Run On, drama yang dibintangi oleh Im Siwan dan Shin Se Kyung ini baru saja menyelesaikan episode terakhirnya dengan perolehan rating cukup mengesankan sebesar 3,62 persen menurut Nielsen Korea. 

Meski berfokus pada kisah hidup seorang atlet lari bernama Ki Seon Gyeom (Im Siwan), drama Run On sanggup menyajikan cerita cinta yang hangat dan ngena banget di hati. Salah satu hal yang menarik dari drama Run On adalah masing-masing pemeran mendapat porsi cinta yang pas, lho. Nggak ada yang namanya second lead tersakiti, nih!

Selain itu, adegan mereka yang mengalir bikin kamu makin gemas saat menonton. Nah, selain berakhir dengan bahagia, apa saja pelajaran cinta yang bisa didapat dari KDrama Run On? Ini dia selengkapnya, Bela.

1. Pertemuan tak terduga bisa menjadi benih cinta

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnHancinema.net

Mungkin kamu mengira jika cinta muncul di saat dan waktu tepat, tapi terkadang cinta bisa saja muncul di sebuah pertemuan tak terduga. Sama seperti yang dirasakan oleh Seon Gyeom yang masih 'lugu' soal asmara.  

Bermula dari pertolongannya ke Oh Mi Joo di salah satu festival film, keduanya kembali dipertemukan. Oh Mi Joo (Shin Se Kyung) menyadari bahwa takdir seolah ingin menyatukan mereka melalui pertemuan secara tidak sengaja. 

Dari drama ini, kamu bisa memahami jika pertemuan tidak terduga bisa saja menjadi benih cinta nantinya. Mungkin tidak terkesan tidak masuk akal, namun adakalanya cinta bisa sesederhana itu untuk ditemukan. Cukup peka dan perhatikan sekitar, mungkin si 'dia' sudah ada, tapi kamu tidak menyadarinya.  

2. Belajar mengenal arti cinta dari pasangan

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run Onwhats-on-netflix.com

Fokus terhadap kariernya di bidang lari, Seon Gyeom digambarkan sebagai sosok laki-laki yang polos dan lugu soal cinta, tapi tingkat perhatiannya cukup tinggi. Sayangnya, sikap unik dari Seon Gyeom sulit dipahami oleh Oh Mi Joo yang hanya bisa menerka-nerka terkait perhatian yang diberikan. 

Hingga, mereka terlibat pertengkaran kecil dan membuat Oh Mi Joo marah besar. Dari sinilah, Seon Gyeom ingin bisa memahami Oh Mi Joo lebih dalam, ia berusaha berbaikan dengan Oh Mi Joo dengan cara apapun, menyukai apa yang disukai oleh Oh Mi Joo meski ia tidak menyukainya, seperti menonton film dan menunggu sampai akhir. 

Jika saat ini, kamu bisa kebingungan untuk bisa memahami arti cinta atau perasaan pasangan. Nggak masalah, kamu bisa belajar dari karakter Seon Gyeom yang tidak sempurna dalam membaca perasaan pasangan, tapi berusaha lebih baik dalam mengenal pasangan melalui tindakan nyata dan mengakui kesalahan yang dilakukan.  

3. Menghargai ruang privasi pasangan

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnHancinema.net

Di salah satu episode, Seon Gyeom digambarkan tinggal serumah dengan Oh Mi Joo dan rekannya. Meski menaruh rasa pada Oh Mi Joo, serta memiliki kesempatan untuk bisa tahu lebih banyak tentang Oh Mi Joo, Seon Gyeom tidak melakukan hal yang dapat membuat Oh Mi Joo merasa tidak nyaman. 

Justru, Seon Gyeom sangat menghargai ruang privasi perempuan yang disukainya. Saat ingin ke kamar Oh Mi Joo, Seon Gyeom mengetuk terlebih dahulu dan menanyakan izin untuk bisa masuk ke kamar tersebut. 

Saat jatuh cinta, tentu ada keinginan untuk tahu lebih banyak soal pasangan atau gebetan, tapi tidak semua orang nyaman jika ruang privasinya terungkap secara gamblang, apalagi tanpa izin terutama untuk orang baru. Jika ingin mengenal lebih dekat, kamu bisa mencontoh Seon Gyeom yang melakukannya secara alami, jadi pasangan yang didekati pun merasa nyaman. 

