Saat kamu masuk ke dalam lingkungan sekolah, kuliah, atau bahkan kantor, kamu akan bertemu dengan banyak orang. Ada yang bisa menjadi teman, ada yang jadi sahabat, tapi ada juga yang cuma kenalan biasa.

Kamu mungkin tipe orang yang suka berteman, sehingga menginginkan semua orang bisa berteman padamu. Lalu bagaimana jika ada orang yang tak mau berteman denganmu. Sebenarnya, nggak perlu ambil pusing, Bela, lakukan beberapa hal ini di bawah ini jika ada orang yang tak mau berteman denganmu.

1. Pahami bahwa pertemanan itu tak bisa dipaksakan

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada Orang Tak Mau Berteman DenganmuPexels.com/Jessica Ticozzelli

Paling penting, nih! Kamu harus paham, kalau pertemanan itu tak bisa dipaksakan. Setiap orang memiliki karakter dan sifat yang berbeda, jadi buat apa memaksakan dua orang yang bertolak belakang untuk berteman? Teman itu juga seperti jodoh. Bayangkan orang yang pacaran saja belum tentu akan menikah. Sama seperti pertemanan, ada yang awalnya klop tapi lama-lama merasa nggak cocok dan akhirnya nggak berteman lagi. Ada juga yang sejak awal memang tidak cocok, jadi tidak usah dipaksakan.

2. Tak perlu terlalu dipikirkan

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada Orang Tak Mau Berteman DenganmuFreepik.com

Jujur saja, ada banyak permasalahan di dunia ini yang perlu kamu pikirkan, ketimbang ada satu orang yang tak mau berteman denganmu. Nggak perlu dipikirkan terlalu jauh, apalagi sampai sibuk menyalahkan dirimu atau orang tersebut. Mungkin tidak ada yang salah di antara kalian, hanya saja kalian memang tidak cocok untuk berteman.

3. Fokus pada teman-teman yang kamu miliki sekarang

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada Orang Tak Mau Berteman DenganmuPexels.com/Kampus Production

Daripada sibuk memikirkan tentang orang yang tak mau berteman denganmu, lebih baik fokus pada teman-teman yang kamu miliki sekarang. Percaya, deh, kamu hanya perlu segelintir sahabat yang benar-benar memahamimu dan selalu ada untukmu. Kamu nggak perlu teman segudang, tapi tak ada satu pun dari mereka yang bisa menemani kamu di saat suka atau duka.

4. Lakukan hal yang membuat kamu bahagia

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada Orang Tak Mau Berteman DenganmuPexels.com/Michelle Leman

Ini juga penting, Bela! Do what makes you happy. Fokus pada diri sendiri dan lakukan hal-hal yang bikin kamu bahagia. Pelajari skill baru, ikut kuliah malam, atau tekuni hobi. Apa pun itu, akan lebih baik kamu melakukan hal-hal yang kamu sukai, daripada memikirkan hal yang di luar kuasa kamu.

5. Cari lingkungan baru yang cocok denganmu

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada Orang Tak Mau Berteman DenganmuPexels.com/ELEVATE

Sama seperti ungkapan, “Banyak ikan di laut”, banyak pula orang yang bisa menjadi teman kamu. Bayangkan, ya, Bela, di dunia ini ada hampir 8 miliar orang! Kenapa harus fokus pada satu orang, sementara kamu menjadi teman bagi orang lain. Coba, deh, cari lingkungan baru yang cocok denganmu. Ikut komunitas, pindah kerja, atau bahkan ikut hang out bareng teman-teman bisa membuka pergaulan kamu lebih luas.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat ada orang yang tak mau berteman dengan kamu. Intinya, sih, nggak perlu terlalu dimasukkan ke hati, Bela.

Baca Juga: 6 Ciri-ciri Teman yang Bermuka Dua, Jangan Sampai Tertipu!

Baca Juga: Awas Tertukar! Ini Bedanya Teman dan Sahabat

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Teman Posesif yang Kadang Kamu Nggak Sadari