Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Lakukan! 7 Hal Ini Tak Pantas Diminta oleh Pasanganmu   

Ingat batasan, ya, Bela!

Rosita Meinita

Terkadang dalam hubungan, pasanganmu akan meminta beberapa hal kepadamu. Entah itu perhatian, keinginan yang harus kamu lakukan, dan sebagainya. Nah, di sini kamu juga harus mampu untuk membedakan hal yang bisa diberikan dan dilakukan ke pasangan ataupun tidak.

Karena dalam hubungan pun, kamu harus tahu batasan. Jangan sampai pasanganmu merasa senang, sedangkan kamu merasa hubungan itu tak seimbang.

Inilah beberapa hal yang harusnya nggak diminta pasanganmu ke kamu.

1. Merahasiakan hubunganmu

freepik.com/ user4891512

Beberapa orang mungkin nggak suka hubungannya diekspos oleh banyak orang dan menganggap hubungan sebagai privasi. Akan tetapi jika pasanganmu meminta merahasiakan hubunganmu, coba perhatikan ke mana arahnya terlebih dahulu.

Apakah dia ingin merahasiakan hubungannya denganmu karena masih terlibat dengan orang lain, memanfaatkanmu, atau menghindari beberapa orang untuk tahu.

Seorang laki-laki yang peduli denganmu seharusnya bangga dan memberitahu orang lain bahwa dia memiliki perempuan yang berharga sepertimu.

2. Mengubah dirimu sepenuhnya

freepik.com/ beststudio

Sebenarnya suatu hubungan juga belajar untuk menerima satu sama lain, baik kekurangan dan kelebihan. Banyak orang lebih mementingkan kelebihan daripada kekurangan, padahal kekurangan dalam pasangan bisa menjadi perhatian bersama.

Pastinya kamu memiliki kekurangan, begitu pula dirinya. Saat pasanganmu menginginkan dirimu seperti yang dia inginkan sepertinya hal ini kurang sehat. Karena dari kekurangan itu bisa dicari solusi bersama.

Jika dia ingin mengubah dirimu sepenuhnya bukan menjadikan dirimu di versi terbaikmu, jangan dilakukan, ya, Bela.

3. Terbiasa di kebiasaan yang nggak sehat

freepik.com/ wavebreakmedia_

Saat kamu dan pasanganmu bersama akan ada penyesuaian. Hal-hal adaptasi ini seharusnya mengarah yang lebih baik bukan lebih buruk. Jangan biarkan pasanganmu untuk mengubahmu menjadi orang yang pemalas, membiasakan diri dengan alkohol, menghancurkan pola tidur dan makanmu, serta masih banyak lagi.

Kamu harus sadar hal-hal mana yang bisa dilakukan bersama dan mana yang sudah mengarah ke kebiasaan yang nggak sehat.

4. Setuju dengan semua pendapatnya

freepik.com/ wavebreakmedia_

Perbedaan pendapat akan selalu terjadi di semua hubungan. Bahkan perbedaan pendapat dapat membuatmu dan pasangan melakukan diskusi kecil bersama. Akan tetapi, jika pasanganmu manipulatif, dia akan menyuruhmu untuk selalu setuju dengan semua pendapatnya. Jika hal ini terjadi, akan dipastikan hubunganmu mengarah ke hubungan yang toxic. Kamu mungkin nggak selalu sependapat dengannya, tapi bagaimana kalian bisa berkompromi akan hal itu, yang akan membuat hubunganmu sehat.

5. Menghambat pencapaianmu

freepik.com/ wavebreakmedia_

Kecemburuan merupakan hal yang biasa dalam hubungan, akan tetapi jika pasanganmu cemburu akan prestasi yang kamu capai sepertinya hal itu salah. Mungkin dia merasa nggak aman karena kamu mempunyai prestasi atau pencapaian yang lebih darinya, oleh karena itu dia ingin menghambatmu dalam urusan tersebut.

Membuat versi dirimu yang lebih rendah daripada mereka, nggak akan memberi kebahagiaan dan memuaskan ego pasanganmu. Justru pasangan yang suportif akan mendukung apa pun yang kamu lakukan.

6. Membahas pengalaman seksual masa lalu

freepik.com/ gpointstudio

Pasanganmu seharusnya nggak boleh memintamu untuk mengekspos pengalaman seksual dengan mantan kekasihmu. Hal ini bersifat privasi dan nggak perlu dibahas lagi., kecuali jika kamu ingin membicarakannya dengan caramu sendiri. Kamu punya hak untuk menyimpan masa lalumu terutama tentang pengalaman seksual.

7. Membiarkan kamu dihina oleh orang lain

freepik.com/ master1305

Jika ada seseorang yang menghina atau meremehkanmu baik itu keluarga, sahabat, atau temannya, seharusnya dia juga merasa geram. Pasanganmu seharusnya nggak mengabaikan hal nggak menyenangkan itu, karena pasanganmu adalah panduan bagaimana orang memperlakukanmu. Pasanganmu perlu membela dan nggak boleh memintamu untuk mengabaikannya.

IDN Media Channels

Latest from Dating