4. Membangun komunikasi yang baik

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnHancinema.net

Seperti yang dikatakan di awal, Seon Gyeom adalah karakter tidak sempurna soal cinta. Ada begitu banyak kekurangan di dalam dirinya, terutama perihal komunikasi. Nada bicara Seon Gyeom sangat lugas, bahkan bisa membantah perkataan dari Oh Mi Joo yang sedang kesal dengan dirinya. 

Malahan, ada di salah satu episode KDrama Run On yang menampilkan sikap Seon Gyeom sedang bingung ingin mengirim pesan apa ke Oh Mi Joo, bahkan parahnya, ia juga tidak mengabari Oh Mi Joo saat menginap di rumah Yeong Hwa. Inilah pemicu kesalahpahaman antara Oh Mi Joo dengan Seon Gyeom. Oh Mi Joo mengira jika Seon Gyeom menginap di rumah Dan-Ah atau perempuan lain. 

Oleh sebab itu, penting untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasangan atau gebetan.Tidak perlu setiap hari, tetapi mengabari di saat tertentu akan membuat hubungan lebih awet dan langgeng. Dengan adanya komunikasi, kecurigaan atau hal-hal yang bisa memperkeruh sebuah hubungan bisa berkurang, nih.

5. Hadapi rasa cemburu dengan lebih elegan

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnHancinema.net

Sebelum bertemu dengan Oh Mi Joo, Seon Gyeom dan Seo Dan-Ah lebih dulu mengenal satu sama lain. Bahkan, keduanya sempat dijodohkan oleh ayah Seo Gyeom untuk melancarkan kariernya di bidang politik. Selain itu, Seo Dan-Ah secara terang-terangan mengungkapkan jika Seon Gyeom menyukainya. 

Tentu saja, ucapan tersebut membuat hati Oh Mi Joo memanas. Alih-alih menampilkan rasa cemburu di depan Dan-Ah, Oh Mi Joo malah menanggapinya lewat cara elegan. Selain itu, Oh Mi Joo berusaha tidak terpengaruh dengan upaya Dan-Ah memanas-manasinya soal Seon Gyeom. Meski pada akhirnya, Dan-Ah yang tanpa sadar membantu Oh Mi Joo agar bisa lebih dekat dengan Seon Gyeom. 

Memang tidak menyenangkan saat pasangan digoda oleh orang lain, tapi kamu harus tetap bersikap tenang dan tidak gentar saat harus berhadapan dengan perempuan lain. Jangan tampilkan sisi terlemah atau ketakutan kamu. Dari Oh Mi Joo, kamu bisa belajar menyikapi perasaan cemburu yang mendera dengan lebih baik. 

6. Adakalanya cinta patut diperjuangkan

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnHancinema.net

Hubungan Seon Gyeom dan Oh Mi Joo sejak awal mendapat pertentangan dari sang ayah. Sang ayah pula yang meminta Oh Mi Joo menjauh dengan mengirimkan sejumlah uang, tapi ada daya hati Oh Mi Joo menolak dan mengembalikan uang tersebut. Ia lebih memilih untuk memperjuangkan rasanya, meski terkadang dibuat kesal oleh ulah dari Seon Gyeom. 

Namun, ada satu adegan paling berkesan yang dilakukan oleh Oh Mi Joo dan membuat Seon Gyeom tersenyum, yaitu Oh Mi Joo dengan berani menarik tangan Seon Gyeom sebagai bentuk 'perlawanan' ke ayah Seon Gyeom dan menolak perjodohan antara Seon Gyeom dengan Dan-Ah. Menariknya, percintaan yang terjadi di antara mereka tidak mengandung unsur cinta yang berlebihan, lho.

Tidak ada yang mudah jika sudah menyangkut urusan cinta, saat kedua hati menyatu pasti ada saja hambatan dan rintangan yang mesti dihadapi. Daripada menghindar dengan hambatan yang ada, perjuangkan saja cinta kamu jika yakin bahwa pasangan kamu adalah orang tepat. Namun, tetap berikan batasan agar kamu tidak terlalu bucin.  

