Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Bersamanya

Yakin kamu sudah bahagia?

Fajar Laksmita Dewi

Menjalin hubungan bisa jadi sulit ketika sepasang kekasih ada dalam toxic relationship yang nggak disadari. Itulah kenapa beberapa dari mereka pada akhirnya memilih untuk berpisah. Namun, ketika kamu ada dalam hubungan yang sehat, kamu bisa mengenalinya.

Kamu akan merasa aman dan tenang. Segala sesuatu menjadi lebih mudah kamu lalui dengan pasangan. Berikut Popbela bagikan beberapa tanda lain bahwa kamu ada dalam hubungan yang sehat dan bahagia sekarang. Coba cek, apakah hubunganmu bersamanya sudah seperti ini atau belum, Bela?

1. Nggak pernah mempermasalahkan masa lalu

IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Kamu dan pasanganmu tidak berorientasi pada masa lalu. Masalah yang sudah selesai, nggak pernah kalian ungkap kembali karena sama-sama tahu bahwa kalian sudah saling memaafkan satu dengan yang lain. 

Selain masa lalu, kalian juga nggak terlalu mengkhawatirkan masa depan, tentang bagaimana cinta pasangan terhadapmu nanti. Entah itu akan bertahan atau memudar, kalian sama-sama bebas menunjukkan cinta tanpa takut kehilangan.

Kamu hanya mencintainya tanpa syarat. Hal sederhana ini yang membuatmu merasa bahagia sekarang. Toh kamu sedang menjalani hubungan saat ini, jadi tak perlu mengingat masa lalu dan tak perlu jauh mengkhawatirkan masa depan.

2. Bersamanya akan menguatkan langkahmu menghadapi kehidupan

IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Entah kenapa ketika bersamanya, mimpimu seakan menjadi nyata. Kamu merasa utuh dan tidak ada rasa cemburu atau negatif terhadapnya. Kamu benar-benar menikmati waktu ketika sedang bersamanya. 

Alih-alih kamu merasa sedih atau tidak berdaya karena satu hal dengan pasanganmu, kalian merasa lebih kuat justru ketika bersama. Kamu percaya, bersamanya akan menguatkan langkahmu menghadapi kehidupan dengan penuh kesabaran. Jika kamu merasa seperti ini, artinya kamu berada dalam hubungan yang sehat.

3. Saling menghargai hal kecil yang dilakukan pasangan

IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Nggak melulu hadiah mewah, kamu peka dengan perlakuan baik yang dilakukan pasangan. Kamu nggak masalah ketika pasangan bukan tipe romantis yang mengajak candle light dinner atau traveling. Hanya melihat senyumnya, itu lebih dari cukup.

Ketika cinta yang kamu miliki tulus, kamu bisa memberi lebih banyak kebahagiaan pada pasangan. Ketika kamu merasa senang bisa memberi apa yang dia butuhkan, di situlah kebahagiaan dalam dirimu tercipta. Lihatlah, cinta itu sederhana, bukan?

4. Ketika sedang marahan, kalian masih tetap saling menjaga

IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Sisi narsistik atau egois dalam diri seseorang, bisa membuat hubungan berakhir. Makanya, kalian nfgak pernah menggunakan cara ini saat sedang beradu argumen. Ketika emosi sedang bergejolak, kalian justru bisa saling menjaga satu dengan yang lain.

Kamu dan pasanganmu tidak akan menggunakan silent treatment atau mood yang buruk saat membahas masalah. Kalian bisa mengeluarkan argumen masing-masing dan tahu bagaimana berdebat dengan sehat. Ini juga menandakan bahwa kamu dan dia sudah dewasa dalam menjalin hubungan.

5. Dia memberimu ruang untuk menjadi dirimu sendiri

IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Hubungan yang sehat bukan hanya tentang kalian, namun juga pencapaian masing-masing. Hubunganmu nggak akan membuatmu merasa jatuh sendirian. Dia akan mengajari bagaimana kamu bangkit dan membantumu menjadi pribadi yang lebih baik.

Itulah kenapa kamu bisa mencintai pasangan seperti kamu mencintai dirimu sendiri. Bersamanya, kamu bebas menjadi dirimu sendiri. Tak ada lagi yang namanya manipulasi dalam hubungan kalian.

6. Kamu nggak perlu meminta izin padanya untuk main dengan teman

IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Bersamanya, kamu bisa melakukan kegiatan dengan seimbang. Entah itu ketika kamu harus meluangkan waktu bersama pacarmu, keluarga, sahabat, atau dengan dirimu sendiri. Dia tak pernah mempermasalahkan alasan saat kalian sedang nggak bisa bertemu. 

Sekali waktu, kamu dikenalkan dengan lingkup pertemanannya. Kamu diajak untuk mengerti dunianya. Keterbukaan di antara kalian ini yang membuat kepercayaan semakin menguat. Tak hanya itu, sesekali kamu juga dikenalkan pada keluarganya. Tentu ini menunjukkan bahwa dia telah serius menjalin hubungan denganmu.

Itu tadi beberapa tanda hubungan yang sehat. Poin berapa yang belum ada pada hubungan yang kamu jalani sekarang? Yuk, ceritakan lewat kolom komentar!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda Ini"

IDN Media Channels

Latest from Dating