Setiap hubungan pernikahan nggak selamanya dapat berjalan selalu berjalan mulus. Ada kalanya, ujian datang guna mengancam keutuhan rumah tangga kamu bersama pasangan. Contohnya saja, hadirnya orang ketiga atau perselingkuhan. Kendati demikian, jika hal ini sampai terjadi bukan berarti dia yang telah berselingkuh tak pernah bisa menyesali perbuatannya, ya.

Mungkin sekarang, pasangan kamu sudah mulai terketuk hatinya dan ingin mengusahakan yang terbaik untuk memperbaiki keadaan agar kembali seperti sedia kala. Sementara di sisi lain kamu masih merasa kecewa dan sulit untuk memberi maaf.

Nah, kalau sudah begini, coba kesampingkan sedikit perasaan kamu dan lihat baik-baik kesungguhannya. Apakah betul dia telah menyesal dan merasa bersalah karena berselingkuh atau tidak?

Simak beberapa tanda suami menyesal telah berselingkuh, yang dirangkum Popbela berikut ini.

1. Memutus hubungan dengan selingkuhannya

8 Tanda Suami Menyesal Telah BerselingkuhPexels.com/Nurlan Tortbayev

Tanda pertama jika suami kamu benar-benar menyesali perselingkuhannya adalah memutus hubungan dengan selingkuhannya. Sehingga, takkan ada lagi orang ketiga yang dapat mengganggu dan membuat rumah tangga menjadi retak. Di samping itu, hal ini juga dapat menjadi bukti nyata bahwa dia sudah berhenti menyimpan rasa pada orang tersebut. 

2. Berusaha mendapatkan kepercayaan kembali

8 Tanda Suami Menyesal Telah Berselingkuhpexels.com/Gabriel Bastelli

Memberi maaf kepada seseorang yang telah mengkhianati kamu dengan berselingkuh tentu bukan perkara mudah. Apalagi, menumbuhkan kembali rasa percaya! Pasti butuh waktu dan proses yang cukup panjang untuk bisa ke arah sana. Namun, apabila suamimu mau mengupayakan segala hal agar mendapatkan kembali kepercayaanmu, itu tandanya dia betul-betul telah menyesal.

3. Mengajak kamu bicara lebih sering

8 Tanda Suami Menyesal Telah Berselingkuhhttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Dalam sebuah hubungan, perselingkuhan memang tidak pernah dapat dibenarkan. Akan tetapi, bukan berarti nggak dapat diperbaiki, ya. Sebab, masalah apa pun dalam sebuah hubungan pasti punya solusi seperti, misalnya komunikasi.

Jadi, buka sedikit pintu hati kamu jika suami berusaha lebih sering mengajakmu bicara tentang hubungan pernikahan kalian. Bisa jadi, itu merupakan salah satu cara yang dia gunakan untuk dapat memperbaiki keadaan.

4. Lebih bertanggung jawab dengan keluarganya

8 Tanda Suami Menyesal Telah Berselingkuhunsplash.com/Jessica Rockowitz

Selain itu, jika memang suami kamu benar-benar menyesal karena telah selingkuh, maka dia akan menunjukkan kesungguhannya dengan lebih bertanggung jawab. Misalnya, jika selama ini dia lebih mementingkan pekerjaan atau pergi bersama teman-temannya, kali ini dia lebih sering meluangkan waktu bersama keluarga. 

Saat pulang kerja, dia akan lebih dulu menghabiskan waktu bersamamu, mengobrol, atau membantumu melakukan pekerjaan rumah tangga. Jika kalian sudah memiliki anak, maka dia juga akan lebih sering menghabiskan waktu bersama anak, ketimbang sibuk dengan ponselnya.

Tindakan di atas mungkin sederhana, tapi bermakna besar, Bela. Jika dia memperlihatkannya, ini tandanya kamu harus mempersiapkan diri untuk bergerak maju dan melupakan masa lalu.

5. Berusaha keras untuk selalu memenuhi keinginan kamu

8 Tanda Suami Menyesal Telah BerselingkuhVitor Lima/Pexels

Selanjutnya, pertanda lain yang menunjukkan bahwa suami menyesal telah berselingkuh adalah adanya usaha untuk selalu memenuhi semua keinginan kamu. Hal tersebut dia lakukan dengan tujuan agar kamu bisa luluh dan membuka pintu maaf atas segala hal yang telah terjadi. Kendati demikian, jangan khawatir, kamu tetap punya pilihan untuk kembali dan mulai memperbaiki atau pergi, kok. Dengar dan ikuti kata hatimu, ya!

6. Lebih sering mengucap kata maaf

8 Tanda Suami Menyesal Telah Berselingkuhhttps://www.pexels.com/id-id/@athena

Biasanya, seseorang yang benar-benar menyesal karena telah berselingkuh akan lebih sering untuk mengucapkan kata maaf, nggak terkecuali atas hal-hal kecil yang mungkin berpotensi melukai perasaan kamu. Jadi, jangan heran kalau suami kamu melakukan hal ini pasca insiden perselingkuhan itu, ya. Sebab, dia pasti merasa telah melakukan begitu banyak kesalahan yang pada akhirnya membuatmu kecewa dan terluka.

7. Menunjukkan versi terbaik dari dirinya

8 Tanda Suami Menyesal Telah Berselingkuhhttps://www.pexels.com/id-id/@mikhail-nilov

Kesalahan di masa lalu sudah seharusnya menjadi bekal agar lebih dewasa dan bijak dalam menghadapi berbagai hal. Sehingga, bila memang suami benar-benar menyesal karena telah berselingkuh, kamu akan melihat versi terbaik dari dirinya. Dia tak akan segan untuk mengaku salah dan meminta maaf agar keadaan dapat lekas membaik.

8. Ponsel bukan lagi bersifat rahasia

8 Tanda Suami Menyesal Telah BerselingkuhPexels.com/Daria Shevtsova

Saat selingkuh, mungkin dia sering kali terlihat asyik dengan ponselnya sendiri. Tidak lain dan tidak bukan, karena dia tengah menjalin komunikasi intim dengan orang lain di luar hubunganmu bersamanya. Karena hal itu pula, ponsel menjadi sebuah barang yang bersifat rahasia. Dia akan selalu dihantui rasa takut jika kamu sampai membuka ponselnya dan membaca seluruh percakapannya.

Namun akan lain jadinya jika suami kamu telah merasa bersalah dan mulai menyesali perbuatannya. Dia akan menjadi sosok yang lebih terbuka dan bersikap santai atas ponselnya sendiri. Bahkan, jika dirasa perlu, dia akan mengizinkan kamu untuk menyentuh ponselnya.  

Itulah beberapa tanda suami menyesal telah berselingkuh. Kini, kamu tinggal memutuskan apakah kamu bisa memaafkannya dan menerima dia kembali?

Baca Juga: 9 Ciri Perempuan yang Gampang Diselingkuhi Laki-Laki

Baca Juga: 6 Cara Membangun Kembali Kepercayaan Setelah diselingkuhi Pasangan

Baca Juga: 8 Pahala Istri yang Diselingkuhi Suami Menurut Islam