Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kencanmu Terasa Boros? Lakukan 5 Hal Ini agar Lebih Hemat

Jadi lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang

Hyrasti Kayana

Menghabiskan waktu dengan kekasih adalah hal yang menyenangkan. Makan-makan di tempat istimewa, menonton film terbaru di bioskop, hangout ke tempat-tempat seru, dan hal lainnya yang membuat kencan jadi lebih seru. Tapi kadang hal-hal seperti itu tanpa sadar ternyata menguras banyak uang ya. Bagi kamu yang sudah merasa perlu mengganti kebiasaan kencanmu agar lebih hemat, coba lakukan hal ini dengan kekasih.

1. Kencan di rumah tapi tetap buat spesial

Kalau dihitung, pergi ke mall atau ke tempat yang istimewa cukup menguras dompet lho dari mulai ongkos pulang dan pergi, bayar parkir, makan besar hingga makan kecil. Kalau hal ini dilakukan sangat sering pasti sangat terasa nih, Bela. Kamu bisa mengganti kebiasaan kancamu dengan tetap berada di rumah dengan pasangan. Kamu bisa melakukan hal seperti memilih menonton film seru dengan cemilan ringan yang bisa dibeli di toko atau supermarket terdekat. 

2. Makan di rumah lalu cari dessert di luar yang bisa bayar berdua

bustel.com

Cara lainnya adalah dengan memotong budget dengan menghemat di beberapa bagian kegiatan kencan lain. Sebelum kamu pergi dengan kekasih, kamu bisa memilih untuk makan besar di rumah, pastikan kamu sudah kenyang sehingga, kalaupun kamu pergi keluar kamu hanya akan membeli makanan atau minuman yang ringan. 

3. Hindari kencan impulsif yang menguras dompet

primetimetale.com

Saat sedang merasa bosan, biasanya salah satu orang dicari adalah kekasih. Kalau sudah merasa bosan akan banyak keinginan yang ingin dilakukan untuk menghilangkan kebosanannya. Bisa-bisa banyak hal yang dilakukan dan ternyata menguras banyak pengeluaran di satu hari, lho. Tanpa terasa saat kamu pulang ke rumah baru tersadar kalau kamu sudah mengeluarkan secara impulsif. 

4. Tentukan dengan matang tempat untuk berkencan

thehonestshruth.com

Hal yang kamu penting kamu siapkan sebelum berkencan adalah menentukan apa yang kamu lakukan bersama kekasih dan melakukan budgeting. Kamu juga harus bijak dengan keuanganmu. Kamu mengeluarkan pertanyaan pada dirimu seperti, “bijak nggak yang makan di tempat mahal hari ini dengan kondisi keuangan sekarang?”. Hal ini bisa melatih kamu juga dalam menentukan pilihan-pilihan lain dalam hidup. Hal ini juga menghindarimu dari over-budget saat berkencan.

5. Masak-masak di rumah

Nah, hal lain yang bisa kamu lakukan dengan pasangan adalah masak-masak di rumah. Kamu bisa melakukannya di waktu-waktu libur. Sekalian bisa belajar memasak kamu juga bisa mencoba hal baru dengan pasangan. Kamu juga punya momen belanja bareng dengan kekasih kamu di pasar atau supermarket terdekat dan menentukan budget dari awal. 

Menghabiskan waktu bersama kekasih memang sangat menyenangkan. Tapi jangan sampai malah menyusahkanmu di akhir bulan. Kamu bisa coba tips-tips yang sudah dijelaskan dan bicarakan pada pasanganmu.

IDN Media Channels

Latest from Dating