7. Perbedaan usia bukan penghalang

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnHancinema.net

Kalau biasanya drama Korea romantis, ada second lead yang tersakiti karena tidak mendapat cinta dari pasangan utama, tapi di Run On, kamu tidak akan melihatnya justru kedua pasangan mendapat porsi cinta yang tepat, salah satunya Dan-Ah (Sooyoung 'SNSD') dan Lee Yeong Hwa (Kang Tae Oh). 

Karakter Dan-Ah terlihat begitu sempurna dan memberi batasan atas apa yang tidak sesuai dengannya. Namun, prinsip tersebut perlahan berubah sejak kehadiran Yeong Hwa. Sebuah lukisan menjadi momen pertemuan keduanya. Dan-Ah sendiri sempat menolak perasaan yang muncul karena perbedaan umur di antara mereka. Namun akhirnya, Dan-Ah menyadari jika kehadiran Yeong Hwa membuat hidup datarnya menjadi lebih berwarna.

Tidak bisa dipungkiri, perbedaan usia masih perdebatan di berbagai kalangan. Ada yang tidak peduli dengan urusan usia, asalkan saling melengkapi. Namun, ada pula yang melihat usia sebagai hambatan untuk bisa jatuh cinta. Terlepas dari perbedaan usia, selama kehadiran seseorang dapat memberi efek positif untuk diri kamu, maka biarkan hati kamu merasakannya. 

8. Cinta tidak pernah bisa dipaksa

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnHancinema.net

Hubungan Seon Gyeom dan Dan-Ah terbilang menarik. Keduanya telah mengenal cukup lama, Dan-Ah juga pernah menaruh rasa ke Seon Gyeom dan mereka juga terlibat pekerjaan di lingkungan kantor yang sama, ditambah dengan turut campur pihak keluarga (terutama ayah Seon Gyeom) untuk menjodohkan keduanya.

Namun, kedekatan dan bertemu di kantor agensi hampir setiap hari, tidak menimbulkan benih cinta di hati Seon Gyeom. Saat Dan-Ah secara terang-terangan menggoda Seon Gyeom dengan aksi perjodohan mereka, Seon Gyeom juga menyikapinya dengan santai dan memasang ekspresi bingung. 

Melalui Dan-Ah dan Seon Gyeom menjadi bukti bahwa cinta tidak pernah bisa dipaksa sekalipun dengan perjodohan. Maka, saat kamu merasakan dilemma, dengarkan dan rasakan apa yang diinginkan oleh hati kamu karena cinta selalu tahu kemana harus berlabuh. 

 

9. Hubungan yang sehat berawal dari self-love

Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama Run OnDramabeans.com

Ada juga percakapan antara Mi Joo dan Seon Gyeom yang ngena banget di episode 14. Mi Joo berkata bahwa untuk bisa menjalin hubungan asmara yang sehat, seseorang perlu mencintai dan menghargai dirinya lebih dulu.

"Siapa yang pada akhirnya akan hidup dengan diriku selamanya?" kata Mi Joo. "Dirikulah yang akan bersamaku, karena itu aku harus menjaga diriku dengan sebaik-baiknya."

"Sama halnya dengan dirimu," kata Mi Joo kepada Seon Gyeom, "kamu harus menjaga dirimu dengan baik, benahi dirimu jika ada yang rusak, cintailah dirimu sendiri. Itulah cara kita bisa menjaga hubungan yang sehat dan langgeng."

Benar banget, Bela. Kadang saat dalam hubungan, kita lupa untuk menghargai diri sendiri dan kerap merasa selalu mendahulukan pasangan. Padahal, orang yang pertama kali harus kita cintai adalah diri sendiri. Self-love itu bukan sesuatu yang egois, kok. Justru kamu bisa menjaga hubungan yang sehat dengan mencintai diri sendiri terlebih dulu.

 

Nah, itu tadi 9 pelajaran cinta yang bisa kamu petik dari KDrama Run On. Sederhana, tapi mengena banget di hati. Kalau kamu sendiri, pelajaran cinta apa yang didapat dari drama ini, Bela?