Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Menyelesaikan Masalah Besar Secara Dewasa Tanpa Harus Putus

Semua bisa dibicarakan baik-baik

Hyrasti Kayana

Menyelesaikan suatu masalah dalam hubungan memang sangat berisiko. Kalau dalam hubungan kamu dan pasangan adalah orang yang sama-sama emosional, bisa-bisa setiap ada masalah hubunganmu terancam putus. Siapa sih yang ingin menghadapi fase putus? Kalau memang saling menyayangi dan mencintai, kalau masalahnya bisa diatasi dengan baik, kenapa nggak? Yuk coba lakukan ini kalau kamu dengan pasangan sedang mengalami masalah.

1. Jangan takut untuk membicarakan masalah

Unsplash.com/rawpixel

Saat ada hal yang mengganjal dan membuatmu resah, jangan kamu pendam, Bela. Kamu bisa membicarakannya dengan pasangan kamu. Bicarakan dengan kepala dingin agar pasangan kamu juga mengerti apa yang kamu rasakan. Kalau kamu hanya memendam masalah, kamu hanya akan menahan emosi dan kalau emosimu sudah meluap, kamu malah sulit mengontrolnya.

2. Jangan membandingkan dengan pasangan lain

Unsplash.com/Ashley Schulze

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Begitu pun saat mereka menghadapi masalah, cara menyelesaikannya pun akan berbeda. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Tergantung bagaimana kamu bisa memandangnya. Mungkin secara nggak sadar ketika ada suatu masalah, kamu akan membandingkan pasangan kamu dengan orang yang lebih baik. Atau mungkin kamu membandingkannya dengan mantan kamu yang dulu.

Sebaiknya ini hanya menjadi pikiranmu sendiri saja. Jangan sampai kamu terlalu memikirkannya bahkan sampai membandingkannya secara terang-terangan kepada pasangan kamu. Hindari hal ini agar kalian tetap saling menghargai.

3. Lepaskan ekspektasi

Unsplash.com/Milan Popovic

Dalam hubungan, menaruh ekspektasi pada pasangan pasti akan terjadi. Namun sampai mana kamu berharap ekspektasi yang telah kamu buat akan memengaruhi hubunganmu dengan pasangan. Sebaiknya ekspektasi yang kamu buat pun nggak terlalu tinggi.

Nggak ada orang yang sempurna. Kamu harus lebih bijak memandang permasalahan yang sedang kamu hadapi dengan pasangan. Lepaskan ekspektasi-ekspektasi yang terlalu tinggi pada pasangan dan saling menerima kalau memang kamu ingin mempertahankan hubunganmu untuk jangka waktu yang lama.

4. Akui saat melakukan kesalahan dan diam saat memang kamu benar

Unsplash.com/Allan Filipe Santos Dias

Hal ini adalah yang terpenting. Ketika dalam sebuah hubungan mengalami pertengkaran, biasanya tiap pasangan akan saling meninggikan egonya. Merasa nggak mau kalah dan ingin selalu dinilai benar. Padahal, untuk mempertahankan sebuah hubungan adalah adanya rasa saling mengalah dan menurunkan ego.

Ketika membuat kesalahan, meminta maaf dan ketika memang kita benar nggak mengungkitnya dan merasa menang. Hubungan bukan sebuah ajang perlombaan siapa yang menang dan siapa yang kalah.

5. Menenangkan diri

Unsplash.com/Brooke Cagle

Saat ada masalah yang terjadi pada hubungan kamu dengan pasangan, kamu harus menyelesaikannya dengan kepala dingin. Kalau kamu rasa kondisinya masih sama-sama emosi, tenangkan diri masing-masing. Jangan biarkan emosi dan ego saling menguasai diri kamu dan pasangan. Saat kamu dan pasangan sudah merasa tenang, kamu pun bisa berpikir lebih jernih dan bijak.

IDN Media Channels

Latest from Dating