Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Arti Bunga Kamboja, dari Makna Mistis hingga Percintaan

Bunga identitas Bali

Natasha Cecilia Anandita

Tak hanya mempercantik ruangan, bunga juga memiliki arti tersendiri, lho, Bela. Setiap bunga bahkan warnanya punya arti atau melambangkan sesuatu. Salah satu bunga yang akan dibahas kali ini adalah bunga kamboja. 

Bunga yang yang banyak tumbuh di pemakaman ini kadang dikaitkan dengan hal-hal mistis. Di sisi lain, bunga kamboja sendiri punya arti lain yang positif. Apa saja kira-kira arti bunga kamboja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Arti bunga kamboja dalam agama Hindu

unsplash.com/kanwardeep-kaur

Dalam agama Hindu, bunga kamboja dapat diartikan sebagai dedikasi dan pengabdian. Ini merupakan simbol kesetiaan dan pengabdian kepada seseorang. Tak heran, bunga kamboja sering digunakan sebagai dekorasi upacara pernikahan.

Bunga kamboja yang berwarna putih menunjukkan kesucian hati saat memuja Sang Hyang Widhi Wasa, para leluhur dan para guru spiritual. Bunga ini juga istimewa karena proses berbunganya bertepatan dengan sasih kapat atau bulan purnama keempat. Umat Hindu percaya bahwa waktu tersebut merupakan bulan yang baik. Maka dari itu, bunga kamboja dianggap sebagai “sari alam” yang membawa kebaikan untuk umat Hindu.

2. Arti bunga kamboja dalam agama Buddha

freepik.com/mrsiraphol

Dalam agama Buddha, bunga kamboja merupakan simbol keabadian. Hal ini juga karena bunga kamboja tidak cepat layu, meskipun pohonnya telah tumbang. Karena itu juga, beberapa umat Buddha menanam pohon bunga kamboja di dekat kuburan-kuburan. 

3. Awal yang baru, kehidupan atau kelahiran

pexels.com/lada-rezantseva

Arti bunga kamboja yang lainnya adalah awal yang baru atau kehidupan yang baru. Makna ini tak lepas dari kepercayaan suku Maya yang meyakini bahwa bunga kamboja merupakan simbol kelahiran dewa.

Karena filosofi itulah, bunga ini sering digunakan dalam upacara penyambutan kelahiran seorang bayi, upacara penghormatan kepada dewa, atau sebagai hadiah untuk seseorang yang memulai babak baru dalam kehidupan.

4. Keindahan

pexels.com/alesia-kozik

Bunga kamboja punya penampilan yang cantik dengan tekstur yang lembut, warna yang cerah, dan wangi yang khas. Hal-hal inilah yang membuat bunga kamboja dipercaya sebagai simbol keindahan.

Kamu juga bisa memberikan bunga ini kepada orang yang kamu kagumi. Karena keindahannya juga, bunga yang juga dikenal dengan nama plumeria ini kerap dijadikan sebagai dekorasi acara pernikahan maupun ruangan. 

5. Pesona

freepik.com

Arti selanjutnya dari bunga kamboja adalah pesona atau keagungan. Arti ini muncul karena bunga tersebut memiliki energi feminin yang kuat. Kamu pasti pernah melihat perempuan Hawaii, khususnya yang lajang, memakai bunga kamboja di belakang kuping kanannya, kan? Ini karena mereka ingin menarik perhatian para lelaki.

Masyarakat di Hawaii percaya bahwa bunga kamboja dapat memberikan pesona kepada perempuan lajang. Jadi, bunga satu ini cocok untuk diberikan kepada ibu, nenek, istri, maupun kerabat perempuanmu lainnya. 

6. Cinta yang kuat

pexels.com/iurii-laimin

Bunga kamboja juga melambangkan cinta dua insan manusia yang kuat. Ini adalah simbol harapan hubungan asmara maupun pernikahan yang langgeng hingga maut memisahkan. Salah satunya di India selatan, bunga kamboja sebagai bunga pernikahan melambangkan ikatan abadi antara pasangan suami istri.

Orang Tionghoa juga menggunakannya untuk menunjukkan kasih sayang dan cinta padahal tidak pantas untuk mengungkapkan perasaan tersebut secara terbuka. Penyair Swahili juga menggunakannya sebagai simbol cinta. 

7. Ketangguhan

pexels.com/raphael-brasileiro

Bunga kamboja juga bisa melambangkan ketangguhan. Toko bunga modern sering merekomendasikan bunga satu ini untuk diberikan kepada seseorang yang telah menanggung banyak tantangan.

Makna ini berasal dari fakta bahwa bunga kamboja baru bisa menyala atau mulai terbakar jika dipanaskan dalam suhu lebih dari 500 derajat F. Selain ketangguhan alaminya, tampilan bunga yang halus menjadikannya simbol keanggunan, kekayaan, dan kesempurnaan di seluruh Asia. 

8. Berbau mistis

unsplash.com

Bunga kamboja banyak ditanam di pemakaman yang menjadikannya dikaitkan dengan hal mistis. Banyak orang di Tiongkok dan Vietnam juga menganggap bunga ini sebagai sebuah sial karena kepercayaan masyarakat bahwa hantu dan makhluk halus lainnya tinggal di dahan semak. Di Pulau Jawa tidak ada yang berani menanam pohon bunga kamboja di pekarangan rumah karena bunga tersebut dipercaya dapat mengundang roh jahat.

9. Arti bunga kamboja putih

pexels.com/daksh-bansal

Bunga kamboja yang berwarna putih merupakan simbol kesucian, spiritualitas, dan kemurnian. Oleh karenanya, bunga ini sering digunakan untuk upacara keagamaan seperti pembaptisan dan pernikahan. Di Bali, bunga kamboja putih sering digunakan untuk upacara keagamaan dan persembahan kepada dewa dan leluhur.

10. Arti bunga kamboja kuning

pexels.com/motomoto

Untuk bunga yang berwarna kuning, ini melambangkan energi positif, optimisme, awal yang baru, kehangatan, dan persahabatan. Ini sering digunakan dalam perayaan dan sebagai tanda kegembiraan dan kebahagiaan. Kamu bisa memberikan bunga kamboja kuning kepada sahabat atau temanmu yang baru lulus kuliah, atau rekan kerja yang baru promosi jabatan. 

11. Arti bunga kamboja merah muda

pexels.com/pixabay

Bunga kamboja merah muda melambangkan kelembutan, cinta, kasih sayang, dan pesona Bunga kamboja warna ini terkadang dikaitkan dengan romansa dan emosi yang menyentuh hati. Tak jarang ia hadir dalam rangkaian bunga sebagai kado kepada pasangan saat Valentine.

Itulah arti bunga kamboja dari berbagai dunia dan warnanya. Apakah kamboja salah satu favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Dating