Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Wisata Horor di Jakarta, Cocok Bila Ingin Uji Nyali!

Menengok seramnya wisata horor di Jakarta

Nindi Widya Wati

Berbicara mengenai wilayah yang dikenal angker, maka di Indonesia memiliki banyak tempat-tempat mengerikan. Termasuk, jika kita menengok Jakarta yang ternyata memiliki tempat berbau mistis, hingga akhirnya kini banyak dijadikan wisata horor. 

Beberapa tempat yang tersohor angker, merupakan tempat-tempat yang biasanya terbengkalai. Bisa kita ambil contoh seperti gedung perkantoran hingga museum yang secara khusus memang menyimpan berbagai benda sejarah. 

Cerita horor tersebut, kiranya makin diperkuat dengan kesaksian masyarakat yang melihat secara langsung makhluk tak kasat mata. Penasaran? Mana saja tempat wisata horor di Jakarta? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Menara Saidah

Instagram.com / hafidhrm

Bila mendengar Menara Saidah, dikenal sebagai nama sebuah gedung yang terbengkalai di Jalan MT Haryono, Jakarta. Bangunan yang terdiri dari 28 lantai itu, menjadi bangunan terbengkalai sejak tahun 2009. 

Keadaan tersebut, ternyata menimbulkan banyak cerita mistis dari Menara Saidah. Salah satu ceritanya, mengenai sosok kuntilanak yang disebut-sebut berada di lantai 14 gedung itu.

2. Sumur Lubang Buaya

Instagram.com / explorer_jakarta

Mengenal keberadaan Sumur Lubang Buaya, sebagai salah satu bagian dari monumen di Museum Lubang Buaya. Monumen tersebut, menjadi lokasi dari pembantaian dan tempat pembuangan mayat para jenderal pada saat insiden G30S PKI.

Kabarnya, sejumlah saksi mata pernah mendengar teriakan minta tolong yang berasal dari dalam Sumur Lubang Buaya. Dari masa ke masa, cerita mistis lainnya pun tersebar dan membuat monumen tersebut menjadi sesuatu yang angker.

3. Taman Langsat

Instagram.com / temantaman.jkt

Inilah area Taman Langsat, yang menurut warga sekitar dihuni berbagai makhluk tak kasat mata. Apalagi, saat melihat Taman Langsat yang memiliki banyak pepohonan besar berusia ratusan tahun. Diketahui, Taman Langsat pernah menjadi salah satu destinasi tur mistis di Jakarta pada 2019. 

4. Danau TMP Kalibata

Dok. Istimewa

Kali ini, membahas Danau TMP Kalibata, yang sering menjadi spot pemancingan bagi warga setempat atau pendatang dari luar. Meski terbilang selalu ramai pengunjung, namun ternyata danau tersebut dikenal sebagai tempat yang angker.

Kabarnya, warga sekitar sering melihat sesosok anak kecil yang berlarian mengelilingi Danau TMP Kalibata. Namun, masih belum diketahui pasti asal-usul dari cerita mistis di danau tersebut.

5. Jembatan Ancol

Instagram.com / ardianpirio

Ada pula kawasan Jembatan Ancol, yang masuk ke dalam destinasi wisata taman hiburan Jaya Ancol. Wisata di Jakarta Utara ini, memang sekarang terkesan biasa saja dan kerap menjadi tempat nongkrong anak muda.

Namun, di masa lalu, Jembatan Ancol memiliki cerita mistis yang bahkan sempat diangkat ke layar lebar lewat film bertajuk Si Manis Jembatan Ancol. Si Manis merupakan hantu dari perempuan cantik korban pemerkosaan, pada zaman pemerintah kolonial Belanda tahun 1817. 

Konon kabarnya, perempuan itu dibuang begitu saja di sekitar Jembatan Ancol. Tindakan tersebut, yang akhirnya membuat banyak orang mengaku melihat arwah dari Si Manis.

6. Stasiun Manggarai

Instagram.com / danboyz88

Saat melihat keadaan Stasiun Manggarai sekarang, kiranya memang tak terkesan seram seperti dulu. Mengingat, stasiun pemberhentian kereta yang berada di Tanah Abang ini, sudah direnovasi dengan bangunan yang mewah.

Namun tahukah kamu? Meski demikian, ternyata cerita mistis tetap menyelimuti Stasiun Manggarai. Apalagi, bila membahas tentang kereta hantu yang berjalan sendiri di luar jam operasional.

Kehororan kisah tersebut, bahkan sempat didokumentasikan lewat film bertajuk Kereta Hantu Manggarai pada tahun 2008. Penayangan film itu, ternyata menjadi film horor dengan peminat yang cukup banyak pada kala itu.

7. Museum Taman Prasasti

Instagram.com / museumkesejarahan

Beberapa museum, kiranya santer memiliki cerita makhluk tak kasat mata, contohnya adalah Museum Taman Prasasti. Museum peninggalan Belanda tersebut, menjadi museum cagar budaya yang berlokasi di Tanah Abang, Jakarta.

Diketahui, dalam Museum Taman Prasasti terdapat peti jenazah presiden pertama Indonesia, hingga patung bernuansa Eropa. Menurut pengakuan pengunjung, pernah melihat wujud tengkorak menangis. Hal tersebut, dikuatkan dengan fakta bahwa di Museum Taman Prasasti memang menyimpan banyak tengkorak. 

8. Museum Satria Mandala

Instagram.com / octavia.lia

Selanjutnya, ada Museum Satria Mandala yang dikenal memiliki banyak koleksi mobil, berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Terdapat jenis mobil jeep, ambulans, panser, hingga tank dalam museum tersebut. 

Namun siapa sangka, keberadaan mobil-mobil tersebut ternyata menyimpan cerita mistis. Salah satu yang paling tersohor, ketika banyak orang menyebut lampu mobil ambulans bisa menyala sendiri atau berkedip-kedip, padahal akinya sudah tidak ada.

Mobil ambulans ini, memiliki nama Gajah Putih atau biasa disebut si Dukun, yang berjasa mengangkut korban pemberontakan DI/TII saat operasi militer di Cipaganti tahun 1957-1962. Menurut informasi, merek mobil ambulans itu adalah Chevrolet itu milik RS Majalaya.

Itulah, 8 wisata horor di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Tertarik untuk menguji adrenalin di sana, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel