Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tipe Soulmate dalam Hidup dan Cara Menemukannya

Sudah pernah bertemu?

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Apakah ada orang-orang yang kamu rasa ditakdirkan untuk kamu temui? Atau, orang-orang yang membuat kamu merasa nyaman setiap kali berada di dekatnya? Ya, mereka adalah sosok yang memiliki hubungan jiwa yang kuat dengan kamu, atau yang sering kita sebut sebagai soulmate alias belahan jiwa .

Dua orang yang merupakan belahan jiwa, mereka akan merasa terhubung pada tingkat jiwa secara signifikan. Kamu mungkin merasa telah mengenal satu sama lain di masa lalu, atau merasa terikat di kehidupan sekarang. Berangkat dari pembahasan ini, yuk kenali beberapa tipe soulmate dan bagaimana cara menemukannya.

1. Soul partners

Pexels.com/Elina Fairytale

Ada orang tertentu yang kamu jadikan pasangan hidup, dan ini adalah tipe soulmate yang paling umum. Kamu mungkin sepakat untuk menjadi sahabat, pasangan, bahkan kenalan.

Soul partners bisa terjadi dengan seseorang yang kamu kenal dekat sepanjang hidup, seperti saudara tercinta, atau bisa juga dengan seseorang yang hampir mengenalmu dalam waktu singkat. Seperti orang yang berpengaruh dalam pencapaian kariermu.

Tipe ini dirancang untuk membantu mendukung kamu dalam kehidupan secara emosional, profesional, atau dengan cara lain apa pun yang kamu perlukan untuk mencapai tujuan dalam hidup.

2. Soul ties

Pexels.com/ELEVATE

Saat kamu merasakan ikatan jiwa atau soul ties, itu seperti perasaan bahwa ada jiwa lain dalam hidup kamu karena suatu alasan. Misalnya, jika hidupmu sangat sibuk, lalu kamu bertemu teman atau calon mitra bisnis baru, kemudian muncul perasaan bahwa kamu memiliki ikatan jiwa dengan orang tersebut.

Mungkin kamu nggak sedang mencari seseorang, tapi secara tiba-tiba dia hadir dalam hidupmu, dan kamu merasakan getaran yang berbeda. Nggak hanya tentang pasangan, ini berlaku untuk siapa pun.

3. Past-life soul mates

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak agama dan filsafat Timur membahas konsep kehidupan di masa lalu. Seperti kisah pertemuan seseorang yang mereka kenal baik di kehidupan sebelumnya dan dari cara mereka menggambarkan hubungannya. Jika hal tersebut terwujud dalam bentuk romansa, mereka mungkin berkata, "Aku belum pernah merasa seperti ini sebelumnya!"

Ketika dua jiwa telah berbagi kehidupan masa lalu yang signifikan bersama-sama, jika mereka bertemu lagi dalam kehidupan ini, mereka mungkin tertarik satu sama lain dan sulit dijelaskan. Bahkan, hal-hal intim bisa jadi termasuk.

Tipe soulmate satu ini seperti sebuah reinkarnasi, ketika dua jiwa kembali dipertemukan dengan ikatan yang sangat kuat. Namun, ini nggak selalu menjadi romansa, tergantung pada siapa kalian saat ini dan bagaimana cara memperlakukan satu sama lain.

4. Karmic soulmates

Pexels.com/Heber Vazquez

Karmic soulmates terkadang biasa disebut "belahan jiwa yang rusak". Namun, alih-alih menganggap karma sebagai hal yang baik atau buruk, atau sebuah sistem hukuman dan imbalan, anggaplah karma hanya sebagai energi netral sebab dan akibat.

Hubungan karma dapat hadir dalam kehidupan kita sebagai agen perubahan untuk interaksi positif, negatif, atau netral. Peluang atau ajakan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, sehingga kita dapat tumbuh dan berkembang. Ingatlah bahwa jiwa mendambakan pengalaman, pertumbuhan, dan evolusi baru.

5. Romantic soulmates

Pexels.com/Ajay Donga

Ketika kita memasuki hubungan romantis yang signifikan atau jatuh cinta, ada kemungkinan kita akan berpasangan dengan orang tersebut. Bukan hanya sebuah kemungkinan, tapi kita diberi kesempatan untuk sembuh, belajar, dan bertumbuh karena hubungan tersebut.

Bahkan dalam hubungan yang paling bahagia dan sehat sekalipun, tipe romantic soulmates cenderung memanfaatkan luka terbesarmu atau menantangmu dengan cara yang nggak nyaman. Ketika dua jiwa memasuki hubungan romantis, mereka juga menghadapinya bersama-sama.

6. Twin flames

Pexels.com/vjapratama

Istilah populer ini menggambarkan hubungan jiwa yang intens, dan beberapa orang percaya tipe soulmates ini sebenarnya adalah satu jiwa yang terbagi menjadi dua tubuh.

Menurut teorinya, twin flames dapat saling mencintai, mengajarkan, dan menyembuhkan dengan cara yang unik dan kuat. Namun, jangan sampai kamu merasa seperti selalu membutuhkan orang lain untuk melengkapimu. Ingatlah, mungkin ada sisi gelap dalam mencoba memasukkan orang ke dalam hidupmu.

7. Companion soulmates (soulmate friends)

Pexels.com/Subodh Bajpai

Soulmate romantis bukanlah tipe satu-satunya. Jodoh atau pendamping, alias teman belahan jiwa, bisa sama pentingnya dalam hidup. Jika kamu menganggap kehidupan duniawi sebagai perjalanan sementara bagi jiwa, kamu pasti ingin memiliki teman yang menarik dan suportif dalam perjalanan tersebut.

Anggaplah dia sebagai sahabat spiritual, orang-orang yang tampaknya ditakdirkan untuk berada di hidupmu sehingga kalian pada gilirannya, dapat saling memberikan cinta dan dorongan ketika diperlukan untuk terus melanjutkan perjalanan di dunia. Sahabat jadi jodoh, memang kerap terjadi.

Bagaimana cara mengenali atau menemukan soulmate?

Seharusnya nggak rumit dalam hal mengenali soulmate. Kamu mungkin langsung merasa dekat dengan seseorang atau merasa mudah diajak bicara. Selain itu, kamu mungkin mengetahui bahwa kamu menyukai sesuatu atau memiliki pemikiran serupa. 

Mungkin kamu akan mengalami sesuatu yang seolah-olah merupakan hubungan spiritual belahan jiwa dengan mereka, ketika kamu merasa sudah mengenal seseorang dalam waktu yang cukup lama. Ini dapat menunjukkan bahwa dia mungkin adalah soulmate kamu.

Itulah pembahasan lengkap mengenai tipe soulmate dan cara menemukannya. Jadi gimana, apakah kamu sudah menemukan belahan jiwamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single