Pasti masih banyak di antara kalian yang bertanya-tanya, sebenarnya bisa nggak, sih, cewek dan cowok berteman? Jawabannya bisa, kok. Termasuk saat masing-masing atau salah satunya sudah memiliki pacar, hubungan pertemanan tetap bisa terjalin. 

Tetapi nggak sedikit juga yang merasa khawatir akan pertemanan lawan jenis. Sebagian orang malah memberi cap kalau cewek dan cowok itu nggak bisa berteman. Sehingga sering kali pertemanan antara cewek dan cowok memicu pertengkaran dan membuat pasangan cemburu. 

Kalau kamu juga sedang ada dalam situasi seperti ini, jangan khawatir, Bela. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar hubunganmu dengan pasangan dan sahabat tetap bisa berjalan lancar! 

1. Buat batasan yang jelas

Supaya Pasangan Nggak Cemburu, Ini 7 Tips Berteman dengan Lawan JenisIMDb

Setiap pasangan pasti punya toleransi yang berbeda soal pertemanan dengan lawan jenis. Untuk itu penting bagi kamu dan pasangan mendiskusikan sejauh apa batasan emosional dan fisik yang bisa terjalin dengan teman. Misalnya pasanganmu nggak setuju kalau kamu melakukan kontak fisik dengan teman lelaki atau pasanganmu memperbolehkan kamu keluar rumah bersama teman lelakimu.  

Diskusi ini penting untuk mengetahui bagaimana perasaan pasanganmu. Jangan sampai pertemananmu justru membuat pasanganmu justru merasa khawatir. Utamakan perasaan pasangan, baru teman kemudian.

2. Hindari kegiatan romantis

Supaya Pasangan Nggak Cemburu, Ini 7 Tips Berteman dengan Lawan JenisIMDb

Kamu dan teman lawan jenismu mungkin terbiasa untuk menghabiskan waktu berdua seperti untuk ke kafe atau sekadar makan bersama. Namun ketika salah satu atau masing-masing sudah memiliki pasangan, hindarilah berbagai kegiatan yang membuat kalian terlihat seperti orang kencan. Misalnya nonton ke bioskopm berdua, makan malam ke tempat romantis, dan sejenisnya. Kegiatan seperti itu hanya akan membuat pasangan tidak nyaman. 

3. Jangan sering melakukan sentuhan fisik

Supaya Pasangan Nggak Cemburu, Ini 7 Tips Berteman dengan Lawan JenisIMDb

Sentuhan fisik juga menjadi hal yang perlu dibatasi bila kamu ingin pertemananmu dan hubunganmu dengan pasangan berjalan mulus. Misalnya pelukan atau sentuhan lain yang terkesan flirty. Pasalnya sentuhan fisik pada teman lawan jenis bisa memicu timbulnya kesalahpahaman hingga perilaku seksual yang mungkin nggak kamu duga.

4. Jangan menjadikan teman pelarian dari pasangan

Supaya Pasangan Nggak Cemburu, Ini 7 Tips Berteman dengan Lawan JenisIMDb

Ketika kamu memiiki masalah dengan pasangan, jangan langsung mencari teman lawan jenismu sebagai tempat untuk bercerita. Menurut Dr. Shirley Glass, seorang ahli dan terapis hubungan sekaligus penulis buku, "Not Just Friends: Rebuilding Trust and Recovering Sanity After Infidelity", memercayai teman lebih dari memercayai pasangan sendiri dapat mendorong perselingkuhan emosional. 

5. Kenalkan dengan pasangan dan ajak pergi bersama

Supaya Pasangan Nggak Cemburu, Ini 7 Tips Berteman dengan Lawan JenisIMDb

Kamu dan teman lawan jenismu juga bisa tetap akrab dengan cara mengenalkan diri pada pasangan masing-masing. Bahkan kalau ada kesempatan, ajaklah mereka untuk menghabiskan waktu bersama. Dengan begitu pasangan tidak akan merasa terkucilkan dan bisa melihat sendiri bagaimana pertemananmu sebenarnya terjalin.

6. Hindari membuat rahasia

Supaya Pasangan Nggak Cemburu, Ini 7 Tips Berteman dengan Lawan JenisIMDb

Membuat rahasia, baik soal hal kecil maupun hal besar, dengan teman lelaki adalah hal yang bisa menciptakan keintiman emosional lho. Tidak menutup kemungkinan, dalam waktu yang lama, keintiman emosional ini bisa memicu keintiman secara fisik. Untuk itu, hindari membuat rahasia di belakang pasangan bersama teman lelaki. 

7. Jalin komunikasi yang terbuka

Supaya Pasangan Nggak Cemburu, Ini 7 Tips Berteman dengan Lawan JenisIMDb

Hindarilah membuat kebohongan pada pasanganmu soal pertemanan yang kamu miliki. Memutarbalikkan kebenaran hanya akan menghancurkan kepercayaan antara kamu dan pasangan. Belum lagi, nantinya kamu bisa dihantui perasaan bersalah. Begitu juga pada temanmu, bila kamu tidak lagi bisa menghabiskan waktu sebanyak dulu saat masih single, cobalah berikan ia pemahaman.

Pada akhirnya, pasangan dan teman adalah sosok penting yang ada dalam kehidupanmu. Masing-masing punya peran yang berbeda sehingga sangat penting untuk kamumenjaga keseimbangan hubungan dengan keduanya. 

Itulah beberapa tips saat kamu menjalin persahabatan dengan lawan jenis. Jangan sampai pacar kamu cemburu, ya, Bela.

Baca Juga: 5 Hal yang Boleh Kamu Rahasiakan dari Pasangan

Baca Juga: 9 Ciri Cowok Cuek Kangen yang Jarang Diperlihatkan ke Pasangan

Baca Juga: 6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman Sejati