Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Ilustrasi Sederhana Ini Ingatkan Kita tentang Pedihnya Perceraian

Anak-anak paling dirugikan

Mega Dini

Setiap pasangan yang sudah menikah tentu menginginkan rumah tangganya selalu harmonis. Namun karena kehadiran orang ketiga atau hal lain yang disertai oleh komitmen yang nggak kuat, akhirnya perceraian menjadi ancaman yang akan muncul di depan mata. Seorang ilustrator dengan nama pena Mac berusaha menuangkan seperti apa pedihnya perceraian yang dirasakan anak-anak ketika orangtuanya berpisah. Meski sederhana, 7 gambar ini memiliki makna dan pesan yang begitu dalam.

1. Begini kondisinya ketika keluarga hidup bahagia sebelum muncul pemicu perceraian. Mac menggambarkan mereka berada di ujung 2 tebing dan berpijak pada 2 papan.

Boredpanda.com

2. Di sini, Mac menggambarkan ancaman perceraian yang terjadi karena orang ketiga. Mungkin pada saat orang tersebut muncul, nggak banyak anggota keluarga yang menyadari dan kondisi rumah tangga masih baik-baik saja.

Boredpanda.com

3. Ketika sang ayah memutuskan untuk memenuhi nafsunya tanpa memikirkan kembali janji suci dan komitmen yang telah ia buat, maka keluarga yang ia bangun mulai goncang. Hal ini digambarkan oleh anak yang selama ini mengandalkan pijakan ayahnya akan jatuh ke jurang.

Boredpanda.com

4. Mungkin pada gambar ini kita baru memahami kenapa posisi anak berada tengah-tengah. Mereka berdua masih bergantung kepada orangtua dan ketika perpisahan terjadi, anaklah yang paling merasakan dampaknya.

Boredpanda.com

5. Wanita mana yang nggak kecewa ketika pasangan hidupnya memulai hidup baru dan memiliki anak, sedangkan anaknya yang lain ditelantarkan.

Boredpanda.com

6. Nggak sedikit single parent yang merasa membutuhkan pendamping hidup. Namun nggak sedikit juga single parent yang merasa lelah dengan kehidupan lamanya dan ingin membangun keluarga baru.

Boredpanda.com

7. Bayangkan apa yang terjadi ketika sang ibu memutuskan untuk meninggalkan anak-anaknya, maka mereka nggak bisa mengandalkan siapapun untuk bertahan dan akan jatuh ke dalam jurang.

Boredpanda.com

Nggak semua perceraian memiliki cerita yang sama seperti di atas. Namun apa yang disampaikan Mac melalui ilustrasi ini juga mengingatkan kita yang masih muda dan belum menikah untuk menyadari bahwa menikah itu nggak semudah yang dipikirkan. Buat yang sudah menikah, semoga ilustrasi di atas membuat kita selalu ingat akan komitmen, tanggung jawab serta tujuan hidup bersama dengannya.

IDN Media Channels

Latest from Married