Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lagu tentang Insecure agar Berdamai dengan Diri Sendiri

Ada lagu bahasa Indonesia, barat, dan K-Pop

Indah Utami

Rasa insecure memang bisa bikin kita jadi ragu dan nggak percaya diri dengan apa yang kita miliki, ya, Bela. Meski begitu, kita perlu mengendalikan atau bahkan dapat menghilangkan rasa insecure ini. Sebab, faktanya nggak ada orang yang sempurna.

Maka dari itu, Popbela punya playlist baru berisi lagu tentang insecure yang bisa menghibur dan membuat perasaanmu jadi lebih tenang, serta kembali semangat dalam menjalani hidup. Berikut daftar lagu tentang insecure untukmu.

1. "Diri" - Tulus

Lewat lagu easy listening ini, Tulus mengingatkan kita untuk menerima diri apa adanya. Jadi, tak perlu merasa minder jika kita belum sempurna. Lagu ini juga mengajak kita untuk mengutamakan kebahagiaan diri sendiri dan tidak terlalu memikirkan omongan orang lain.

2. "Semoga Sembuh" - Idgitaf Ft. Ezra Mandira

Penyanyi, Idgitaf, yang terkenal lewat TikTtok ini menciptakan lagu yang sangat indah bagi para pendengarnya. Lagu "Semoga Sembuh" merupakan main song dari album yang dirilisnya tahun 2022 lalu. Lagu ini ditulis ketika Gita mulai memahami dan bisa berdamai dengan dirinya. Melalui lagunya, penyanyi kelahiran 2001 ini berharap lagu "Semoga Sembuh" ini mampu membantu orang lain melewati masa yang serupa saat memasuki usia dewasa.

3. "Tutur Batin" - Yura Yunita

Lagu tentang insecure bahasa Indonesia berikutnya ada dari penyanyi, Yura Yunita. Lagu ini menyentil kisah sang penyanyi yang saat itu tengah memasuki fase acceptance atau penerimaan diri, yaitu ketika ia menghadapi konflik batin hingga akhirnya bisa menerimanya dengan ikhlas. Yura melewati semua itu dengan menyadari bahwa dia tidak perlu menjadi sempurna hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Menurutnya, ketidaksempurnaan yang kita miliki saat ini bisa dijadikan sebagai cara untuk menjadi manusia apa adanya. Oleh karena itu, Yura berharap lagu ini mampu membuat rasa insecure para pendengarnya perlahan menghilang, dan menggantinya dengan mulai mencintai diri sendiri.

4. "LIMBO" - Keshi

Lagu "LIMBO" milik Keshi yang viral pada 2023 lalu ini sebenarnya dirilis tahun 2022. Isinya menceritakan tentang perasaan seseorang yang sedang melalui fase sulit dalam kehidupannya, seperti berada dalam kebuntuan dan tak tahu harus apa lagi.

Meski mengalami situasi sulit, ia masih mencoba untuk meraih kebahagiaan dengan mencari hal-hal yang memberikan kepuasan pada dirinya. Oleh karena itulah, Keshi menggambarkan kehidupan ini seperti limbo atau penuh dengan ketidakpastian. Sebab, pada kenyataanya, kita hanya menunjukkan sisi terbaik diri ini pada orang lain.

5. "Favorite Song" - Toosii

Lagu tentang insecure  yang pernah viral selanjutnya ada dari Toosii, seorang rapper, penyanyi, dan penulis lagu asal Amerika kelahiran tahun 2000. Dalam lagu "Favorite Song", Toosii menceritakan tentang seseorang yang tengah mencari sandaran untuk membuat hidupnya terasa lebih baik, dan bisa membuka pintu hatinya, serta membantunya melepaskan diri dari rasa kesepian dan sakit hati yang dialaminya selama ini.

Tak hanya itu, melalui lagu ini, Toosii juga mengajak pendengarnya untuk berani menjadi diri sendiri dan menghargai keunikan yang dimilikinya.

6. "You Sign Up For This" - Maisie Peters

Nama Maisie Peters memang kurang familier di kalangan penggemar musik Tanah Air. Maisie sendiri termasuk dalam underrated artists sejak debutnya di tahun 2017.

