Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Haruskah Beritahu Pasangan Kalau Kamu Selingkuh? Ini Pertimbangannya 

Pikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Elga Windasari

Perselingkuhan bukanlah suatu hal yang membanggakan dan perlu diceritakan kepada orang lain, termasuk pasangan. Memang, menceritakan tentang perselingkuhan di masa lalu mungkin bisa menyelamatkan hubungan. Namun, tidak jarang juga hal tersebut bisa menimbulkan petaka.

Bagaimana kamu bisa mengetahui dengan pasti jalan terbaik dalam situasi ini? Pastinya, sebelum memberitahu pasangan mengenai perselingkuhan yang kamu lakukan, dibutuhkan penilaian jujur, dampak dari kejujuranmu, dan apakah kamu dapat kembali berkomitmen penuh kepada pasangan.

Pahami konsep perselingkuhan yang kamu lakukan

freepik.com/wavebreakmedia

Perselingkuhan sebenarnya memiliki banyak konsep yang artinya berbeda bagi setiap orang. Seringnya, selingkuh identik dengan hubungan intim secara fisik dengan seseorang yang bukan pasangan.

Namun, tentu saja masih banyak contoh selingkuh yang lain. "Perselingkuhan mengacu pada tindakan apa pun di luar batas perjanjian hubungan kamu dan dapat merusak kepercayaan dalam hubungan," kata Jesse Kahn, LCSW, CST, seorang terapis seks.

Hanya sekali berhubungan seks dalam perjalanan bisnis, bertukar DM genit dengan seseorang, atau bahkan kebohongan finansial dengan pasangan, juga bisa dikategorikan sebagai perselingkuhan.

Setelah mengetahui konsep perselingkuhan yang dilakukan, barulah kamu bisa mempertimbangkan apakah harus memberitahukan hal tersebut kepada pasangan atau tidak.

Alasan kamu sebaiknya beritahu pasangan tentang perselingkuhan

freepik.com/beststudio

Jika kamu sudah melewati batas atau melanggar aturan yang telah ditetapkan bersama, khususnya tentang perselingkuhan, maka kamu harus memberitahu pasangan untuk menjaga integritas hubungan.

Dalam hal ini, pasangan berhak tahu apakah kamu sudah melewati batas yang ditetapkan, sehingga dia dapat membuat keputusan yang tepat apakah ingin melanjutkan hubungan atau tidak.

Berikut adalah alasan sebaiknya kamu beritahukan pasangan tentang perselingkuhan yang pernah dilakukan.

1. Pernah berhubungan seks dan berisiko terkena penyakit seksual

Ron Lach/Pexels

Terapis Jor-El Caraballo, LMHC, mengatakan bahwa jika kamu berisiko membahayakan kesehatan pasangan dengan menularkan infeksi menular seksual (IMS) akibat perselingkuhan, maka kamu harus memberitahukannya.

Jika kamu pernah berhubungan seks tanpa kondom dengan pasangan selingkuh dan ternyata dia memiliki IMS, penting untuk memberitahu pasangan tentang hal tersebut itu. Dengan begitu kamu dan pasangan bisa melakukan tes sebelum berhubungan seks lagi, jika memang masih ingin bersama.

2. Ingin memperbaiki masalah dalam hubungan

Pexels.com/Cottonbro

Jor-El bilang, apalagi jika kamu bisa memberitahukan alasan kamu berselingkuh akibat dari  masalah yang dimiliki bersama pasangan. Misalnya, kebutuhan apa yang selama ini tidak terpenuhi, dan sebagainya. “Perselingkuhan paling sering merupakan gejala dari suatu masalah, dalam individu atau hubungan,” ujarnya.

Tujuannya tentu saja bukan untuk menyalahkan pasangan atas perselingkuhan tersebut. Sebaliknya, ini dilakukan untuk membantu memperbaiki kesalahan dan memperkuat hubungan.

Alasan tidak perlu beritahu pasangan kamu berselingkuh

cottonbro/Pexels

Dalam beberapa kasus, sebaiknya memang nggak perlu bilang ke pasangan kalau kamu pernah selingkuh. Seperti yang disebutkan di atas, bukan tidak mungkin kejujuranmu lebih mungkin menambah masalah, daripada menyelesaikannya.

Berikut ini ada 2 alasan yang membuat kamu sebaiknya cukup menyimpan sendiri perselingkuhan yang pernah dilakukan.

1. Kamu memang ingin berpisah dengan pasangan

Freepik.com

Mungkin hubunganmu sudah bermasalah sebelum berselingkuh dan perselingkuhan semakin memperkuat keinginan tersebut. Bisa juga kamu menemukan kebahagiaan baru dengan selingkuhan saat ini.

Apa pun alasannya, jika kamu memang akan putus dengan pasangan, sebaiknya nggak perlu memberitahu kalau kamu berselingkuh. Jor-El mengatakan, coba pikirkan apakah keputusan kamu memberitahu calon mantan tentang perselingkuhan untuk kebaikan dia atau supaya kamu nggak merasa bersalah saja?

2. Hanya dilakukan satu kali

Pexels.com/Liza Summer

Konon, berselingkuh satu kali, merasa sangat bersalah, dan nggak pernah melakukannya lagi adalah jenis perselingkuhan yang paling “tidak buruk”, menurut para ahli. Jadi, kamu nggak perlu memberitahukan pasangan mengenai hal tersebut.

Jor-El merekomendasikan lebih baik menemukan ruang yang aman untuk membicarakan hal tersebut, misalnya dengan teman, keluarga, atau terapis yang terpercaya. “Setelah perselingkuhan, Anda membutuhkan ruang untuk mengetahui mengapa Anda melakukannya dan mendapatkan jenis dukungan tidak menghakimi,” ujarnya.

Namun, semua itu tentu saja kembali lagi kepada keputusanmu, ya, Bela. Kamu pastinya yang paling tahu mana yang terbaik untuk hubunganmu bersama pasangan, apakah harus memberitahukan perselingkuhan yang dilakukan atau tidak.

IDN Media Channels

Latest from Married