Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Bahagia, Ini 6 Manfaat Memiliki Healthy Relationship

Pentingnya memilih pasangan yang tepat

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Hubungan yang sehat atau healthy relationship ialah ketika pasangan dapat saling memberikan hal yang positif. Menjalin hubungan memanglah bukan hal yang mudah. Tentunya akan menjadi tantangan dan godaan yang akan kerap kali ditemui. Kendati demikian, hubungan yang sehat bukanlah hal yang tidak mungkin untuk kita dapatkan.

Dalam kehidupan relationship, tidak semua pasangan mempunyai hubungan yang sehat. Hal terburuknya, hidup mereka menjadi berantakan, karena salah dalam memilih pasangan. Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan yang hakiki, bukan?

Itulah kenapa menjadi hal yang esensial untuk memiliki hubungan yang sehat agar kamu terus berbahagia sepanjang hidupmu. Berikut ini, Popbela akan merangkum 6 manfaat memiliki healthy relationship untuk membangkitkan kebahagiaan.

1. Membangkitkan kebahagiaan

Pexels.com/Leah Kelley

Manusia memang diciptakan untuk berpasang-pasangan. Maka dari itu, setiap orang tentunya ingin mempunyai pasangan. Terlebih lagi, jika memiliki pasangan yang tulus mencintai kita, hal tersebut akan menjadi manfaat healthy relationship yang bisa membangkitkan kebahagiaan. Namun, perlu diingat bahwa kebahagiaan itu akan ada, jika kita memiliki hubungan yang sehat.

Ketika kamu punya masalah yang cukup pelik, kamu tidak akan merasa sendiri jika kamu mempunyai pasangan yang perhatian dan selalu menemani kamu dalam suka maupun duka.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Pexels.com/Vjapratama

Manfaat memiliki healthy relationship lainnya adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri, lho. Mempunyai pasangan yang selalu mendukung tentunya akan selalu memberikan inspirasi kepada kamu untuk selalu mengejar impianmu di masa depan. Hal tersebut akan membangkitkan kebahagiaan dalam hubungan serta kehidupan kamu.

3. Memotivasi untuk mengenal diri sendiri

Pexels.com/Cottonbro

Pasangan yang tulus mencintaimu akan memotivasi kamu dalam mengenal diri sendiri. Ketika berinteraksi secara intens, kamu akan lebih memahami karaktermu saat berhubungan dengan orang lain.

Seperti sebuah contoh, dalam menjalani hubungan, kamu menyadari bahwa setiap masalah yang terjadi dengan pasangan adalah sikapmu yang cenderung egois. Hal tersebut juga menjadi manfaat memiliki healthy relationship yang bisa membangkitkan kebahagiaan.

4. Membiasakan sikap rendah hati

Pexels.com/Mann Quang

Perlu kamu tahu, bahwa hubungan yang sehat bukan berarti kamu tidak pernah bertengkar dengan pasanganmu. Jika tidak pernah konflik, justru hal itu kesalahan besar, lho. Karena itu akan memperlihatkan kalau antar pasangan saling menghindari masalah. 

Permasalahan dalam hubungan asmara bisa mendatangkan hal yang positif. Salah satunya membiasakan sikap rendah hati. Jadi, kamu akan belajar mengambil hikmah dari setiap permasalahan yang kamu hadapi. 

5. Baik untuk kesehatan

Pexels.com/Kieran White

Hubungan yang sehat dapat meningkatkan kesehatan secara fisik. Terlebih lagi, untuk pasangan yang memang serius dengan masa depan, tentunya mereka akan saling menjaga dan tidak membebani. Ini hanya terjadi jika keduanya sama-sama sehat.

Dengan begitu, pasangan yang sadar akan hal ini, mereka akan mengevaluasi diri serta menjaga kesehatan atau gaya hidupnya. Mereka akan mengurangi konsumsi makanan yang sembarangan, dan rajin berolahraga bersama.

6. Melatih untuk memecahkan masalah

Pexels.com/Dejan Krstevski

Dalam hubungan asmara, tentunya kita akan ada saja masalah yang dihadapi hingga perasaan yang tercampur aduk seperti amarah, kecewa, dan sedih dengan pasangan. Di situlah manfaat memiliki healthy relationship tersebut. Berbagai masalah yang datang, kamu bisa menjadikannya pengalaman dan pembelajaran. Nantinya kemampuan memecahkan masalah kamu akan semakin terasah.

Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang penting ketika kamu akan membangun keluarga dengan pasangan. Jika semua masalah mudah ditangani dengan baik, itulah yang menjadi manfaat memiliki healthy relationship, yang bisa membangkitkan kebahagiaan antar kamu dan pasangan.

Itulah 6 manfaat memiliki healthy relationship, yang bisa membangkitkan kebahagiaan. Semoga bermanfaat, ya! 

IDN Media Channels

Latest from Dating