Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Ide Seru Merayakan Hari Ulang Tahun Sendirian

Tetap menyenangkan walau sendirian!

Astri Amalia

Hari ulang tahun merupakan hari yang amat spesial menurut sebagian orang. Ulang tahun juga biasanya identik dengan adanya pesta dan perayaan. Kebanyakan orang merayakan hari ulang tahun mereka dengan keluarga, pasangan, atau dengan sahabat.

Namun, nggak semua orang bisa merayakan hari istimewa tersebut dengan orang tersayang, ada juga yang merayakannya sendirian.

Walaupun demikian, bukan berarti perayaan hari ulang tahun jadi nggak spesial. 

Nah, kalau kamu merayakan hari ulang tahunmu sendirian, kamu bisa coba 12 ide di bawah ini. Dijamin hari ulang tahunmu akan tetap menyenangkan dan penuh makna!

1. Membaca atau menulis buku.

medicalnewstoday.com

Ide seru pertama untuk merayakan hari ulang tahun saat sendirian adalah dengan membaca atau menulis buku. 

Kalau kamu seseorang yang suka membaca buku, ide ini pasti akan cocok untukmu! 

Selain itu, kalau kamu punya satu buku yang sudah lama ingin dibaca, tapi nggak pernah menemukan waktu yang pas, kamu bisa jadikan momen ulang tahunmu untuk melakukannya.

Sementara, kalau kamu punya bakat menulis, kamu juga bisa memulai untuk menulis bukumu sendiri, seperti halnya dengan menulis buku novel.

Tuangkanlah ide-ide kreatifmu tersebut di hari ulang tahun. Dijamin, walau merayakannya sendirian, pasti akan sangat berkesan dan penuh makna!

2. Movie marathon.

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Apakah kamu seorang penikmat film, Bela?

Kalau jawabannya iya, kamu bisa coba movie marathon atau nonton film seharian di hari ulang tahunmu!

Kamu bisa cari berbagai film seru dan menontonnya seharian di rumah. Yakin, deh, hari ulang tahunmu akan tetap menyenangkan, walaupun dirayakan seorang diri!

3. Memanjakan diri sendiri.

pexels.com/KoolShooters

Hari ulang tahun juga merupakan waktu yang pas untuk memanjakan diri sendiri. Pergi ke salon untuk menghias kuku, memotong rambut untuk tampilan yang lebih segar, atau sekadar maskeran di rumah bisa jadi pilihan yang bisa kamu coba.

Sedangkan kalau kamu nggak mau melakukan terlalu banyak aktivitas di hari ulang tahunmu, kamu bisa pilih opsi untuk tidur siang yang panjang!

4. Menjadi kreatif.

poorlittleitgirl.com

Kamu setuju nggak, sih, kalau hadiah buatan sendiri lebih bermakna dibandingkan dengan hadiah yang dibeli dari toko?

Kalau kamu setuju, kamu bisa juga untuk merayakan ulang tahunmu dengan membuat hadiahmu sendiri!

Cobalah untuk melukis sepatu ketsmu, mendekorasi kaus, membuat lilin aromaterapi, atau membuat bath bomb. Dijamin hari ulang tahunmu anti-garing!

5. Mentraktir diri sendiri.

Pexels.com/Jason Villanueva

Pada hari ulang tahunmu, kamu juga bisa mentraktir dirimu sendiri. Seperti dengan memesan secangkir kopi di kafe, membeli roti favoritmu, atau makan di restoran mewah yang sejak lama kamu inginkan, bisa jadi pilihan untukmu.

Selalu pastikan untuk menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu saat hendak mentraktir diri sendiri, ya.

6. Ambil cuti kerja.

freepik.com/ lookstudio

Pada hari ulang tahun, kamu mungkin membutuhkan waktu untuk bersantai dan berlibur dari hiruk pikuk pekerjaan. Jadi, kamu bisa coba untuk mengambil cuti satu hari dari pekerjaanmu.

Kalau kamu berhasil mengajukan cuti, pastikan kamu melakukan hal-hal menyenangkan untuk dilakukan saat sendirian di hari ulang tahunmu, ya!

7. Makan di restoran.

pexels.com/Rachel Claire

Kalau kamu nggak suka memasak, atau lagi nggak mau memasak di hari ulang tahunmu, kamu bisa coba dengan pergi makan ke restoran di hari ulang tahunmu.

Kamu bisa memilih untuk pergi ke restoran favoritmu, atau menemukan restoran menarik baru dengan melihat ulasannya di media sosial.

8. Menjadi turis di kotamu sendiri.

Pexels.com/Haley Black

Ide lainnya adalah dengan menjadi turis di kotamu sendiri. Menjadi turis berarti kamu mengunjungi beberapa tempat paling terkenal di kotamu, dan meluangkan waktu untuk menjelajahinya dengan perspektif baru.

Kalau mungkin dulu kamu hanya melewati tempat-tempat tersebut secara sepintas, di hari ulang tahunmu sudah saatnya kamu benar-benar belajar tentang sejarah tempat terkenal di kotamu tersebut!

Kamu bisa coba naik bis dengan pemandu wisata keliling kota. Dengan begitu, kamu mungkin akan menemukan banyak informasi baru!

9. Mendaki gunung.

Pexels.com/Nina Uhlíková

Kalau kamu seseorang yang suka beraktivitas di luar ruangan, mendaki gunung bisa jadi opsi menarik lainya saat kamu merayakan ulang tahun sendirian, lho!

Di samping itu, mendaki gunung juga bisa jadi pilihan latihan kardio yang menyenangkan. Penting sekali bagi kita untuk memperhatikan kondisi kesehatan seiring bertambahnya usia.

Jadi selain kamu bisa menikmati udara segar dan pemandangan pegunungan yang asri, mendaki juga bisa sekaligus menyehatkan jantung.

10. Membeli bunga.

Pexels.com/Nadine Wuchenauer

Kalau kamu suka dengan bunga, kamu juga bisa membeli buket bunga untuk dirimu sendiri di hari lahirmu!

Selain bisa mempercantik sudut rumah, bunga juga mampu mengubah energi di dalam ruangan, lho. Dijamin rumahmu akan dipenuhi dengan energi positif!

11. Menemukan hobi baru.

unsplash.com/Conscious Design

Poin selanjutnya adalah dengan menemukan hobi baru.

Kamu bisa coba untuk menemukan hobi baru, seperti halnya belajar kaligrafi, memasak, menjahit, memainkan alat musik baru, dan lain sebagainya.

Dengan menemukan hobi baru, kamu bisa mengasah otak agar tetap tajam, dan tentunya memberikan pengalaman menyenangkan di hari spesialmu tersebut.

Kamu juga bisa coba menggali kembali hobi masa lalumu yang mungkin sudah lama kamu tinggalkan.

12. Merayakan hari ulang tahun sesuai dengan keinginan.

Pexels.com/RODNAE Productions

Poin terakhir adalah merayakan hari ulang tahunmu dengan berbagai cara yang kamu inginkan.

Kamu bisa menjadi sukarelawan untuk membantu banyak orang, atau dengan pergi berkaraoke untuk meluapkan segala perasaan yang terpendam.

Walaupun kamu merayakan hari ulang tahun sendirian, dengan melakukan berbagai macam hal di atas, dijamin akan tetap menyenangkan!

Jadi, kalau kamu merayakan ulang tahunmu sendirian, hal apa yang akan kamu lakukan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single