Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bertemu Orangtua Pasangan untuk Pertama Kali? Lakukan 5 Persiapan Ini

Bikin first impression yang positif, Bela!

Windari Subangkit

Bela, apa yang ada di benakmu ketika diajak oleh pasanganmu untuk bertemu dengan orangtuanya? Mungkin kamu langsung merasa gugup, canggung, bahkan membuat jantung berdebar. Perasaan seperti ini memang wajar terjadi karena pertemuan dengan orangtua akan berkaitan juga dengan restu dalam hubungan kamu dan pasangan. Supaya pertemuan pertamamu ini berjalan lancar, coba ikuti 5 langkah yang harus dipersiapkan sebelum bertemu dengan orangtua pasangan ini. 

Step 1: persiapkan mental

Pexels.com/Joao Jesus

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah persiapkan mental sebelum bertemu dengan orangtuanya. Hilangkan perasaan takut dan khawatir kalau kamu nggak akan diterima dengan baik oleh keluarganya. Pasalnya, pikiran buruk seperti ini justru bisa berpotensi menghancurkan kesan pertamamu. Bangun percaya dirimu dan yakinlah bahwa kamu adalah pribadi yang berkualitas di mata orangtuanya.

Step 2: cari tahu tentang kepribadian orangtuanya

Pexels.com/Bruce Mars

Tanyakan kepada pasanganmu seperti apa kepribadian orangtuanya. Apakah mereka adalah orang yang tegas, cerewet, atau justru mudah bergaul? Tanyakan juga seperti apa sosok yang dapat mengambil hati orangtuanya. Dengan begini, seenggaknya kamu sudah punya gambaran bagaimana bersikap dan berbicara di hadapan kedua orangtuanya nanti. 

Step 3: kenakan pakaian yang sopan

Pexels.com/Burst

Penampilan juga menjadi hal yang nggak boleh disepelekan, Bela. Untuk itu, gunakan pakaian dan makeup terbaik saat akan mengunjungi rumah pasanganmu. Pakailah busana yang membuatmu nyaman dan membuat orang yang melihatmu juga ikut nyaman. Jika kamu bisa menjaga penampilan, tentu saja ini bisa menjadi poin positif di mata orangtuanya.

Step 4: bawalah buah tangan yang disukai orangtuanya

Pexels.com/Porapak Apichodilok

Sebelum membawakan buah tangan, kamu harus bertanya lebih dulu pada pasanganmu bingkisan apa yang kira-kira tepat untuk diberikan. Nggak perlu bingkisan yang mahal, yang penting berkesan dan bisa memberi unsur kedekatan pada orangtua pasanganmu. Jika orangtuanya suka makan cake, cobalah membawa cake buatan sendiri atau membeli cake terenak yang pernah kamu makan. 

Step 5: siapkan topik pembicaraan yang sesuai dengan orangtuanya

Pexels.com/rawpixel.com

Wajar saja jika kamu merasa canggung saat bertemu pertama kali dengan orangtua pasangan. Untuk mengurangi kecanggungan, cobalah menyiapkan beberapa topik pembicaraan yang kira-kira sesuai dengan orangtuanya. Bicarakan hal-hal yang ringan dan sebaiknya jangan langsung membahas soal masa depan hubungan kalian karena kamu masih dalam tahap perkenalan dengan orangtuanya.

Jadi gimana, sudah siapkah kamu bertemu dengan calon mertua, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating