Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Simak 6 Tips Luwes Bergaul untuk Para Introvert

Jangan terkesan mengucilkan diri

Marliana Kuswanti

Sebagian orang memang terlahir sebagai pemalu dan suka menjaga jarak dari orang lain. Akan tetapi, mampu bergaul dengan cukup baik tetaplah penting. Selain supaya kamu punya teman, keluwesanmu dalam bergaul kelak juga bermanfaat ketika kamu bekerja.

Bukankah tidak ada pekerjaan yang tak membutuhkan kerja sama dengan orang lain? Itu sebabnya, kamu perlu melatih diri untuk bisa bergaul. Meski kamu cenderung pendiam, 6 tips di bawah ini dapat diterapkan agar kamu tidak terasing dari teman-temanmu. Coba, ya! 

1. Temukan persamaan di antara kamu dengan teman-temanmu

Unsplash.com/Ian Schneider

Salah satu penyebab keraguanmu untuk bergaul dengan sekelompok orang mungkin karena kamu sadar betapa berbedanya dirimu dari mereka. Entah dalam hal SARA, kondisi ekonomi, maupun yang lain.

Nah, apakah kamu telah mengimbangi daftar perbedaan itu dengan daftar persamaan di antara kalian? Misalnya, sama-sama teman satu jurusan. Kamu bahkan punya hobi yang sama dengan beberapa di antara mereka, lalu mimpi yang mirip dengan yang lain.

Jika kamu lebih berfokus pada persamaan kalian, kamu pasti akan lebih gampang masuk ke lingkaran pergaulan. Persamaan memang tidak menghapus perbedaan, tetapi persamaan membuat perbedaan tak lagi terlihat sebagai masalah besar.

2. Datanglah ke berbagai acara teman-temanmu

Unsplash.com/Nicole Herrero

Nggak hobi berpesta bukan berarti kamu boleh mengabaikan semua acara yang dibuat teman-temanmu. Apalagi mereka telah mengundangmu. Undangan itu tanda mereka mengakui dan menganggap penting keberadaanmu, lho.

Selama kamu masih mampu, datanglah. Jika ragu berangkat sendiri ke tempat berlangsungnya acara, pergilah bersama teman yang rumahnya paling dekat dengan rumahmu. Jika kamu nggak pernah datang, lama-kelamaan tidak ada lagi yang mau mengundangmu.

3. Anggap teman-teman seperti keluarga sendiri

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Terutama buat kamu yang merantau. Jauh dari keluarga, teman-teman menjadi orang terdekatmu kalau sampai terjadi sesuatu padamu. Waktunya untuk meluaskan definisi keluarga dalam kehidupanmu.

Yup, keluarga itu tak cuma keluarga secara biologis. Namun, bisa juga semua orang yang memiliki kedekatan denganmu baik secara psikis maupun lokasi. Jika kamu sakit misalnya, teman-temanmu juga yang akan pertama ada untukmu.

4. Jangan terlalu mempersoalkan perbedaan gender

Unsplash.com/Felix Rostig

Memang tidak semua orang dapat menjalin persahabatan dengan lawan jenis. Akan tetapi, sekadar berteman biasa harusnya bisa dong? Apalagi kalau kalian sering bertemu.

Hambatan dalam bergaul dengan lawan jenis biasanya datang dari cara berpikirmu sendiri serta cara kamu dibesarkan dalam keluarga. Apabila kamu dididik terlalu ketat untuk menjaga jarak dari lawan jenis, kamu pasti bakal merasa canggung.

Kamu terlalu khawatir teman lawan jenismu bakal naksir kamu atau melakukan hal-hal yang tidak seharusnya padamu. Cobalah menghapus pikiran seperti ini dengan bercakap-cakap dengan mereka di keramaian. Tak ada alasan untuk kamu merasa takut.

5. Jangan lari ke ponsel ketika diajak mengobrol

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Apakah kamu kerap grogi ketika diajak mengobrol seseorang? Kamu jadi nggak bisa lepas dari ponsel untuk menghindari kontak mata dengannya. Sikapmu ini justru bisa membuat lawan bicaramu merasa nggak dianggap, lho.

Meski kamu tetap menyimak perkataannya dan dapat menanggapi dengan baik, balas menatap temanmu tetaplah penting. Dengan menjaga kontak mata, kalian akan lebih mudah saling memahami perasaan yang tergambar dari raut wajah ketika berbicara.

6. Nggak perlu selalu menolak berada di antara sahabatmu dengan pacarnya

Unsplash.com/Omar Lopez

Berada di tengah sepasang kekasih memang sangat bisa membuatmu mati gaya. Mereka bermesraan seolah-olah kamu tak ada dan dunia seperti milik mereka berdua.

Namun, sahabatmu tentu nggak akan setega itu padamu. Sesekali mungkin mereka lupa kalau ada kamu. Akan tetapi, jika memang kalian ada keperluan bersama dan di situ lagi ada pacarnya, jangan sampai urusan kalian batal karena kamu auto menghindar.

Sahabatmu bisa menjadi bingung ada apa denganmu. Nanti malah persahabatan kalian merenggang. Bersikaplah biasa saja dan sesekali terima ajakan mereka untuk jalan bareng. Jika mereka sedang tak ingin diganggu, tentu mereka tak akan mengajakmu.

Belajar agar lebih luwes dalam bergaul tidak akan mengubah kepribadianmu yang introvert. Memang tak ada yang salah dari kepribadian introvert, kok. Namun, menjaga hubunganmu dengan orang lain juga penting, kan? Semoga 6 tips di atas membantumu, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "6 Tips Luwes Bergaul, Kamu yang Introver Juga Butuh Teman!"

IDN Media Channels

Latest from Single