Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kebiasaan Ini Selalu Muncul dalam Toxic Relationship, Tahukah Kamu?

Jangan-jangan kamu sedang mengalaminya

Anisya Fitrianti

Sebagian besar orang pasti pernah terlibat dengan yang namanya toxic relationship. Namun sadarkah kamu bahwa toxic relationship bisa muncul dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang mungkin tidak disadari sebelumnya. Ingin tahu apa saja kebiasaan tersebut? Berikut adalah lima kebiasaan yang umum muncul dalam toxic relationship, simak baik-baik, ya. 

1. Tidak ada batasan privasi

Freepik

Privasi adalah hal yang perlu dipertahankan dalam sebuah hubungan yang sehat. Misalnya menjaga kerahasiaan password dan email. Menjaga privasi bukan berarti kamu atau si dia saling menyembunyikan sesuatu. Karena faktanya, mengawasi aktivitas digital pasangan secara berlebihan bisa menjadi bentuk penyalahgunaan digital. Bila kamu dan pasangan memiliki masalah seputar privasi, kalian perlu mendiskusikannya lebih lanjut karena ini adalah pertanda kalian tidak saling percaya. 

2. Selalu mengungkit kesalahan masa lalu

verilymag.com

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan pada pasangannya. Hal itu dapat dijadikan pelajaran di masa depan. Namun mengungkitnya berkali-kali dalam setiap kesempatan bukanlah kebiasaan yang baik. Pahamilah bahwa menjalin hubungan bukan soal kompetisi tentang siapa yang paling baik dan paling buruk tapi soal bekerja sama menghadapi masalah. 

3. Manipulasi pikiran

trinehusby.no

Hati-hati bila pasangan ahli memanipulasi pikiranmu. Biasanya sosok yang manipulatif mampu membuatmu merasa bersalah jika tidak memenuhi apa yang menjadi keinginan pribadinya. Kebiasaan ini tentunya sangat egois dan tidak bisa dibiarkan terus terjadi. 

4. Sulit untuk mendukung satu sama lain

Freepik.com

Sebagai pasangan sudah seharusnya kamu dan si dia bisa saling mendukung. Bentuk dukungan yang diberikan pun tidak melulu harus sesuatu yang besar. Terkadang dukungan kecil seperti ucapan semangat juga penting untuk diberikan. Bila kamu dan si dia malah saling menjatuhkan satu sama lain, kalian perlu waspada, karena kebiasaan ini tentunya tidak baik dapat menyebabkan luka pada perasaan masing-masing. 

5. Menyelesaikan masalah dengan memberi hadiah, bukan meminta maaf

dok.internet

Konflik adalah hal yang wajar terjadi dalam setiap hubungan. Bila si dia sering menghindari masalah dengan cara membelikanmu hadiah ini adalah tanda hubungan kalian ada dalam lingkaran toxic relationship. Padahal seharusnya pasangan bekerja sama untuk menghadapi konflik dan menyelesaikannya bersama. Saling meminta maaf juga jauh lebih penting daripada menyelesaikannya dengan materi. 

IDN Media Channels

Latest from Dating