Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Pengorbanan Sia-Sia yang Nggak Perlu Kamu Lakukan untuk Pasangan

Prioritaskan dirimu dulu

Stella Azasya

Nggak sedikit orang mengatasnamakan cinta untuk semua hal yang dilakukannya untuk pasangan. Padahal nggak semua hal itu cocok dengan konsep cinta yang positif. Jadi saat kamu berada dalam hubungan yang nggak sehat, jangan bertahan hanya karena kamu masih mencintainya.

Secinta apa pun kamu dengan pasanganmu, jangan sampai lakukan lima hal ini untuknya. Ini nggak sehat dan melakukannya berarti kamu hanya merusak kebahagiaanmu sendiri.

1. Mencoba mengubah penampilanmu untuk menyenangkannya

Pexels.com/Mariana Kurnyk

Nggak apa-apa kalau kamu nyaman dengan itu. Tapi kalau kamu nggak nyaman dan memaksakannya, itu malah yang nggak benar. Kamu harus senantiasa ingat bahwa dirimu sendiri itu butuh dibahagiakan. Jangan memaksakan diri melakukan hal yang nggak kamu suka, untuk menyenangkan orang yang nggak bisa menerima kesukaanmu.

2. Membatasi atau malah menjauh dari teman-temanmu karenanya

Pexels.com/Ira Dulger

Pasangan yang baik nggak akan menghabiskan waktumu untuk dirinya sendiri. Dia akan tahu bahwa kamu butuh teman lain, kamu butuh waktumu sendiri untuk keluarga dan orang-orang yang sudah ada sebelum pasanganmu datang. Jangan menjauhi temanmu saat kamu sudah punya pasangan, itu nggak masuk akal.

3. Menoleransi kesalahannya yang fatal hanya karena nggak ingin kehilangan dia

Pexels.com/Juan Pablo Arenas

Misalnya dia memukulmu, atau menghujanimu dengan kata-kata kotor yang nggak pantas. Apakah kamu masih akan bertahan dengannya? Jangan. Cinta itu nggak seperti itu. Bayangkan kalau masih pacaran saja kamu sudah sering dimaki-maki, waktu menikah nanti kamu pasti mati muda.

4. Membiarkan dia mengubah dirimu sebenarnya

Pexels.com/freestocks.org

Misalnya tentang hal yang kamu suka dan nggak kamu sukai. Jika kamu memang nggak suka memancing, maka jangan paksakan dirimu untuk suka dan berbohong kalau kamu lebih suka memasak. Kompromi dalam berhubungan itu pasti selalu ada dan dia harus kompromi kalau memang kamu nggak suka itu.

5. Membuang mimpimu demi pasanganmu

Pexels.com/energepic.com

Apa pun yang sedang kamu lakukan atau impikan sekarang, jangan sampai membuang itu hanya untuk pasanganmu. Kalau kamu ingin kerja, pergilah bekerja di tempat yang kamu mau. Kalau kamu ingin kuliah, maka ambilah gelar pendidikan setinggi yang kamu inginkan.

Melepas semua yang bisa kamu dapatkan hanya akan mendatangkan penyesalan bagimu. Justru, seharusnya dia mendukungmu untuk meraih mimpi, bukan menyuruhmu membuangnya. Jika kamu melakukannya, sama saja kamu nggak mencintai dirimu sedangkan syarat utama untuk mencintai orang lain adalah mencintai diri sendiri dulu. Ingatlah bahwa cinta nggak akan membuatmu kehilangan kebahagiaanmu, sebaliknya, kamu akan mendapat banyak kebahagiaan karenanya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "Secinta Apapun, Jangan Sampai Lakukan 5 Hal Ini Untuk Pasanganmu"

IDN Media Channels

Latest from Dating