Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Tanda Green Flag yang Sering Tidak Kamu Sadari, Menurut Ahli 

Bisa jadi tanda kamu sudah menemukan pasangan yang tepat.

Elga Windasari

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang red flag alias tanda bahaya dalam sebuah hubungan. Nah, banyak orang yang belum terlalu familiar dengan istilah green flag, yang berarti kamu aman untuk melanjutkan hubungan dengan orang tersebut. 

Jadi menurut MindBodyGreen, green flag atau bendera hijau adalah perilaku atau kualitas pribadi yang menunjukkan bahwa orang yang bersamamu saat ini mungkin sangat pantas dipertahankan. Alasannya, karena dia akan membuat hubungan berjalan dengan sehat, dewasa, dan bisa bertahan untuk jangka waktu lama. 

Lalu, apa saja tanda green flag dari pasangan yang sayangnya sering tidak kamu sadari? Beberapa ahli di bawah ini memberitahukannya untuk kamu.

1. Mendengarkan dengan baik

Pexels.com/Samson Katt

Mendengarkan secara aktif adalah suatu keharusan agar hubungan dapat bertahan dalam jangka panjang. Menurut terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Tiana Leeds, M.A., LMFT, mendengarkan secara aktif dapat menumbuhkan tingkat keintiman emosional yang lebih dalam.

2. Nyaman membicarakan perasaan dirinya sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hubungan yang sehat membutuhkan dua orang yang dapat mengenali emosi sendiri, dari mana asalnya, dan apa yang mereka butuhkan pada saat tertentu. Kemudian, kedua orang dalam hubungan tersebut harus dapat berbagi emosi dan kebutuhan itu satu sama lain. Seseorang yang dapat dengan mudah berbicara tentang emosinya, menunjukkan keterampilan relasional yang penting.

3. Memiliki kesadaran diri yang tinggi

Pexels.com/cottonbro

Termasuk tanda green flag jika pasangan menunjukkan kesadaran diri secara keseluruhan. Hal ini termasuk menyadari emosi, perilaku, harapan, mimpi, ketakutan, dan pola hidup. Bahkan, jika pasangan sadar kalau tindakannya dapat memengaruhi orang lain, itu juga menjadi tanda green flag yang sangat jelas.

Kesadaran diri juga berarti pasangan akan dapat mengenali dan mengakui ketika dialah yang berkontribusi terhadap sebuah masalah.

4. Memiliki empati

unsplash.com/Allef Vinicius

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berhubungan dengan emosi orang lain, dan bahkan bisa membaginya. Pasangan yang baik tidak hanya mampu mengenali emosi dirinya sendiri, tetapi juga emosimu.

Mereka mungkin merasa sedih ketika kamu sedih atau setidaknya bisa mengerti kapan dan mengapa kamu sedih. Selain itu, dengan empati ini, dia tidak akan meremehkan atau merendahkan perasaan yang kamu miliki tersebut.

5. Terlibat dalam hubungan yang dijalani

Pixabay.com/karen warfel

Dia membuat rencana, membalas chat secara konsisten, serta umumnya menunjukkan minat aktif padamu dan hubungan yang sedang dijalani. Mereka tidak takut untuk menjelaskan kalau dia menyukaimu. 

"Komponen penting [dalam hubungan] adalah bahwa kedua orang menginvestasikan dirinya dengan cara yang sama. Kehadiran adalah wajib dalam hubungan yang serius. Kamu dan dia harus selalu bertemu. Itu adalah tahap pertama dari komitmen," jelas pelatih hubungan Shula Melamed.

6. Hubungan dengannya bergerak dengan kecepatan yang nyaman

Pexels.com/Victoria Strelkaph

Dalam hubungan yang sehat, sudah seharusnya tempo hubungan harus terasa nyaman bagi kedua belah pihak. Tidak terlalu cepat, tidak juga terlalu lambat.

Tempo yang nyaman ini membuatmu dan pasangan memiliki waktu untuk berpikir, memproses, bersenang-senang, serta mengembangkan perasaan satu sama lain secara bertahap.

Tanda green flag adalah jika pasangan bersedia memberimu ruang dan waktu untuk memikirkan kesiapan dalam menjalani hubungan. Dia tidak pernah memberikan tekanan atau upaya untuk memaksa meningkatkan intensitas hubungan sebelum kamu siap.

