Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Akhiri Hubunganmu Jika Pasangan Melakukan 5 Hal Ini Kepadamu

Lebih baik segera ambil tindakan tegas, ya!

Putri Rahayu

Ketika menjalin sebuah hubungan, seseorang seringkali tidak menggunakan logikanya dalam bertindak. Makanya, nggak heran bila banyak yang menyebut seseorang itu sudah dibutakan oleh cinta dan tak bisa mengambil tindakan tepat.

Hal itu dikarenakan rasa cinta yang dirasakan begitu besar, sehingga sulit untuk bertindak sesuai logika dan akhirnya lebih mementingkan perasaan. Meski terbilang wajar, tapi beda halnya jika kamu masih tetap mempertahankan hubungan dalam kondisi tertentu, seperti kondisi di bawah ini. 

1. Pasangan hanya memanfaatkanmu saja

Unsplash.com/Kelly Sikkema

Selama kamu menjalin hubungan asmara, tanpa disadari rasa cinta yang kamu rasakan itu telah membutakanmu, sehingga ketika pasangan sudah memanfaatkan segala hal yang ada di dirimu, kamu pun tidak merasakannya.

Salah satu contoh yang menunjukkan bahwa pasanganmu memanfaatkan kamu adalah dia selalu menyuruhmu untuk melakukan hal-hal yang diinginkannya, atau menghabiskan uangmu untuk membelikannya barang-barang yang dia inginkan. Ketika kamu sudah merasakannya, jangan diam saja ya, Bela. Sebab, sosok seperti itu akan menjadi toxic di hubunganmu. 

2. Diselingkuhi oleh pasanganmu

Unsplash.com/Charlie Foster

Perselingkuhan adalah suatu pengkhianatan dalam hubungan yang paling menyakitkan. Ketika kamu diselingkuhi, jangan pernah berpikiran untuk bersikap ikhlas dan memaafkan pasanganmu akan hal tersebut. Sebab, sakit yang dirasakan tidak akan pernah hilang meskipun pasanganmu telah berubah.

Akan selalu ada perasaan ingin membalas, tapi tidak mampu kamu lakukan. Jika perselingkuhan tersebut terjadi bahkan tak hanya satu kali saja, lebih baik akhiri semuanya. Memilih bertahan dengan pasangan yang mempermainkan perasaanmu hanya akan merugikanmu saja. 

3. Diposisikan sebagai yang kedua dalam hubungan

Unsplash.com/Christopher Burns

Diselingkuhin saja sakit, bagaimana jika dijadikan sebagai yang kedua? Hal itu berarti kamu telah merusak hubungan orang lain. Jadi, jangan pernah mau untuk dijadikan yang kedua, sebab yang kedua hanyalah sebagai cadangan saat si dia sedang bosan dengan pasangannya yang pertama. 

Selain itu, kamu juga harus gunakan logikamu. Menghancurkan hubungan orang lain, maka suatu saat juga kamu akan mengalami hal tersebut. Ingat karena hidup itu akan selalu ada karma dan sebab akibat. 

4. Sering dituntut berlebihan

Unsplash.com/Farsai Chaikulngamdee

Pasangan yang menuntutmu menjadi lebih baik adalah hal yang wajar dan normal dilakukan. Namun, berbeda jika pasanganmu menuntut secara berlebihan sedangkan dia tidak pernah meningkatkan kualitas yang ada dalam dirinya.

Sebagai pasangannya, kamu juga akan merasa kesal dan bosan dengan sikap pasanganmu. Jangan mau dituntut hanya di satu pihak saja. Sebab, dia akan semena-mena terhadap dirimu. Baiknya kamu akhiri saja, bertahan hanya akan membuat dirimu merasa kesal saja. Hubungan yang benar adalah ketika kamu dan dia mau sama-sama berubah menjadi lebih baik, bukan hanya salah satunya saja.

5. Sering diabaikan

Unsplash.com/Christopher Burns

Sejatinya dalam hubungan, kamu dan pasangan harus saling mengerti dan menghormati satu sama lain. Dijadikan sebagai prioritas juga adalah hal yang paling istimewa untuk didapatkan. 

Namun, jika dalam hubungan sudah tidak ada harapan lagi, kehadiranmu sudah tidak dianggap dan selalu diabaikan, maka ada baiknya untuk mengakhiri ini semua. Mempertahankannya hanya akan membuatmu terlihat bodoh dan seakan tak memiliki harga diri. Ingat Bela, kamu itu berharga dan layak dicintai, bukannya diabaikan.

Jika kelima hal di atas terjadi di dalam hubunganmu, maka kamu harus tegas mengambil risiko dan mengakhiri semuanya. Jangan mau dimanfaatkan oleh pasanganmu saja, sebab kamu berhak untuk bersuara dan bahagia. Tetap semangat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating