Kesetiaan dan rasa percaya merupakan salah satu hal penting dalam hubungan. Itu sebabnya, dua aspek tersebut harus selalu dijaga dengan baik dan tidak boleh dikhianati. Terlebih lagi, dikhianati oleh pasangan dapat meninggalkan luka batin yang mendalam.

Namun ternyata, rasa sakit akibat pengkhianatan dalam hubungan tak hanya dirasakan oleh orang yang dikhianati saja. Terkadang, orang yang berselingkuh juga akan merasa bersalah dan rela melakukan apa pun untuk memperbaiki keadaan.

Lantas, bila sudah mendapatkan kesempatan kedua, bagaimanakah cara mengatasi rasa bersalah setelah selingkuh? Berikut Popbela telah merangkum beberapa hal yang bisa kamu terapkan.

1. Pahami penyebab berselingkuh dan tentukan langkah selanjutnya

6 Cara Mengatasi Rasa Bersalah Setelah Selingkuhunsplash.com/Andrik Langfield

Hal pertama yang harus dilakukan saat mendapat kesempatan kedua usai berselingkuh ialah memahami penyebab kamu berselingkuh. Tanyakan pada dirimu, apa yang kurang dari pasangan, atau apa yang terjadi pada hubungan kalian.

Dengan memahami penyebab berselingkuh, kamu bisa memutuskan apa yang harus dilakukan. Contohnya, bila berselingkuh karena kesalahpahaman, maka kalian harus mencoba memperbaikinya. Namun bila berselingkuh karena sudah tidak cinta, tak ada salahnya untuk memilih mengakhiri hubungan.

2. Mengakui kesalahan dan berkata jujur dengan benar

6 Cara Mengatasi Rasa Bersalah Setelah SelingkuhRODNAE Productions/Pexels

Selanjutnya, perselingkuhan yang kamu lakukan adalah sebuah kesalahan dan kamu tak bisa menghindari fakta tersebut. Untuk itu, cobalah mengakui kesalahanmu dengan mengatakan yang sejujurnya pada pasangan, serta memastikan perselingkuhan tidak akan terjadi lagi.

Perlu diingat, untuk mengakui kesalahan dan memberi tahu semuanya pada pasangan ini harus dilakukan di tempat yang tenang, jauh dari keramaian. Tujuannya, agar kalian bisa bicara dari hati ke hati tanpa gangguan, juga menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

3. Terima bagaimanapun reaksi yang diberikan oleh pasangan

6 Cara Mengatasi Rasa Bersalah Setelah SelingkuhTimur Weber/Pexels

Dikhianati dan mengetahui bahwa kamu telah berselingkuh tentu akan membuat pasangan terkejut serta kecewa. Maka wajar saja bila reaksi pertamanya mungkin akan menyakiti hatimu. Apa pun yang terjadi, kamu harus bisa menerimanya sebagai bentuk penyesalan serta cara mengatasi rasa bersalah setelah selingkuh yang ada di hatimu.

Bila pasangan mengajukan berbagai pertanyaan tentang perselingkuhanmu, usahakan juga untuk menjawab semuanya dengan jujur. Sebab, kamu tidak boleh membuat kebohongan baru untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya telah kamu lakukan.

4. Hargai seluruh keputusan yang diambil oleh pasangan

6 Cara Mengatasi Rasa Bersalah Setelah SelingkuhAndrik Langfield/Unsplash

Rasa marah dan kecewa yang dialami pasangan setelah kamu berselingkuh pun bukan hal mudah untuk diatasi, lho, Bela! Oleh karena itu, kamu juga harus bisa menghargai seluruh keputusan yang dibuatnya. Apakah memilih untuk melanjutkan atau mengakhiri hubungan, serahkan semua keputusan padanya. Di sisi lain, kamu cukup melakukan yang terbaik untuk menjelaskan dan meminta maaf, tanpa harus memaksa dia untuk memaklumi dan menerima kamu kembali.

5. Melakukan yang terbaik untuk membangun kembali rasa percaya

6 Cara Mengatasi Rasa Bersalah Setelah SelingkuhUnsplash.com/Crew

Cara mengatasi rasa bersalah usai selingkuh selanjutnya adalah mencoba membangun kembali kepercayaan di antara kamu dan pasangan. Meski begitu, kamu juga harus bisa memaklumi bahwa akan ada banyak hal yang berbeda, dan hubungan tak akan terasa sama lagi.

Ingatlah untuk memaklumi segala perubahan tersebut, sambil terus melakukan yang terbaik. Tunjukkan bahwa kamu menyesal dan tak akan mengulangi kesalahan yang sama. Perlahan-lahan, rasa percaya antara kamu dan pasangan akan kembali terbangun dan membawa kalian pada hubungan yang lebih baik.

6. Perbaiki hubungan dan mengatasi masalah-masalah yang ada

6 Cara Mengatasi Rasa Bersalah Setelah SelingkuhTimur Weber/Pexels

Terakhir, manfaatkan momen penyesalan ini sebagai saat yang tepat untuk mengatasi masalah dalam hubunganmu. Sebab biasanya, masalah tersebut menjadi pemicu terjadinya perselingkuhan, jadi untuk menghindarinya pun kamu harus memperbaiki hubungan dan mengatasi seluruh permasalahan yang belum tuntas.

Diskusikan dengan pasangan, hal apa saja yang perlu diperbaiki dari dalam diri kalian masing-masing. Selanjutnya, kamu dan pasangan harus sama-sama berusaha memperbaikinya, demi terciptanya hubungan lebih sehat di masa yang akan datang.

Itulah dia beberapa cara mengatasi rasa bersalah setelah selingkuh yang harus kamu terapkan. Selain untuk mendapatkan kembali rasa percaya dari pasangan, ini juga menjadi langkah awal kalian untuk memperbaiki hubungan.

Baca Juga: 5 Alasan Perempuan Bertahan Meski Diselingkuhi Berkali-kali

Baca Juga: 8 Tanda Suami Menyesal Telah Berselingkuh

Baca Juga: 8 Cara Atasi Rasa Cemas dan Trauma Setelah Diselingkuhi Pasangan