7. Tidak malu atau ragu terlihat rentan

Freepik.com/press foto

Seseorang yang mampu membentuk keterikatan yang membuatnya merasa aman dengan orang lain, akan bersedia untuk terbuka secara emosional dan terlihat rentan. Dia bersedia untuk jujur ​​​​tentang bagaimana perasaannya tentang dirimu dan secara terbuka membiarkan kamu masuk ke dalam hidupnya.

Menurut ahli, hubungan membutuhkan jenis kerentanan ini agar keintiman yang nyata dapat berkembang. Seseorang yang secara emosional tidak tersedia atau takut akan keintiman, sering kali berusaha melindungi diri sendiri.

8. Tahu apa yang dirinya inginkan

Freepik.com/freepik

Apakah dia sedang mencari hubungan yang serius atau sedang main-main saja, dia harus bisa mengetahuinya sejak awal. Selain dengan dirinya sendiri, tanda pasangan green flag adalah dia juga peduli dengan apa yang kamu inginkan dari hubungan yang dijalani dan tidak takut untuk berdiskusi secara terbuka tentang arah hubungan.

Sebagai perbandingan, tanda red flag adalah jika seseorang yang sedang pendekatan denganmu tidak membuatmu mengetahui apa niatnya mendekatimu. Tanda green flag adalah saat dia penuh perhatian dan tidak main-main dengan perasaanmu.

9. Bersikap baik padamu, secara konsisten

Pixabay.com/Pexels

Dia peduli dengan perasaan dan kesejahteraanmu, serta selalu  berusaha untuk memperlakukanmu dengan baik. Hal penting yang tidak boleh terlewatkan adalah kebaikan yang dilakukannya tidak diberikan secara selektif atau hanya sesekali. Bahkan, jika dia tetap bisa bersikap baik padamu saat sedang memiliki konflik, itu tanda green flag dia orang yang memang benar-benar baik.

10. Dia juga memperlakukan orang lain dengan baik

unsplash.com/Brendan Hollis

Mereka juga memberikan perhatian dan kebaikan seperti kepada dirimu dengan orang lain, misalnya kepada orangtua, teman-teman mereka, pelayan, bahkan mantan dan orang yang tidak dikenal. Bagaimana dia memperlakukan orang lain dalam hidup adalah cerminan bagaimana dia pada akhirnya akan memperlakukanmu dalam hubungan.

11. Kamu tidak takut jadi diri sendiri

unsplash.com/Carly Rae Hobbins

Kamu merasa bisa jadi diri sendiri saat bersamanya, tanpa merasa khawatir atau mencoba untuk membuatnya terkesan atau takut membuatnya tidak nyaman. Kamu bisa jujur ​​dan mengungkapkan pikiranmu. Merasa nyaman dengan seseorang selalu merupakan green flag dan sinyal internal kalau kamu merasa aman dengan orang ini.

12. Peduli dan mementingkan kebutuhanmu

unsplash.com/Ben White

Dia meluangkan waktu untuk memahami apa yang kamu butuhkan dari hubungan yang dijalani dan melakukan upaya terbaik mereka untuk mewujudkannya. Jika dia merasa tidak dapat sepenuhnya memberikan apa yang kamu butuhkan, dia tidak ragu untuk membicarakannya tanpa membuatmu bersalah.

13. Kamu dan pasangan tetap memiliki kehidupan sendiri

pexels.com/Helena Lopes

Dalam hubungan yang sehat, pasangan tidak harus dimanjakan setiap detik. Bahkan, dia harus menghargai dan mendorong pasangannya untuk mandiri. Jika dua orang terlalu mengandalkan satu sama lain, akhirnya timbul risiko hubungan kodependen yang sebenarnya tidak sehat.

Jadi, jelas menjadi tanda green flag jika pasangan mendukung kamu melakukan hobi, bertemu dengan sahabat, dan memiliki kehidupan di luar hubungan. Bahkan, dia dengan senang hati menyemangati saat kamu mengejar kesenangan pribadi.

Begitu juga dengan dirinya sendiri. Jadi pertanda baik ketika pasangan memiliki koneksi, hobi, dan tujuan di luar hubungannya denganmu. Itu membuatnya cenderung tidak bergantung padamu dan hubungan untuk kebahagiaannya.

Itulah tadi 13 tanda green flag dalam hubungan yang sering tidak disadari. Jika pasangan memiliki beberapa—atau bahkan semua—tanda di atas, pertahankan dirinya karena kemungkinan besar itu akan menjadi hubungan terbaik dalam hidupmu.

IDN Media Channels

Latest from Dating