Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Inspirasi Dekorasi Akad Nikah di Rumah, dari Sederhana hingga Mewah

Sekaligus dekorasi untuk pelaminannya!

Raden Putri

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh calon pengantin saat akan menikah. Salah satunya adalah mencari dekorasi untuk digunakan saat acara pernikahan berlangsung, khususnya ketika akad nikah dilakukan. 

Dalam agama Islam, akad nikah atau ijab qabul adalah sebuah proses pengikatan janji setia antara pasangan yang bersifat sakral. Karena termasuk proses yang penting dalam sebuah pernikahan, dibutuhkan berbagai persiapan khusus untuk melaksanakan. Tak terkecuali mencari inspirasi dekorasi akad nikah di rumah agar tetap menimbulkan kesan yang sakral dan romantis.

Setiap pasangan yang akan menikah tentu memiliki konsep atau tema dekorasi pernikahan yang diinginkan. Mulai dari tradisional, klasik, modern, hingga rustic. Lalu, apa saja inspirasi dekorasi akad nikah di rumah ? Berikut rangkuman informasinya.

1. Dekorasi serba putih sederhana dengan bunga

Instagram.com/sharbar_krasnodar

Dekorasi akad nikah di rumah yang pertama adalah dekorasi serba putih sederhana yang dilengkapi dengan bunga sebagai hiasannya. Pada bagian latar belakang, kamu bisa menambahkan nama kamu dan pasangan pada salah satu sisinya dan dekorasi bunga hias pada sisi yang lain. Pada meja yang digunakan untuk akad nikah, kamu juga bisa melapisinya dengan kain putih panjang sebagai penutup. Jangan lupa tambahkan juga beberapa bunga hias segar pada bagian depan dan sisi meja.

2. Dekorasi dengan taman bunga buatan

Instagram.com/sidorabidecoration

Hari pernikahan adalah momen yang penting dan ditunggu-tunggu setiap pasangan sebelum akhirnya resmi menjadi suami istri. Dilakukan sekali seumur hidup, tentu banyak pasangan yang akan mewujudkan pernikahan impiannya. Di antaranya adalah dekorasi yang penuh bunga dan ruangan yang disulap seperti taman bunga. Untuk menambah kesan estetika, berikan juga detail-detail khusus di setiap sisi ruangan dengan mengambil warna yang senada dengan bunga.

3. Dekorasi dengan tirai unik

Instagram.com/mjp_decoration

Dekorasi pernikahan sedikit banyak akan dipengaruhi oleh adat dan budaya masing-masing daerah. Di sekitar masyarakat suku Sunda, pelaminan identik dengan menggunakan bambu dengan desain yang beragam dan unik. Beberapa bunga dan lampu hias dapat ditambahkan di latar belakangnya untuk menghidupkan suasana.

4. Dekorasi serba putih

Instagram.com/heppy_rimangdecoration

Apabila kamu dan pasangan ingin dekorasi pernikahan yang memberikan kesan suci, bersih, dan lapang saat akad nikah di rumah, cobalah untuk menggunakan hiasan bernuansa serba putih. Seperti pada warna tirai dan hiasan bunga untuk mempercantik ruangan. Selain itu, gunakan juga warna senada pada kursi, meja, dan karpet di tempat akad nikah. Warna putih cocok digunakan dalam dekorasi pernikahan karena melambangkan kesucian sebuah janji.

5. Dekorasi akad nikah lesehan

Instagram.com/royal.dekora

Dekorasi akad nikah di rumah yang selanjutnya adalah lesehan, tanpa kursi. Pada kenyataannya, pernikahan bukan soal kemewahan saja, tetapi yang terpenting adalah tentang kesakralan acaranya. Beberapa orang mungkin akan memilih menggunakan dekorasi akad nikah lesehan dengan berbagai pertimbangan, seperti adat dan budaya setempat. Meski begitu, dekorasi tempat akad nikah lesehan tetap bisa dibuat indah dengan menambahkan berbagai hiasan bunga untuk mempercantik ruangan.

6. Dekorasi akad nikah outdoor

Instagram.com/sm.art_decoration

Selain menggelar acara pernikahan di dalam ruangan, kamu juga bisa menggelarnya secara outdoor di halaman rumah. Konsep dekorasi yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan backdrop bernuansa kayu dan ditambah berbagai bunga hias untuk mempercantik ruangan. Lampu-lampu bulb yang bernuansa hangat juga bisa ditambahkan apabila pesta pernikahan akan digelar hingga sore atau malam hari.

7. Dekorasi akad nikah mewah

Instagram.com/griyo_palastri_decor

Konsep dekorasi dengan menggunakan chandelier tak jarang menimbulkan kesan yang mewah dan glamor. Belum lagi bunga hias yang ditempel pada backdrop, kursi, serta meja tempat akad nikah dapat mempercantik keindahan ruangan. Tak hanya itu, berbagai macam bunga warna-warni juga bisa ditambahkan dengan dibuat secara menggantung.

8. Dekorasi akad nikah dengan aksen tradisional

Instagram.com/rayainaja

Inspirasi dekorasi akad nikah di rumah yang selanjutnya adalah dengan memberikan aksen tradisional sebagai latar belakangnya. Meski begitu, konsep ini bisa dibuat mewah dengan memberikan warna emas pada propertinya dan menambahkan berbagai hiasan bunga untuk mempercantik ruangan.

Itulah beberapa inspirasi dekorasi akad nikah di rumah. Semoga bermanfaat.

IDN Media Channels

Latest from Married