Meski begitu, suaranya yang merdu dan lirik lagu yang indah di setiap karyanya, membuat Maisie akhirnya masuk dalam label rekaman milik Ed Sheeran di tahun 2021 hingga kini. Perlu diketahui, Maisie Peters juga merupakan sahabat Niki Zefanya sejak 2015.

Nah, lagu "You Sign Up For This" ini merupakan main song di album debut pertama Maisie bersama Ed Sheeran. Pada bagian refrain-nya, Maisie menceritakan perjuangannya untuk sembuh dari trauma, penyakit mental, maupun patah hati yang pernah ia rasakan. Maka dari itu, penyanyi kelahiran tahun 2000 asal Inggris ini menulis lagu "You Sign Up For This" agar orang-orang tak menyerah pada siapa pun yang tengah insecure, terlebih ketika mereka tengah berproses untuk sembuh. Walau tampak mustahil, tapi suatu hari nanti pasti akan jadi lebih baik.

7. "I'm Not Pretty" - Jessia ft. Bebe Rexha

Next, ada lagu tentang insecure dari Jessia yang bisa menghiburmu. Terlebih jika kamu sedang insecure terkait bentuk fisikmu. Lagu yang viral di TikTok di tahun 2021 lalu ini memang sangat relate bagi semua orang, terutama perempuan.

Lagu ini viral bermula dari unggahan Jessia yang menyanyikan lagu ini versi acapella di akun TikTok pribadinya. Tanpa waktu lama, lagu yang mengajak kita untuk mencintai diri sendiri ini langsung viral, hingga membuat pelantun "Meant To Be", Bebe Rexha, merilis versi remix bersama dirinya.

So, walau sulit untuk memulai self-love, namun ketahuilah bahwa kamu tak seharusnya melukai diri sendiri hanya demi mengubah penampilanmu.

8. "Celebrity" - IU

Bagi pecinta drama maupun lagu asal Korea Selatan, tentunya kamu nggak asing dengan sosok IU, bukan? Lagu "Celebrity" yang menjadi lagu pra-rilis untuk album kelima IU, punya makna yang sangat dalam, lho.

Pelantun "Palette" ini mengatakan bila lagu "Celebrity" terinspirasi dari salah satu temannya yang kerap dianggap 'aneh' oleh orang lain. Menurutnya, keunikan yang dimiliki temannya itu merupakan ciri khas yang membuat dia bersinar layaknya seorang selebriti. Maka dari itu, melalui lagu ini, IU mengajak kita untuk tetap menjadi diri sendiri, karena setiap orang punya keunikannya masing-masing.

9. "Tally" - BLACKPINK

BBanyak perempuan merasa relate banget dengan lagu bertajuk "Tally" yang dibawakan oleh BLACKPINK. Setiap perempuan pasti merasa insecure karena stereotip yang tercipta di lingkungannya.

Oleh karena itu, melalui lagu ini, BLACKPINK akan menemanimu untuk terus melakukan apa pun yang kamu inginkan dalam menjalani hidup. Dengan mendengarkan lagu ini, kamu akan jadi lebih yakin pada diri sendiri. Sebab, setiap perempuan itu kuat dan punya prinsip masing-masing, juga soal impian.

10. "Feel Special" - TWICE

Lagu "Feel Special" dari grup musik perempuan Korea Selatan, TWICE, menjadi penutup playlist lagu tentang insecure kali ini. Sesuai dengan judulnya, mendengarkan lagu ini akan membuatmu merasa istimewa, karena pada dasarnya setiap orang itu spesial.

Park Jin Young selaku penulis lagu ini mengungkapkan bahwa "Feel Special" dibuat untuk menyemangati orang-orang yang sedang berada dalam kesulitan. Dengan begitu, para pendengar juga tak akan merasa sendirian setiap kali mengalami kesulitan, baik insecure maupun hal lainnya.

Bela, itulah 10 lagu tentang insecure yang dapat menemanimu melewati masa sulit ini. Semoga pilihan lagu di atas bisa membuatmu merasa lebih tenang dan segera pulih, ya.

IDN Media Channels

Latest from Single