Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Aturan Ketika Berteman dengan Introvert

Ada banyak hal yang perlu kamu pahami

Citra Purnamasari

Banyak orang beranggapan bahwa bergaul dengan para introvert sangat sulit, karena tidak mampu memahami isi hati dan keinginan mereka. Benar sekali, memahami seseorang yang introvert bisa sangat membingungkan, mereka yang tidak banyak bicara dan sulit untuk diajak nongkrong memberikan kesan bahwa teman introvert sulit untuk didekati.

Padahal tidak serumit itu, punya teman seorang introvert bisa sangat menyenangkan karena mereka cenderung bisa menjadi teman curhat yang baik. Kamu bisa menemukan sisi hangat dari para introvert dan mereka bisa menjadi sahabat yang bisa diandalkan.

Namun, sebelum menciptakan pertemanan yang berharga dengan seorang introvert ada beberapa aturan yang perlu kamu pahami supaya tidak kesulitan dalam memahami mereka.

1. Jangan mengunjungi rumah mereka secara tiba-tiba

pexels.com/Andrea Piacquadio

Teman introvert sangat menjaga privasi dan suka ketika berdiam diri dirumah tanpa gangguan siapa pun. Jadi, jangan sampai kamu tiba-tiba muncul di depan pintu rumahnya tanpa memberitahu kedatanganmu.

Mereka membutuhkan waktu untuk bersiap ketika orang lain, bahkan teman, datang berkunjung. Mengunjungi rumah mereka secara tiba-tiba akan membuat teman introvert merasa tak nyaman.

2. Tidak perlu undang orang lain ketika memang sedang hang out berdua

Unsplash.com/Chris Murray

Ketika kamu dan dia memang berencana untuk pergi berdua maka jangan ajak orang lain untuk bergabung. Ini akan membuat mereka merasa terganggu, karena sesungguhnya orang yang introvert lebih nyaman bergaul dengan sedikit orang.

Selain itu bisa jadi dia sedang ingin hang out berdua karena ada obrolan yang bersifat pribadi yang dia ingin bagikan denganmu. Jadi, jangan sampai kamu malah membuatnya kapok hang out denganmu.

3. Hindari keramaian, nongkrong dengan sedikit orang sudah menyenangkan

Pexels.com/RODNAE Production

Kalau kamu suka dengan tempat nongkrong yang crowded bahkan suka berpesta, maka jangan pernah coba memaksa teman introvert untuk bergabung.

Datang ke tempat ramai hanya membuat mereka merasa tersisihkan karena sulit untuk memulai percakapan dengan banyak orang.

Jadi, jika kamu memang mau party lebih baik tidak mengajak teman introvert. Mereka akan lebih suka ketika hang out di café yang tenang atau sekedar ngobrol dirumah.

4. Sisakan sedikit waktu untuk deep talk

pexels.com/Rodnae Productions

Bicara soal ngobrol sebenarnya orang dengan kepribadian introvert sangat suka mengobrol, asal dengan orang yang tepat. Mereka juga bisa menjadi partner deep talk yang baik karena orang introvert juga bisa menjadi pendengar yang baik pula.

Berteman dengan mereka yang introvert berarti kamu juga harus bersedia untuk menyisakan sedikit waktu untuk deep talk. Membicarakan kehidupan dan curhat bisa sangat berarti buat mereka, lho.

5. Biarkan teman introvert bercerita atau mengutarakan apa yang mereka pikirkan

Unsplash.com/Trung Thanh

Terkadang kita suka lupa menanyakan pendapat orang lain ketika sedang hang out atau ngobrol santai. Apalagi jika dia adalah seorang introvert, tipe orang ini jarang mengutarakan apa yang mereka pikirkan jika tidak diminta.

Sebaiknya kamu menanyakan kepada mereka soal pendapat mengenai sesuatu. Meski kesannya sederhana, namun bagi mereka yang introvert, perhatian ini sangatlah berarti karena mereka merasa diterima dalam sebuah kelompok.

