Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Suvenir Eco-Friendly untuk Pernikahan

Super aesthetic dan ramah lingkungan

Puspita Ramadhani

Ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum menggelar acara pernikahan. Mulai dari hal besar, seperti menyewa gedung, sampai hal kecil, seperti menyiapkan suvenir.

Meskipun bukan benda wajib yang harus disiapkan, tapi bagi kamu sang pemilik acara, suvenir bisa dijadikan sebagai sebuah kenang-kenangan bagi mereka yang datang merayakan acaramu.

Bosan dengan pilihan yang itu-itu saja, kamu ingin mencari ide suvenir yang unik. Nah, beberapa barang eco-friendly bisa kamu jadikan sebagai alternatif, lho, Bela. Nggak hanya unik, suvenir yang mengusung tema eco-friendly juga lebih bermanfaat sekaligus mengajak para tamu undangan untuk mencintai bumi. Menarik bukan?

Jadi, apa saja rekomendasi suvenir eco-friendly untuk pernikahan yang bisa kamu pilih? Lengkapnya ada di bawah ini.

1. Sekulen

Dok. internet

Memberikan sekulen sebagai suvenir eco-friendly akan membuat semua orang yang menerimanya menjadi bahagia. Tidak hanya cantik, sekulen juga tanaman yang mudah untuk dirawat meskipun hanya dalam wadah yang sederhana.

Kamu bisa memberikan hiasan sederhana pada bagian luar pot, seperti menempelkan pita dan juga kartu ucapan.

2. Benih bunga

Dok. internet

Selain unik dan eco-friendly, memberikan paket benih juga bisa menghemat budget kamu, lho, Bela.

Kamu bisa memilih jenis tanaman yang memiliki arti khusus terhadap pernikahanmu, seperti mawar merah yang bermakna cinta, melati yang berarti cinta yang suci, anyelir yang bermakna kebersamaan, atau jenis bunga lainnya.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memasukkan benih ke dalam amplop yang telah dihias. Tapi, jika dirasa itu menyulitkan, ada banyak vendor yang menyediakan paket suvenir eco-friendly seperti ini. Jadi kamu nggak perlu repot lagi, deh.

3. Cutleries dari bambu

Dok. internet

Pandemi membuat semua orang wajib memiliki alat makan sendiri saat berada di luar rumah. Mulai dari sendok, garpu, hingga sedotan bisa kamu jadikan sebagai ide suvenir di hari spesialmu, Bela. Kamu bisa memilih alat makan yang terbuat dari bambu untuk menambah kesan ramah lingkungan.

Nggak perlu takut membosankan karena sekarang ada banyak pilihan yang bisa membuat cutleries sederhana ini jadi lebih estetik, namun tetap sesuai anggaran. Kamu bisa menambahkan pouch cantik, hingga memesan pemberian nama kamu dan pasangan di alat makan tersebut.

4. Reed diffuser

Dok. internet

Kalau kamu punya anggaran yang lumayan longgar, mungkin kamu bisa menghadiahkan reed diffuser untuk para tamu. Tidak ada yang lebih berkesan selain memberikan sesuatu yang mudah diingat.

Jadi, saat kamu memberikan reed diffuser kepada tamu, maka mereka akan terus mengingat wangi dan merek reed diffuser yang kamu berikan. Pasti kamu senang, dong, kalau ada seseorang yang ingat tentang kamu.

5. Goodie bag

Dok. internet

Memilih goodie bag menjadi cara mudah untuk ikut mengampanyekan zero plastic pada tamu undangan. Maka, nggak heran mengapa goodie bag juga menjadi rekomendasi suvenir eco-friendly yang paling banyak dipilih. Selain harganya murah, goodie bag juga jadi barang termudah untuk diletakkan detail hari pernikahanmu.

6. Bubuk teh atau kopi

Dok. internet

Nggak cuma benda, kamu juga bisa memberikan makanan tahan lama kepada mereka, seperti bubuk kopi atau teh ini.

Selain berkesan, kamu juga menawarkan kebaikan dari meminum kopi atau teh pada kerabatmu. Pilihlah bubuk teh atau kopi yang berkualitas dengan packaging yang cantik, dan kamu akan merasa percaya diri dengan suvernir ini.

7. Honey Jar

Internet

Rekomendasi suvenir eco-friendly untuk pernikahan selanjutnya adalah madu. Kalau kamu bukan pecinta teh atau kopi, maka memberikan madu bisa menjadi alternatif. Bahkan, madu lebih bisa digunakan untuk banyak hal dibandingkan bubuk minuman. Jadi, tamu yang menerimanya pun akan ikut senang menerima hadiahmu.

Honey jar ini juga sudah pasti eco-friendly, ya, Bela. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan sisa stoples untuk keperluan lainnya ketika madunya sudah habis digunakan. 

8. Sabun organik

Dok. internet

Sabun dari bahan kimia nyatanya memiliki dampak yang kurang baik bagi lingkungan. Mereka mengandung microbeads yang setiap butirannya terbuat dari plastik yang nggak bisa diurai oleh ekosistem.

Jadi, kalau kamu ingin memberikan suvenir yang berbeda di hari pernikahan, kamu bisa memberikan sabun organik yang sudah jelas eco-friendly ya, Bela.   

Nggak hanya eco-friendly, sabun organik juga menawarkan berbagai manfaat untuk tubuh. Kamu tinggal memilih wangi apa yang kamu sukai dan kemas sabun organik agar semakin cantik untuk diberikan.

Itulah dia rekomendasi suvenir eco-friendly untuk pernikahan. Kira-kira, kamu akan pilih yang mana, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married