Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mempertahankan Hubungan dengan Pasangan

Buat hubunganmu berkesan ya!

Rosita Meinita

Banyak pasangan yang sudah lama bersama memutuskan untuk berpisah. Bukan karena orang ketiga, melainkan karena konflik internal di antara mereka berdua. Baik itu keegoisan, kejenuhan, ataupun nggak bisa memecahkan masalah bersama. Padahal masalah internal ini merupakan batu loncatan untuk mengawali hubungan kamu di tahap berikutnya yaitu pernikahan. Banyak cara mempertahankan hubungan agar menjadi awet, yuk simak.

1. Speak up dan komunikasi yang baik

unsplash.com/ Pablo Heimplatz

Tahukah kamu nggak semua perempuan dapat speak up akan semua kemauan dan hal yang membuatnya mengganjal dalam hubungan? Padahal sebenarnya inilah kuncinya. Banyak perempuan yang lebih memendam hal yang ingin disampaikan ke pasangannya justru nggak membuat hubungan tersebut komunikatif dan dua arah.

2. Suportif

unsplash.com/ Matheus Ferrero

Saat pasangan kamu sedang sibuk-sibuknya akan pekerjaannya, berikan dia support-mu sebagai tanda kasih sayang. Dukunglah dia untuk semakin berprogres di masa depan dan menjadi laki-laki yang matang. Karena kesuksesannya akan berpengaruh juga untuk kehidupan kalian berdua jika sudah bersama, bukan?

3. Perhatian

unsplash.com/ Taylor Hernandez

Semakin lama hubungan itu berjalan, semakin banyak juga hal-hal yang dikesampingkan. Bahkan hal itu sebenarnya adalah yang sangat penting, yaitu perhatian. Saat dia membutuhkan perhatian akan rutinitasnya seharian, memberikan dia makanan yang kamu masak sendiri ataupun menyiapkan makan malam merupakan contoh kecil membuat perhatian kepadanya.

4. Tetap memberikan kenyamanan

unsplash.com/ Kristina Litvjak

Saat perhatian dan support itu dilakukan, dia akan merasa nyaman akan keberadaanmu. Rasa nyaman adalah kunci supaya hubunganmu dapat bertahan lama. Bagaimanapun keadaannya, apabila rasa nyaman ada, kamu akan merasa bahagia apa pun keadaannya.

5. Menghargai satu sama lain

unsplash.com/ Toa Heftiba

Saat hubungan memerlukan kepentingan kedua belah pihak, kamu juga harus menghargai kepentingan pribadinya. Kamu juga harus bisa membedakan mana yang harus didahulukan, antara kepentingan pribadimu atau kepentingan kalian berdua ya.

6. Memberi warna baru

unsplash.com/ Toa Heftiba

Kejutan-kejutan kecil juga perlu dihadirkan. Kamu bisa menghadiahi dia liburan bersama untuk me-refresh pikiran yang penat akan rutinitas. Liburan juga membuat kamu dan pasangan memiliki waktu berkualitas bersama, melihat kehidupan di sudut pandang berbeda dan mewarnai hubungan kalian bersama.

7. Bertanggung jawab

unsplash.com/ Milan Popovic

Bertanggung jawab yang dimaksud adalah tahu akan komitmen yang ada di suatu hubungan. Jangan sampai hal-hal yang kecil malah merusak hubunganmu, seperti kamu lebih sering hangout dengan teman laki-laki sekantormu. Mungkin sah-sah saja, akan tetapi jangan terlalu sering ya Bela, karena kamu sudah mempunyai pasangan.

Itu tadi beberapa cara mempertahankan hubungan dengan pasangan. Supaya dengan mengikuti cara-cara di atas, hubunganmu dengan dia semakin kuat, ya.

IDN Media Channels

Latest from Dating