Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Foto Selama Solo Traveling, Tetap Keren!

Begini tips foto kece saat solo traveling

Nindi Widya Wati

Liburan memang menjadi hal seru untuk dinikmati, terlebih saat kita bisa mengabadikan momen selama perjalanan. Namun, apa jadinya bila kamu memiliki rencana solo traveling namun hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk berfoto tanpa ada teman atau keluarga.

Situasi tersebut membuat kita harus bisa memaksimalkan peralatan foto hingga fitur di smartphone untuk mendapatkan gambar terbaik. Penasaran? Ini tips foto saat solo traveling dari Popbela.

1. Gunakan selfie stick

Instagram.com / albania_shopee

Bila berbicara tentang selfie stick atau yang biasa kita sebut tongsis, terbilang banyak membantu saat solo traveling. Apalagi kalau hanya mengandalkan kamera ponsel untuk berfoto. Area yang bisa masuk dalam frame kamera jadi lebih luas dan tetap bisa memperlihatkan latarmu saat berfoto.

2. Pakai tripod supaya stabil

Instagram.com / dabz_global_official

Zaman sekarang ini, alat pelengkap kamera seperti tripod punya banyak jenisnya. Di mana ada tripod yang nggak selalu berukuran besar, namun kamu bisa bawa gorillapod yang sangat fleksibel atau tripod kecil. Pastikan tripod yang kamu bawa stabil dan tahan terhadap angin, agar tak jatuh saat digunakan.

3. Praktis bawa action camera

Instagram.com / rammounts

Bagi para traveler, kiranya action camera seperti Go-Pro seringkali jadi pilihan favorit. Bentuknya kecil dan praktis sehingga mudah dibawa, apalagi saat pergi liburan ke alam bebas. 

Selain itu, action camera bisa tahan dengan berbagai macam kegiatan alam, seperti berselancar, menyelam, bermain ski, dan lain-lain. Beragam aksesoris yang mendukung serta lensa lebarnya mampu mengabadikan momenmu dengan apik.

4. Drone mini untuk angle lebih luas

Instagram.com / dji.mini2

Saat pergi traveling, kini membawa drone juga bisa menjadi opsi dalam mengabadikan momen. Mengingat, drone sudah memiliki versi mini yang suitable untuk swafoto, salah satunya teknologi terbaru dari DJI. 

Drone tersebut berukuran kecil dan mudah dilipat, jadi nggak bakal makan tempat di tas. Fiturnya juga jadi lebih sederhana dan bisa dikendalikan, bahkan oleh pemula. Kamu bisa mendapat hasil gambar dari ketinggian dengan mudah dan jauh lebih indah daripada sekadar pakai tripod atau tongsis.

5. Maksimalkan fitur kamera smartphone

Dok. Istimewa

Kini, liburan hanya membawa smartphone bukan jadi hal yang mengkhawatirkan bagi para solo traveler. Lantaran, saat ini smartphone yang mudah dibawa ke mana saja, juga memiliki fitur kamera yang menghasilkan foto sangat apik. 

Salah satu fitur yang bisa kita gunakan adalah kamera ultrawide 0.5, yang diketahui dapat menangkap gambar dengan jangkauan lebih luas dibanding wide atau kamera biasa. Fitur ultrawide berguna untuk mendapatkan jangkuan foto yang sangat luas meskipun berada di ruangan berukuran sempit, apalagi bagi kamu yang ingin berfoto dengan latar pemandangan.

6. Minta bantuan orang lain

Pexels.com

Saat kamu merasa nggak punya alat untuk berfoto, bisa coba minta bantuan orang lain untuk memotret. Namun, saat kamu ragu dengan hasilnya, coba cari orang yang sama-sama membawa kamera atau yang kelihatan sudah terbiasa dengan fotografi. Jangan lupa utarakan hasil dan komposisi gambar yang kamu inginkan.

7. Proses edit sebelum diunggah

Device Test

Bila membahas editing foto jadi sesuatu yang cukup. Lantaran, ada orang yang cenderung ingin langsung mengunggah foto tanpa editing, atau lebih suka mengubah warna, komposisi atau hal editing lainnya sebelum mengunggah foto. 

Namun, bila kamu ingin mencoba editing untuk mendapat hasil gambar yang bagus, nggak perlu jago menguasai Photoshop. Karena sekarang proses editing bisa dilakukan lewat aplikasi di smartphone, kamu bisa menggunakan VSCO, Adobe Lightroom, hingga Snapseed. 

Demikianlah, beberapa tips foto selama solo traveling yang tetap bisa mengabadikan momenmu dengan hasil keren. Semoga bermanfaat, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Travel