Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Punya Masalah Kepercayaan dengan Pasangan? Ini 5 Tips Mengatasinya

Kuncinya terletak pada kepercayaan diri sendiri

Firly Fenti

Masalah kepercayaan atau trust issue menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam sebuah hubungan asmara. Kamu yang mengalami permasalahan ini akan dipenuhi dengan perasaan cemas dan penuh rasa curiga kepada pasanganmu. Tak hanya itu, kamu juga akan bertanya-tanya apakah pasanganmu merupakan sosok yang setia, jujur, serta tulus kepadamu atau malah sosok yang sebaliknya. 

Tentu permasalahan kepercayaan ini tidak boleh dibiarkan, ya, Bela. Kalau kamu mempunyai trust issue, coba perbaiki permasalahan tersebut. Hal ini harus dilakukan karena kepercayaan merupakan salah satu aspek penting dalam menjalani hubungan asmara. Dengan adanya kepercayaan yang kokoh antar satu sama lain, maka salah satu kunci kesuksesan dalam membangun hubungan telah kamu peroleh. 

Nah, bagi kamu yang mempunyai trust issue dan mau memperbaikinya, kamu bisa mencoba 5 tips ini. 

1. Percaya dengan diri sendiri

Pinterest.com/Realtouchpicture

Yang harus kamu lakukan pertama kali untuk mengatasi trust issue adalah percaya pada diri sendiri. Kalau kamu tidak bisa percaya kepada diri sendiri, maka kamu akan sulit untuk memberikan kepercayaan pada orang lain. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk percaya pada diri sendiri sebelum kamu memberikan kepercayaanmu itu kepada orang lain, termasuk pada pasanganmu. 

2. Tentukan definisi kepercayaan versimu

Pinterest.com/Uncommonengagement

Diskusikan kepada pasangan mengenai definisi dan makna kepercayaan. Tentukan batasan mana saja yang bisa mengkhianati kepercayaan dalam hubungan yang kamu bina. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa saling mengerti, memahami, dan juga menjaga kepercayaan tersebut. Pada dasarnya, komunikasi dan diskusi adalah kunci dari poin ini.

3. Refleksikan diri

Pinterest.com/Istillshootfilm

Percaya atau tidak, masalah kepercayaan ada pada dirimu karena apa yang kamu lihat pada orang lain sebetulnya merupakan masalah yang secara langsung mencerminkan sesuatu yang tidak ingin kamu lihat dalam dirimu. Contohnya adalah ketika kamu takut pasanganmu selingkuh. 

Bisa jadi perasaan takut tersebut ada karena pengalamanmu yang diselingkuhi oleh mantan pasangan. Hal inilah yang membuat kamu menjadi sulit percaya dengan orang lain, termasuk pasanganmu yang sekarang. Untuk mengatasi hal ini, maka yang bisa kamu lakukan adalah merefleksikan diri. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang sebenarnya menjadi penyebab masalah kepercayaan yang ada di dirimu. Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa membuatmu jauh lebih tenang, lho. 

4. Terbuka

Pinterest.com/Blurry

Terbuka dan mau menceritakan apa yang kamu rasakan kepada pasangan adalah solusi utama dari permasalahan kepercayaan yang kamu alami. Biarkan pasangan mengetahui apa yang kamu rasakan. Diskusikan juga mengenai hal yang akan kamu dan pasangan lakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

5. Memberikan kepercayaan untuk mendapatkan kepercayaan

Pinterest.com/Wattpad

Salah satu bagian tersulit dalam menyelesaikan masalah kepercayaan adalah belajar membagi kepercayaan yang ada di dirimu tersebut secara bebas. Dengan membagikan kepercayaan, maka kamu akan mendapatkan kepercayaan itu kembali yang mana hal ini sangat berdampak baik untuk dirimu. Jadi mulai sekarang, cobalah secara perlahan untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain, ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Dating