Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Manfaat Friendship Decluttering Bagi Kehidupan Perempuan Dewasa

Bisa bikin hidup kamu terasa lebih nyaman!

Felia Putri Dewinta

Dalam rentang usia 18 hingga 30 tahun akan ada banyak hal terjadi dalam kehidupan, mulai dari urusan karier, percintaan, masalah keluarga, hingga lingkaran pertemanan yang semakin mengecil. Sebab, memasuki usia tersebut, kita cenderung menjadi lebih selektif dalam berteman, yakni dengan memilih teman sejati dan menghindari teman yang merugikan.

Memperkecil lingkaran pertemanan dengan memilah-milah teman dikenal dengan sebutan friendship decluttering. Konsep ini biasanya dilakukan oleh perempuan dewasa yang mulai menginginkan kenyamanan dan kesejahteraan dalam hidup, sehingga menghindari segala bentuk kerugian secara fisik, emosional, atau finansial yang disebabkan oleh pertemanan.

Nah, ternyata melakukan friendship decluttering pun memiliki manfaatnya sendiri, khususnya bagi perempuan dewasa. Kira-kira apa saja, ya? Berikut pembahasan mengenai manfaat friendship decluttering bagi kehidupan yang wajib kamu ketahui.

1. Terhindar dari teman toxic yang merugikan bahkan berbahaya

RODNAE Productions/Pexels

Seperti yang sudah dibahas di atas, memperkecil lingkaran pertemanan dan memilih-milih teman yang pantas dipertahankan akan menyelamatkan hidupmu. Sebab, langkah ini akan membuat kamu terhindar dari teman toksik yang merugikan bahkan berbahaya.

Sebagaimana diketahui, teman toxic biasanya selalu mengganggu kenyamanan hidupmu, bahkan bisa rela mengorbankan dirimu demi mencapai keberhasilannya sendiri. Memiliki teman toxic seperti ini perlahan-lahan bisa membuat kamu tertekan dan mengalami gangguan kecemasan, lho, Bela! Bahaya banget, ‘kan?

Oleh karena itu, melakukan friendship decluttering dan menjadi selektif dalam berteman bermanfaat untuk membantu kamu melepaskan diri dari jeratan teman toxic. Nantinya, kamu bisa menjalani hidup yang lebih positif dan menyenangkan.

2. Memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri

popbela.com/AyuUtami

Berteman dengan banyak orang memang bisa menyenangkan dan memberi beragam pengalaman baru dalam hidup. Namun di lain sisi, ini justru bisa membuat kamu kehilangan waktu dan fokus untuk dirimu sendiri. Bahkan, bukan tidak mungkin bila lambat-laun kamu mulai membiarkan teman-teman kamu mengambil tindakan atas dirimu sendiri.

Jadi, manfaat friendship decluttering selanjutnya adalah kamu mampu menghindari hal tersebut terjadi. Dengan kata lain, kamu jadi bisa memiliki lebih banyak kesempatan untuk memanjakan diri sendiri, meluangkan waktu untuk berfokus pada dirimu, dan memberikan perhatian serta energi untuk membahagiakan dirimu.

3. Menghindari kritik pedas yang menjatuhkan hingga mengganggu mental

pexels.com/pixabay

Dalam lingkaran pertemanan, tentu kita pernah menjumpai teman yang sering memberikan kritik maupun saran. Hal ini sebenarnya adalah wajar, namun bila terjadi terlalu sering, tentu bisa memberi dampak negatif bagi dirimu sendiri. Contohnya adalah teman yang selalu memberi kritik pedas, lalu meruntuhkan semangat hingga menganggu kondisi mentalmu.

Nah, dengan melakukan friendship decluttering dan menjauhi teman yang selalu memberi kritik pedas seperti ini, kamu akan terbebas dari perasaan meragukan diri sendiri akibat omongannya. Ingatlah untuk lebih baik mempertahankan teman yang benar-benar mendukungmu saat senang dan sedih, serta mampu selalu menjaga perasaanmu dengan baik.

4. Dapat memastikan privasi dan rahasia terjaga dengan baik

freepik.com/tirachardz

Jika kamu adalah tipe orang yang senang bercerita, berbagi perasaan kepada teman, maka friendship decluttering menjadi salah satu hal yang wajib kamu lakukan, nih, Bela! Sebab, memiliki banyak teman justru bisa berbahaya, di mana privasi dan rahasia kamu mungkin saja akan tersebar ke orang lain.

Bila memiliki banyak teman, maka akan sulit bagimu mengontrol persebaran privasi dan rahasia. Lain halnya dengan lingkaran pertemanan yang kecil akibat friendship decluttering, tentu kamu bisa memastikan siapa teman yang menyebarkannya. Bahkan sebenarnya, teman sejati lebih berpotensi mampu menjaga privasimu dengan baik kok, Bela!

5. Mendedikasikan waktu dengan teman terbaik yang selalu peduli

unsplash.com/priscilla du preez

Terakhir, friendship decluttering bermanfaat untuk membantu kamu menghabiskan waktu bersama teman terbaik. Teman-teman yang kamu pertahankan ini adalah sosok teman sejati yang siap membantu kamu, dan selalu ada untukmu. Nantinya, kamu dan teman terbaikmu bisa menciptakan hubungan pertemanan yang lebih dalam, sehingga bisa bertahan selamanya.

Bela, itulah dia beberapa manfaat friendship decluttering khususnya bagi perempuan dewasa yang mulai menginginkan kenyamanan dan kesejahteraan dalam hidup. Daripada lelah memikirkan drama pertemanan, lebih baik habiskan waktu berharga bersama teman tersayang, ‘kan?

IDN Media Channels

Latest from Single