Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Perbedaan Penis Grower dan Shower, Apa Itu?

Apa saja faktor yang membuatnya berbeda?

Raizza Monik Setiawanti

Sama halnya dengan ukuran payudara pada perempuan, ukuran penis pada laki-laki bisa berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang. Umumnya, penis dengan ukuran besar dianggap lebih bisa memuaskan dalam hal aktivitas seksual dan membuat performa terasa maksimal.

Padahal, sebenarnya setiap ukuran penis itu memiliki keunggulannya masing-masing, termasuk penis kecil. Semua itu bergantung pada cara masing-masing pasangan menciptakan kapuasan mereka di atas ranjang. 

Nah, bicara soal ukuran, ternyata ketika ereksi ukuran penis laki-laki bisa dikategorikan menjadi dua, lho, yaitu "grower" dan "shower" . Apakah kamu pernah mendengar istilah ini sebelumnya?

Jika belum, yuk, cari tahu di sini. Popbela akan membantu kamu menambah pengetahuan dengan mengenal perbedaan penis grower dan shower.

Perbedaan penis grower dan shower

Pexels.com/Dainis Graveris

Semua penis pada dasarnya menjadi lebih besar ketika mereka ereksi. Namun perubahannya bisa berbeda. Ada orang yang memiliki penis kecil, namun ketika ereksi bisa bertambah panjang. Ada juga penis yang ukurannya sudah panjang, walaupun sedang tidak ereksi. 

Atas dasar itu, perubahan ukuran penis umumnya terbagi menjadi dua yaitu “grower” dan “shower”. Apakah itu?

  • Grower adalah keadaan di mana penis yang tadinya berukuran kecil dan lembek berubah menjadi keras dan tegak secara lama ketika ereksi.
  • Shower adalah keadaan penis yang ukurannya relatif lebih besar, namun saat ereksi tidak terjadi pengembangan ukuran yang signifikan

Apa pun ukurannya, jelas ini masuk kategori normal di setiap laki-laki.

Apa yang menjadi faktor perubahan ukuran penis?

Pexels.com/Deon Black

Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada penentu apakah penis itu termasuk “grower” atau “shower”, yaitu:

  • Elastisitas jaringan. Kapasitas jaringan penis untuk meregang dan tumbuh semuanya berkontribusi pada penampilan penis seseorang. Ini termasuk lapisan luar kulit, lapisan dalam jaringan fibrosa (terutama tunica albuginea), dan ligamen yang menempelkan penis ke tubuh di area selangkangan. Gen membantu menentukan seberapa elastis jaringan seseorang.
  • Kolagen. Hampir setengah dari jaringan di penis adalah kolagen, protein yang ditemukan di seluruh tubuh. Genetika juga berkontribusi pada distribusi kolagen tubuh seseorang.
  • Kesehatan secara keseluruhan. Aliran darah adalah komponen kunci untuk proses ereksi, sehingga setiap kondisi yang mempengaruhi aliran darah dapat berkontribusi pada bagaimana penis seseorang tumbuh saat mengalami ereksi. Disfungsi ereksi, kondisi jantung, dan diabetes semuanya dapat memengaruhi ereksi seseorang.

Apakah perbedaan penis grower dan shower berpengaruh terhadap kehidupan seksual?

Pexels.com/Deon Black

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan terkait apakah tipe penis grower atau shower berpengaruh terhadap kehidupan dan kepuasan seks seseorang di atas ranjang. Namun, satu yang pasti bahwa kekhawatiran tentang penampilan penis dapat memengaruhi aktivitas bercinta dengan pasangan.

Seperti yang ditunjukkan oleh sebuah survei di tahun 2016 yang dilakukan untuk mengamati ketidakpuasan alat kelamin pada 4.198 laki-laki berusia 18 sampai 65 tahun di Amerika Serikat. Hasilnya menunjukkan kalau mereka yang merasa tidak puas dengan alat kelaminnya menjadi kurang mengeksplorasi ketika seks oral.

Dilansir dari laman Healthline, menurut pelatih seks, keintiman, dan hubungan, Tari Mannello setiap orang memiliki preferensi masing-masing terhadap kepuasan seksualnya. Ada beberapa yang mungkin suka penis ukuran besar dan panjang, namun sebagian lagi suka yang kecil dan melengkung.

Untuk itu, yang paling penting adalah bagaimana perasaan seseorang tentang penis yang dimiliki. Jika ia merasa nyaman dengan penisnya dan merasa percaya diri, maka tampilannya saat lembek tidak akan membuat perbedaan dalam kepuasan kehidupan seksnya.

Selain itu, kepercayaan diri dan komunikasi dengan pasangan bisa sangat membantu untuk kehidupan seks yang sehat.

Itulah tadi sejumlah informasi untuk lebih mengenal perbedaan penis grower dan shower. Satu hal yang pasti adalah tidak ada aturan pasti mengenai kepuasan seksual yang bisa didapat setiap orang karena pasti preferensi yang dimiliki berbeda-beda.

IDN Media Channels

Latest from Sex