Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berakhir Tak Terduga, 7 Cara Membina Hubungan di Drama "Love Alarm 2"

Saling jujur itu penting, lho!

Ajenk Rama

Drama Korea Love Alarm 2 baru saja selesai ditayangkan dan mengundang banyak perdebatan di antara penonton karena akhirnya yang tidak terduga. Meski hanya menghadirkan enam episode, konflik Love Alarm 2 dihadirkan dengan cukup intens. 

Masing-masing karakter berjuang untuk membina hubungan dengan cara tersendiri. Selain itu, pendewasaan dari ketiga pemeran utama semakin terlihat. Berkisah tentang Kim Jojo Kim So Hyun) yang tengah membina hubungan dengan Hyeyeong (Jung Ga Ram). 

Di sisi lain, Jojo masih berhadapan dengan cinta masa lalunya, Hwang Sun Oh (Song Kang). Konflik kecil inilah yang membuat Love Alarm 2 sangat menarik untuk ditonton oleh para pasangan yang sedang bingung membina hubungan atau tengah galau di antara cinta segitiga. 

Dari drama Love Alarm 2, ada 7 cara membina hubungan dengan pasangan agar lebih sehat dan langgeng, lho. Nah, apa saja caranya? Cari tahu di bawah ini, Bela.

1. Tuntaskan hubungan masa lalu yang mengganjal

Hancinema.net

Di Love Alarm 1, diceritakan bahwa Jojo dan Sun Oh menjalin kisah asmara. Namun, hubungan mereka berakhir saat Jojo memilih untuk menyudahi hubungan mereka. Ditambah dengan Sun Oh dikurung oleh sang ayah yang sedang aktif berpolitik. 

Ditinggalkan tanpa kejelasan, Sun Oh yang mengetahui hubungan Jojo dan Hyeyeong merasa dirinya dicampakkan dan tidak adil, sehingga ia berusaha mencari alasan di balik pemutusan Jojo secara sepihak di masa sekolah. Sun Oh terus-menerus mengejar dan menekan Jojo dengan berbagai cara dalam Love Alarm 2.

Sama seperti halnya ghosting, sungguh tidak menyenangkan saat seseorang yang disayang pergi meninggalkan kamu tanpa sepatah kata apa pun. Meski terasa sulit untuk memberikan penjelasan, menuntaskan hubungan masa lalu yang mengganjal sangat perlu dilakukan untuk bisa melangkah ke hubungan yang lebih baik dan sehat. 

2. Turunkan emosi dan sifat egois ke pasangan

Hancinema.net

Kesedihan dan rasa dikhianati oleh Jojo membuat Sun Oh berubah menjadi sosok yang egois, berusaha mencari perhatian Jojo dengan bikin masalah di kampus, tempat Jojo berkuliah. Hingga, masalah tersebut membuat Hyeyeong, sebagai pacar Jojo murka atas sifat egois Sun Oh yang menempatkan Jojo dalam bahaya. 

Di satu sisi, Sun Oh melakukan hal tersebut karena ingin mendapat jawaban atas masa lalunya yang dibiarkan menggantung oleh Kim Jojo. Meski ia tidak menyadari tindakannya itu menyakiti banyak pihak, termasuk Hyeyeong dan Yuk Jo (perempuan yang menyukai Sun Oh)

Tidak dapat dipungkiri, menjadi pihak paling tersakiti membuat rasa egois dalam diri sering muncul untuk terus mencari jawaban atas hubungan yang telah berakhir. Tetapi sifat egois itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru merusak dan menghancurkan hubungan. 

Begitu pula, saat kondisi sedang marah dengan pasangan, alangkah baik untuk menurunkan emosi dan sifat egois kamu ke pasangan. Tunggu suasana membaik, lalu bicarakan secara intens dan temukan solusi bersama sehingga hubungan bisa tetap harmoni

3. Berikan perasaan tulus dan intens

Hancinema.net

Dapat dikatakan, Love Alarm menjadi salah satu aplikasi yang dipercaya untuk bisa mengungkapkan rasa cinta ke pasangan tanpa harus mengatakan apa pun. Cukup dengan menderingkan fitur tersebut, seseorang akan tahu cintanya terbalas atau tidak. 

Namun berbeda dengan Hyeyeong, alih-alih mempercayai sepenuhnya aplikasi tersebut. Ia memilih untuk membangun dan membina hubungan ke Kim Jojo secara perlahan dan penuh kesabaran. Ia sempat menanggung rasa sakit karena cintanya belum terbalas, tapi kegigihan, ketekunan, dan pantang menyerah Hyeyeong untuk mendapatkan Kim Jojo berhasil membuat hati Jojo luluh. 

Dari Hyeyeong, kamu bisa memahami bahwa memberikan ketulusan dan perasaan yang intens mampu menaklukkan hati seseorang. Meski prosesnya tidak mudah dan cenderung lama, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Jika saat ini kamu sedang berjuang mendapatkan hati seseorang, maka lihatlah sifat baik Hyeyeong yang berusaha keras melakukan apa pun untuk bisa membuat Jojo bahagia dengan caranya sendiri. 

4. Bangun keterbukaan dengan pasangan

Hancinema.net

Tidak hanya Hyeyeong dan Sun Oh berkonflik, namun Kim Jojo sendiri masih belum yakin dengan hubungannya dengan Hyeyeong. Ia masih menutupi kebohongan demi kebohongan agar tidak ada yang tersakiti, tapi justru kebohongan kecil ini yang menjadi pemicu sebuah hubungan retak atau merenggang. 

