pengaruh doa terhadap kehidupan

Doa Pembuka Rezeki Bahasa Arab, Latin dan Artinyapexels.com/Anastasia Shuraeva

Doa memang membawa pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan kita semua.

Apa yang kita panjatkan kepada Allah SWT memang tidak semuanya akan dikabulkan dengan segera. Akan tetapi, kesabaran untuk berdoa akan membawakan hasil dan pengaruh besar dalam hidup.

Seperti yang dikatakan oleh Ibnu Qoyyim rahimahullah:

"Doa adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari hal yang tidak ia sukai dan sebab utama meraih hal yang diinginkan."

2. Bacaan doa pembuka rezeki bahasa arab, latin dan artinya

Doa Pembuka Rezeki Bahasa Arab, Latin dan Artinyapexels.com/Alena Darmel

Doa mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan, sehingga tidak akan rugi orang-orang yang memanjatkan doa kepada Allah SWT. 

Doa menjadi jembatan atau bentuk komunikasi kepada Allah SWT, baik untuk meminta permohonan ataupun mendekatkan diri kepada-Nya.

Berikut beberapa doa pembuka rezeki bahasa arab, latin dan artinya:

1. Hadis Riwayat Tirmidzi

Pengaruh doa khususnya sebagai pembuka rezeki diungkapkan oleh Salman Al-Farisi RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Yang dapat menolak takdir hanyalah doa. Yang dapat menambah umur hanyalah amalan kebaikan." (HR. Tirmidzi)

2. Hadis Riwayat Ibnu Majah dan Ahmad

Jika kamu ingin dimudahkan dan dilancarkan rezekinya bisa membaca doa pembuka rezeki terlebih dahulu sebelum menjemputnya.

Seperti yang seringkali dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika mengerjakan sholat subuh sesudah salam yakni:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.”

Yang artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

3. Doa pembuka rezeki bahasa arab, latin dan artinya Hadis Riwayat Muslim

  • Dari Thoriq bin Asy-Syam RA, pernah mengatakan bahwa:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

“Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aainii, warzuqnii.”

“Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau salat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut:

Yang artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit) dan berikanlah rezeki kepadaku.” (HR. Muslim)

  • Riwayat lain dikatakan oleh Tahriq, bahwasannya ia pernah mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi awa sallam ketika mendatangi seorang laki-laki dan laki-laki itu mengatakan:

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي ))

“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika kau ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahumagfir lii, warhamnii, wa’aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhirat.(HR. Muslim)

3. Pintu rezeki yang diberikan oleh Allah SWT

Doa Pembuka Rezeki Bahasa Arab, Latin dan Artinyapexels.com/Alena Darmel

1. Rezeki yang sudah terjamin

Dalam Al-Qur’an surat Hud telah dijelaskan bahwasannya setiap makhluk yang ada di muka bumi mendapatkan jaminan rezeki dari Allah SWT. Sehingga, kita tidak perlu khawatir dan takut sebab sudah adanya jaminan tersebut.

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak “bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semuanya (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).” (QS. Hud: 6)

2. Rezeki karena bersyukur

Ketika kita bersyukur atas apa yang Allah berikan, maka Allah SWT akan menjamin untuk menambahkan rezeki. Seperti firman Allah SWT:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (Nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.(QS. Ibrahim: 7)

3. Rezeki karena menjalin silaturahmi

Jalinan tali silaturahmi dapat menjadi pembuka pintu rezeki kepada kita. Sebagaimana yang sudah dikatakan pada hadis oleh Abu Hurairah:

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Rezeki yang datang tidak terduga

Teruntuk orang yang bertakwa dan bertawakal kepada Allah SWT. Maka ia akan dipermudah jalannya untuk mendapatkan rezeki.

Surat At Thalaq ayat 2:

“....Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya.”

Demikian beberapa doa pembuka rezeki bahasa arab, latin dan artinya. Rezeki bisa datang dari mana saja jika Allah SWT menghendakinya. 

Baca Juga: 4 Doa Meredakan Hujan Beserta Artinya, Agar Bisa Membawa Berkah

Baca Juga: 5 Doa Menghilangkan Sihir dalam Tubuh, Ini yang Dibaca Rasulullah SAW

Baca Juga: Baca 5 Doa Perjalanan Jauh Ini agar Selamat Sampai Tujuan