Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Terjebak dalam Love-Hate Relationship? Ini 7 Cara Mengatasinya

Komunikasi adalah kunci utamanya

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Membicarakan cinta memanglah persoalan yang rumit, terutama ketika kamu sedang menjalin hubungan asmara. Terkadang kita bisa merasakan dua perasaan terhadap pasangan kita, yakni cinta dan benci atau yang dikenal love-hate relationship.

Love-hate relationship adalah perasaan benci dan cinta dalam suatu hubungan, kamu mungkin membenci pasanganmu, tetapi kamu juga mencintainya. Perasaan seperti ini terkadang membuat kita dilema, berpikir apakah lebih baik berhenti atau tetap melanjutkan hubungan ini, sebab rasa cinta dan benci secara bersamaan adalah hal yang melelahkan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi love-hate relationship dalam hubungan? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Tanyakan perasaan yang sebenarnya dengan dia

Pexels.com/cottonbrostudio

Dalam hubungan asmara, terkadang hanya salah satunya yang memiliki perasaan cinta dan benci terhadap pasangan. Sebelum memutuskan sesuatu, kamu harus tanyakan terlebih dahulu tentang perasaan kekasihmu. Apakah dia sebenarnya juga menderita secara emosional? Setelahnya, kamu bisa menentukan apakah hubungan ini bisa diperbaiki atau tidak.

2. Terbuka untuk komunikasi

Pexels.com/cottonbrostudio

Setelah menanyakan perasaan yang sebenarnya di antara kalian, sekarang saatnya kamu membicarakan semuanya. Tanyakan, apakah hal-hal ini bisa diperbaiki dan diubah sehingga tak akan ada lagi emosi atau kebencian? Apakah ada yang harus diubah darimu? Apakah dia juga bersedia untuk berubah? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan memberi tahumu apakah keadaan akan membaik atau sebaliknya.

3. Tanyakan apakah ingin berjuang bersama

pexels.com/cottonbrostudio

Supaya love-hate relationship ini berhenti, kamu dan pasanganmu harus rela dan siap mengerahkan energi, waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki hubungan. Apakah kalian bersedia berjuang bersama untuk berubah menjadi lebih baik? Apakah bersedia untuk fokus memperbaiki cara berkomunikasi di antara kalian berdua? Kamu perlu memastikan agar hubungan kalian menjadi lebih baik.

4. Tuliskan pro dan kontra

Pexels.com/cottonbrostudio

Kalau kamu masih merasa bimbang apakah akan mengakhiri hubungan kalian atau tidak, cobalah kamu buat daftar pro dan kontra. Tuliskan apa saja yang kamu sukai dari pasanganmu dan hubungannya secara keseluruhan, dan apa yang tidak kamu sukai darinya. Lalu, kamu bandingkan dari kedua sisi, jika jumlahnya hampir sama, mungkin lebih baik kamu tetap menjalin hubungan dan melihat perubahannya seiring waktu.

5. Jangan saling menyalahkan

Pexels.com/vera arsic

Dalam hubungan apa pun, terlalu menyalahkan adalah bukan solusi terbaik, sebab ini bukan hanya kesalahan satu orang saja. Terutama dalam hubungan asmara, kemungkinan besar kamu dan pasanganmu yang melakukan banyak hal hingga terjadinya hubungan cinta dan benci. Daripada saling menyalahkan, kalian seharusnya saling introspeksi diri dan menerima.

6. Curhat dengan orang yang tidak memihak

Pexels.com/cottonbrostudio

Ketika sedang ada masalah dalam hubungan, tentunya kebanyakan orang akan bercerita dengan teman yang bisa dipercaya. Hal ini memang cukup membantu, asalkan kamu harus menceritakan masalahmu dengan orang yang tidak memihak. Jadi, kamu bisa diskusikan solusi terbaik atas masalahmu kepada orang yang dipercaya. Mendengar pendapat mereka bisa menyelesaikan permasalahan love-hate relationship yang kamu alami.

7. Perbaiki kembali

Pexels.com/cottonbrostudio

Mengalami hubungan cinta dan benci bukan berarti kamu melepasnya begitu saja. Cobalah sedikit demi sedikit perbaiki. Seperti pergi berkencan, sering menggodanya, buatlah seolah-olah kamu baru pertama kalinya berpacaran dengan dia. Hal ini memungkinkan akan memperbaiki hubunganmu, serta harapan akan memberikan makna dan tujuan baru dalam percintaanmu.

Itulah 7 cara mengatasi love-hate relationship dalam jalinan asmara. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalaminya, ya.

IDN Media Channels

Latest from Dating