Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Nilai Persahabatan dari Kartun Spongebob Squarepants yang Menghibur

Bukan hanya hiburan semata, lho!

Agnes Innike Putri

Bagi kamu para pecinta film kartun, pasti sudah nggak asing lagi dong dengan film kartun yang berjudul Spongebob Squarepants? Yup! Seorang makhluk kuning berbentuk kotak yang terbuat dari sponge dan hidup di laut bernama Bikini Bottom. Kalau kamu mengenal Spongebob, kamu juga pasti kenal dengan para karakter lain dalam kartun ini, seperti Squidward, Tn. Krab, Plankton, hingga kedua sahabat terbaiknya yang bernama Patrick dan Sandy.

Berbicara mengenai persahabatan, secara nggak langsung maha karya Stephen Hillenburg ini mengandung nilai-nilai persahabatan lho, Bela. Dan kali ini Popbela sudah merangkum 7 nilai persahabatan yang ingin disampaikan oleh Stephen melalui film kartun Spongebob Squarepants.

1. Rela berkorban

imdb.com/Tom Kenny

Salah satu nilai persahabatan yang dapat diambil dari kartun Spongebob ini adalah rela berkorban. Dalam episode di mana orangtua Patrick akan datang mengunjunginya, Patrick sangat takut kalau orangtuanya mendapati anaknya adalah seorang anak yang bodoh. Maka, Spongebob merelakan dirinya untuk  berpura-pura menjadi bodoh agar Patrick terlihat pintar di depan orangtuanya.

2. Kehilangan uang lebih baik daripada kehilangan sahabat

imdb.com

Masih ingat nggak nih dengan episode Porous Pockets? Pada episode ini, Spongebob menjadi kaya dan memiliki banyak teman baru, sehingga meninggalkan sahabatnya, Patrick. Sayangnya, teman-temannya hanya memanfaatkan kekayaannya saja dan meninggalkan Spongebob ketika dia sudah nggak memiliki uang sepeser pun. Dengan kerendahan hati Spongebob mendatangi Patrick dan berkata “Patrick, kalau uang bisa membuatku melupakanmu, aku lebih memilih untuk nggak punya uang.”

3. Persahabatan lebih penting daripada pengetahuan

imdb.com

Dalam episode Patrick SmartPants, kepala Patrick tertukar dengan kepala lain yang membuatnya menjadi pintar dan nggak nyaman bermain dengan Spongebob. Meski demikian, Patrick rindu menjadi bodoh dan bermain-main dengan Spongebob. Maka Patrick mendatangi Spongebob untuk mengulangi hal yang sama di tempat otaknya tertukar, berharap dia dapat menjadi dirinya yang bodoh lagi dan dapat bermain dengan Spongebob seperti sedia kala.

4. Pertengkaran nggak akan membuat persahabatan menjadi hancur

imdb.com

Sebuah film nggak akan seru tanpa adanya konflik. Demikian dengan film kartun Spongebob ini. Stephen membuat konflik dalam setiap episodenya, termasuk pertengkaran Spongebob dan Patrick. Walaupun begitu, pada akhirnya Patrick dan Spongebob dapat mengatasi masalah yang membuatnya bertengkar dan keduanya masih tetap menjadi sahabat karib.

5. Saling membantu

imdb.com/Tom Kenny dan Carolyn Lawrence

Seperti yang sudah Popbela katakan tadi, selain Patrick, Spongebob juga memiliki sahabat baik, yaitu Sandy. Seekor tupai yang terkenal dengan kepintaran dan jago karatenya. Banyak warga Bikini Bottom menganggap Sandy adalah tupai yang sombong. Padahal pada episode Squid Defense, Sandy dengan senang hati membantu sahabatnya, Spongebob untuk mengajari Squidward cara membela diri dengan ilmu karate milik Sandy.

6. Selalu ada

imdb.com/Ginnifer Goodwin dan Amy Sedaris

Pada episode tertentu, kita mendapati Spongebob mengalami musibah, seperti jarinya yang ketusuk kayu, terserang flu, dan lainnya. Bela, kalau kamu perhatikan, ketika Spongebob mengalami musibah, pasti ada satu orang yang selalu ada untuk dirinya. Nggak lain dia adalah sahabatnya sendiri, Patrick.

7. Saling menghibur

imdb.com/Viacom_Nickelodeon

Nggak hanya selalu ada dalam keadaan suka maupun duka. Seorang sahabat juga akan melakukan berbagai cara untuk menghibur sahabatnya yang sedang sedih. Sama halnya dengan Spongebob dan Patrick yang mencoba berbagai cara untuk menghibur Sandy ketika dia merindukan kampung halamannya, Texas dalam episode Texas.

Bela, terbukti kan kalau film kartun Spongebob ini nggak hanya memberikan kamu sebuah hiburan, tetapi juga mengajari kamu arti persahabatan?

IDN Media Channels

Latest from Single