Kampanye self-love tengah populer beberapa tahun belakangan ini. Bukan hanya sekadar tren, gerakan mencintai diri sendiri juga berdampak baik terutama untuk kesehatan mental.

Kita kerap menjadi hakim untuk diri sendiri, mengucapkan hal negatif, dan membenci kekurangan yang ada dalam diri kita. Itu semua merupakan kebiasaan buruk yang sudah saatnya kita ubah.

Menerima kekurangan dan mencintai diri sendiri memang tidak mudah, tapi jika kamu sudah menerapkan self-love ada banyak hal positif yang bisa kamu rasakan.

1. Mengenal diri sendiri lebih baik

7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-LoveFreepik.com

Setelah menerima kekurangan dan kekuatan pada diri, kita tentu jadi lebih mengenal diri sendiri. Seperti halnya hubungan antar sesama manusia, begitu belajar mencintai kita otomatis ‘terhubung’ dengan seseorang itu. Berlaku juga ketika kita menerapkan self-love, kita jadi lebih tahu seperti apa diri kita yang sebenarnya. Bahkan, begitu kita mengenal diri sendiri, kita pun dapat mengerti seperti apa kebutuhan dan keinginan kita yang sesungguhnya.

2. Kamu makin percaya dalam mengambil keputusan

7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-Loveunsplash.com/Aditya Saxena

Setelah mengetahui tujuan hidup, kita pun jadi lebih percaya diri untuk melangkah tanpa campur tangan orang lain. Semua keputusan ada di tangan kita. Meski begitu, bukan berarti kita tutup telinga akan saran baik yang diberikan orang lain, ya. Dengan self-love, kita justru bisa menyaring, mana masukan yang memang membangun dan mana yang justru akan menjatuhkan diri kita. Sekali lagi, keputusan tetap ada dalam genggamanmu.

3. Kamu akan berhenti mencari kebahagiaan dari orang lain

7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-LovePexels.com/Andre Furtado

Ketika sudah mencintai diri sendiri, kamu akan sadar bahwa kebahagiaan hanya bisa kamu ciptakan sendiri. Pada akhirnya, kamu tidak lagi menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain.

4. Menikmati waktu sendiri

7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-LovePexels.com/Michelle Leman

Saat bersama orang lain, kamu bisa bersenang-senang. Namun saat sendiri, kamu akan menikmati waktu sendirimu tanpa merasa kesepian. Dengan menerapkan self-love, kamu akan lebih sering melakukan hal-hal yang kamu sukai, apa pun itu. Tidak ada lagi rasa takut sendirian, karena kamu merasa nyaman dengan dirimu sendiri.

5. Kamu hanya ingin bersama dengan orang yang tepat

7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-Lovewww.unsplash.com

Setelah mencintai diri sendiri, kita cenderung lebih selektif dalam mencari pasangan. Kamu akan lebih berhati-hati agar tidak terjebak dengan seseorang yang salah, karena kamu tahu betapa berharganya dirimu. Kamu akan mencari seseorang yang bisa melengkapi dan mendukungmu. 

6. Tidak mencari validasi dari orang lain

7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-Lovehttps://www.pexels.com/@olly

Setelah kamu mencintai dan menghargai diri sendiri, kamu tidak butuh lagi pengakuan dari orang lain. Diri kamu adalah unik, tak perlu harus merasa sama agar diakui oleh orang lain. Kamu secara otomatis menciptakan ruang nyaman di mana kamu bebas berekspresi tanpa peduli apa kata orang. Selama itu positif, maka lanjutkan, ya, Bela!

7. Kesehatan mental lebih terjaga

7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-LovePexels.com/Yuliya Shabliy

Last but not least, mental yang lebih sehat. Setelah menerapkan self-love kita jadi lebih jauh dari yang namanya perasaan tertekan. Kamu tidak lagi berlomba-lomba untuk menjadi orang lain, karena kamu sudah merasa nyaman dengan dirimu sendiri. Kamu tahu kapan harus take a step back dan istirahat dari rutinitas. Ya, kamu akan memprioritaskan kesehatan mentalmu saat kamu menerapkan self-love.

Itulah beberapa hal menakjubkan yang terjadi setelah kamu sudah menerapkan self-love. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk lebih mencintai diri sendiri, ya!

Baca Juga: Arti Self-Love dan 25 Cara Mempraktikkannya ke dalam Kehidupan Kamu

Baca Juga: Ajukan 7 Pertanyaan Ini Pada Diri Sendiri, Sebelum Memulai Hubungan

Baca Juga: Tak Suka Dikekang, 6 Zodiak Ini Butuh Ruang Sendiri dalam Hubungan