6. Jangan menghakimi ketika teman introvert menjadi pendiam

Pexels.com/Victoria Strelkaph

Ada fase di mana teman introvert jadi sangat diam dan hanya mendengarkan obrolan tanpa ikut nimbrung. Ketika ini terjadi maka kamu tidak boleh menghakimi atau menjadikan dia sebagai bahan candaan.

Hal tersebut bisa menyinggungnya, karena pendiamnya seorang introvert bukan karena mereka kesal atau bad mood. Bisa jadi mereka sedang tidak ingin berbicara banyak dan ingin jadi pendengar atau mereka sibuk mengobservasi lawan bicara.

7. Berikan teman introvert kesempatan untuk berbicara

Freepik.com

Memulai pembicaraan, menimpali, apalagi sampai memotong pembicaraan bukanlah hal yang biasa dilakukan oleh para introvert. Mereka agak kesulitan untuk mengobrol apalagi jika orang-orang saling bersahutan tanpa memberikan mereka cela untuk bicara.

Jadi, orang introvert akan lebih banyak diam sambil menyimak. Sebagai teman yang baik tentu kamu harus peka akan hal ini, berikan kesempatan berbicara untuk mereka agar teman introvert merasa lebih betah untuk hang out bareng lagi.

8. Teman introvert butuh waktu persiapan hang out yang sedikit lebih lama

Pexels.com/Rodnae Productions

Nongkrong bersama teman bisa menjadi sebuah kegiatan yang bikin para introvert cukup nervous, oleh sebab itu mereka membutuhkan waktu bersiap yang sedikit lebih lama dari kebanyakan orang.

Mereka akan men-charge energi agar semakin siap untuk bersosialisasi nantinya. Jadi, pastikan jadwal hang out tidak terlalu mendadak supaya mereka bisa bersiap.

9. Jangan permasalahkan jika mereka pamit pulang terlebih dulu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Mudah lelah di keramaian, apalagi setelah bersosialisasi dengan banyak orang, adalah hal yang biasanya para introvert rasakan. Mereka merasa ingin segera ‘kabur’ dari tongkrongan untuk memulihkan energi yang sudah terkuras.

Hal ini juga yang membuat mereka biasanya akan selalu pamit terlebih dahulu saat hang out. Sebaiknya kamu tidak usah heran apalagi mempertanyakan mengapa mereka pulang duluan saat nongkrong.

10. Jangan berharap mereka akan menghubungimu secara berkala

Pexels.com/freestocks.org

Ada fase ketika teman introvert jarang menghubungimu. Tidak, bukan karena mereka tidak menganggapmu sebagai teman, namun mereka hanya tidak suka berkomunikasi intens dengan orang lain.

Beri mereka jeda waktu untuk menikmati kesendirian tanpa gangguan, siapa tahu mereka sibuk atau sedang menekuni hobi baru.

11. Kirim pesan sudah cukup, tidak perlu menelpon

freepik.com/drobotdean

Menelepon teman tentu hal biasa, bukan hanya karena ada hal penting untuk dibicarakan sekadar ngobrol iseng pun bisa dilakukan via telepon. Tapi, jangan lakukan ini ke teman introvert, karena mereka bisa saja terganggu.

Jika ingin menghubungi mereka pastikan untuk lakukan itu via teks. Kalau memang kamu ada keperluan mendesak dengannya, cobalah untuk minta izin untuk menelepon dan bertanya apakah dia ada waktu.

12. Pahami bahwa teman introvert tidak selalu ingin hang out setiap waktu

Pexels.com/Gary Barnes

Menghabiskan waktu bersama teman memang sangat menyenangkan, tapi ingat para introvert tidak bisa melakukannya setiap saat. Mereka membutuhkan jeda waktu untuk sendirian bahkan sampai berminggu-minggu setelah bertemu dengan orang lain.

Ini karena energi mereka sudah terkuras sebelumnya setelah bersosialisasi dengan sekelompok orang. Jadi, jangan heran bisa teman introvertmu enggan hang out untuk sementara karena mereka butuh istirahat.

Itulah 12 aturan yang perlu kamu ketahui ketika ingin berteman dengan orang yang introvert. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Single