Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Lagu Kpop tentang Self-Love

Adakah lagu favoritmu, Bela?

Astri Amalia

Self-love atau mencintai diri sendiri dapat diartikan tentang bagaimana kita bisa menerima diri sendiri terlepas dari kekurangan yang dimiliki, memilih jalan hidup yang sesuai dengan yang kita inginkan, serta bisa mengapresiasi dan menunjukkan segala kelebihan yang dianugerahkan Sang Pencipta kepada kita.

Mungkin masih banyak orang yang kesulitan untuk mencintai diri sendiri, karena banyaknya tuntutan dari orang di sekitar untuk memenuhi ekspektasi dan standar yang mereka buat.

Padahal, kita semua punya hak penuh untuk memilih jalan hidup kita sendiri, dan untuk menentukan tentang apa yang kita sukai dan nggak sukai.

Nah, kalau kamu salah satu orang yang merasa kesulitan untuk mencintai diri sendiri, 8 lagu Kpop di bawah ini akan sangat cocok untuk kamu dengarkan!

1. Epiphany - Jin

Sebagian besar lagu BTS memang berisikan tentang mencintai diri sendiri, tidak terkecuali dengan lagu yang dinyanyikan secara solo oleh salah satu member BTS, Jin, dengan lagu Epiphany.

Dalam lagu ini, Jin menyadari bahwa seseorang yang perlu dicintai adalah diri sendiri, terlepas dari kekurangan yang dimiliki.

Dalam penggalan lirik dalam bagian bridge lagu ini, Jin menunjukkan tentang sosok dirinya, terlepas dari kekurangan yang ia miliki sebagai manusia biasa.

“Aku mungkin agak blak-blakan, aku mungkin memiliki beberapa kekurangan, aku mungkin tidak memiliki binar pemalu di sekitarku, tapi inilah aku, lenganku, kakiku, hatiku, jiwaku”.

Lagu ini termasuk ke dalam album BTS yang bertajuk Love Yourself: Answer dan dirilis pada Agustus 2018 lalu.

2. Dear Me - Taeyeon

Lagu kedua adalah Dear Me yang dinyanyikan oleh Taeyeon. Dalam lagu ini, Taeyeon menulis surat untuk dirinya di masa depan dengan pesan seperti kebebasan, mencintai diri sendiri, dan dukungan.

Dear Me juga memiliki beberapa pencapaian, salah satunya adalah lagu ini masuk ke dalam posisi 16 di Billboard K-Pop Hot 100.

3. Yes I Am - Mamamoo

Yes I Am merupakan salah satu lagu dari girl group yang debut pada tahun 2014 di bawah agensi Korea Selatan RBW, yakni Mamamoo. 

Lagu ini menceritakan tentang bagaimana mereka mendorong para penggemar untuk mencintai diri mereka sendiri dan merasa percaya diri dengan kulit mereka sendiri.

Selain itu, member termuda Mamamoo, Hwasa, memang dikenal menjadi salah satu idol Kpop yang sering menunjukkan betapa ia menghargai dan mencintai dirinya sendiri, dan sangat vokal menentang standar kecantikan. 

Dalam beberapa kesempatan, Hwasa sempat membagikan cerita tentang bagaimana ia tumbuh besar dan dijadikan bahan olok-olok oleh orang-orang sekitarnya karena memiliki warna kulit dan bentuk tubuh yang berbeda dari standar kecantikan Korea Selatan.

4. My Pace - Stray Kids

Boy group yang debut di bawah naungan agensi raksasa Korea Selatan, JYP Entertainment satu ini telah menerima begitu banyak cinta beberapa tahun setelah debutnya di Tahun 2018 lalu karena lagu dan bakat mereka yang luar biasa. 

Sebagian besar lagu Stray Kids sendiri berbicara tentang pergolakan batin dan berisikan pesan untuk mencintai diri sendiri, seperti halnya dengan lagu My Pace.

My Pace menjadi lagu utama dalam album mereka yang bertajuk I Am WHO? yang dirilis pada Agustus Tahun 2018 lalu.

Lirik lagu My Pace ditulis oleh sub-unit Stray Kids, 3RACHA, yang terdiri dari sang leader Bangchan, Changbin, dan juga Han.

5. I am Me - GOT7

I am Me bercerita bahwa menemukan jalan hidup sendiri dan menerima kekurangan diri sendiri adalah dua hal penting dalam perjalanan menuju mencintai diri sendiri.

Dalam salah satu penggalan lirik lagu ini, GOT7 menunjukkan bahwa nggak masalah kok untuk memilih hal berbeda dari orang lain.

“Apabila jalan ini untuk orang lain, aku akan mencari jalan untuk diriku sendiri. Karena inilah aku."

Lagu ini sangat cocok untuk kamu dengarkan saat kamu merasa kehilangan kepercayaan diri. Pastikan kamu memasukkan lagu ini dalam playlist-mu ya, Bela!

6. No - CLC

Girl group yang debut di bawah agensi Cube Entertainment, CLC, juga memiliki lagu tentang mencintai diri sendiri berjudul No

Lagu ini bercerita tentang bagaimana mereka menolak untuk menjadi seperti apa yang orang lain inginkan. Mereka memilih untuk menjadi diri sendiri dan menghargai apa yang mereka punya dan sukai.

Dengan musik yang catchy dan pesan yang begitu memberdayakan, tentunya jangan sampai kamu ketinggalan untuk mendengarkan lagu yang satu ini, ya.

7. Palette - IU feat. G-Dragon

Semakin kita tumbuh dewasa, mungkin kita akan menemukan banyak orang yang menyuruh kita untuk melakukan hal sesuai dengan apa yang mereka katakan atau inginkan.

Tapi dalam lagu Palette, IU secara jujur menunjukkan atas apa yang ia pilih, serta yang ia sukai dan nggak sukai, seperti halnya dalam lirik “daripada warna hot pink, aku lebih menyukai deep purple”, dan “daripada rambut panjang, aku lebih suka rambut pendek”

Perpaduan alunan musik yang menenangkan, suara IU yang lembut, dan rap yang keren dari G-Dragon menjadikan lagu ini begitu cocok didengarkan setiap hari.

8. Dalla Dalla - ITZY

Salah satu lagu hits dari girl group yang debut di Tahun 2019 lalu, ITZY, yakni Dalla Dalla memiliki pesan yang kuat tentang arti mencintai diri sendiri, dan menunjukkan kepercayaan diri. 

Dalam lagu Dalla Dalla sendiri, terdapat lirik betapa pentingnya untuk menjadi diri sendiri, seperti, "Jangan mengukurku dengan standarmu, aku suka menjadi diri sendiri. Aku bukanlah orang lain."

Jadi, itulah 8 rekomendasi lagu Kpop tentang self-love. Jangan lupa masukkan lagu di atas ke dalam playlist-mu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single