Meski sudah putus dengan Sun Oh, Kim Jojo tidak bisa terbuka dengan Sun Oh bahwa ia memakai perisai untuk membuat fitur dering cinta Sun Oh tidak berbunyi di Love Alarm. Selain itu, ia berusaha ingin memberitahu ke Hyeyeong tapi tidak kunjung terucap soal hal tersebut. Sehingga, mereka terlibat konflik kesalahpahaman karena ketidakberanian Jojo untuk terbuka atas masalah yang ia tutupi sekian tahun. 

Memang, saling terbuka terhadap pasangan bukan hal mudah, tetapi berbohong juga bukan tidak yang tepat dalam membina hubungan yang langgeng. Karena, sekecil apa pun kebohongan akan menjadi masalah, apalagi saat kebohongan yang kamu tutupi itu membesar dan pasangan mengetahui kebenarannya dari orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk membangun keterbukaan dengan pasangan secara pelan-pelan. 

5. Fokus dengan hubungan masa kini

Hancinema.net

Rasa cinta Sun Oh ke Kim Jojo sangat besar, apalagi Jojo adalah sosok perempuan yang mampu membuat Sun Oh bahagia di tengah ketidakharmonisan keluarganya, sekaligus cinta pertama di masa sekolah. 

Sebab itu, putusnya hubungan di antara mereka membuat Sun Oh belum bisa menerima masa lalunya, meski Sun Oh menjalin hubungan baru dengan Yuk Jo di Love Alarm 2. Sun Oh masih mencari cara untuk bisa balik ke Jojo, walau sudah ada Yuk Jo yang bertahan dan berusaha menyayangi Sun Oh setulus hati. 

Bangkit dari kenangan hubungan masa lalu yang indah pastinya sangat sulit. Butuh waktu dan proses panjang untuk menerima semua itu telah berakhir. Tapi, tidak elok rasanya jika terus terpuruk di masa lalu, coba beri waktu berapa minggu atau bulan untuk menyembuhkan dan berdamai dengan rasa sakit.

Lalu, fokus membina hubungan masa kini. Lihat seseorang yang mau bertahan dengan kamu saat ini. Namun, jangan jadikan orang tersebut sebagai tempat pelarian, hanya agar kamu tidak kesepian. 

6. Jadilah sosok pendengar yang baik

Hancinema.net

Selama dua musim, Jojo digambarkan sebagai sosok yang masih berjuang untuk bisa menerima kondisi masa lalunya yang rumit. Jojo menjadi satu-satunya korban yang selamat dari percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh kedua orangtuanya ketika tinggal di Pulau Jeju. 

Karena kejadian traumatis tersebut, Jojo lebih banyak menyimpan semua masalah sendiri dan mengambil langkah berbohong sebagai upaya pertahanan dirinya terhadap orang lain agar tidak mendapat penghakiman atau disalahkan. 

Meski tahu bahwa Jojo berbohong, Hyeyoeng dengan sabar menjadi seseorang yang bisa diandalkan dan pendengar yang baik untuk pasangannya itu. Tidak memaksa Jojo untuk bercerita, tapi Hyeyeong memilih untuk menunggu sampai Jojo siap untuk menyampaikan semuanya secara langsung. 

Begitu pula dengan membina hubungan sehat dengan pasangan, saat pasangan mengalami atau mendapat masalah, cobalah berperan menjadi pendengar yang baik. Jika pasangan belum mau bercerita, beri waktu hingga ia siap. Lalu, tanyakan apakah butuh saran atau hanya ingin didengarkan saja. Terkadang, seseorang hanya butuh teman dengar untuk bisa melegakan hati dan pikirannya, lho. 

7. Jaga kepercayaan yang telah diberikan

Hancinema.net

Kebohongan yang disimpan rapat oleh Jojo mengenai perisai dan tombak yang dipakai Jojo untuk tidak mengaktifkan fitur dering di aplikasi Love Alarm ke Hyeyeong, sampai ke telinga Hyeyeong dari percakapan yang tidak sengaja ia dengar antara Brian Chon dan Jojo di depan minimarket, tempat Jojo bekerja paruh waktu. 

Saat mendengar hal tersebut, Hyeyeong syok dan nelangsa. Ia tidak menyangka mengetahui hal itu dari mulut orang lain. Padahal selama menjalin hubungan dengan Jojo, Hyeyeong berusaha membina hubungan asmara secara normal, namun langkah Jojo menembakkan tombak sempat membuat Hyeyeong merasa perasaan Jojo tidak tulus. 

Rasa kecewa Hyeyeong di depan wajah Jojo saat bertemu, akhirnya menyadarkan Jojo bahwa ia melakukan tindakan yang salah. Ia pun belajar dari kesalahannya dan bersikap lebih dewasa, Hyeyeong pun memberi ruang dan waktu itu ke Jojo. 

Mungkin, pasangan tidak melihat apa yang dilakukan oleh kamu di belakangnya, tapi kepercayaan itu ibarat sebuah kaca, saat kepercayaan dikhianati sulit untuk bisa memulihkannya dalam waktu singkat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pasangan. Jangan membuat pasanganmu kecewa, yang berakhir pada penyesalan kamu di kemudian hari. 

Nah, itulah tujuh cara membina hubungan di Love Alarm 2. Apakah kamu sudah menontonnya? Puaskah kamu dengan akhir tak terduga dari Love Alarm 2 ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating