Traveling sendirian adalah sebuah tantangan tersendiri yang harus kamu lakukan setidaknya sekali seumur hidup. Banyak hal yang harus disiapkan, mulai dari akomodasi, penginapan, perlengkapan, bahkan kocek yang jangan sampai tiris. Sebenarnya nggak susah untuk membuat solo travelling menjadi menyenangkan kok, Bela. Salah satu jenis me time ini bisa memberikan kamu pencerahan  baru, lebih menghargai diri sendiri, hingga menemukan inspirasi cemerlang.

Biar nggak gagal, inilah hal yang harus dipersiapkan solo traveler.

1. Mengenali destinasi tujuanmu

Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!freepik.com/ senivpetro

Lakukan riset terlebih dahulu terhadap destinasi yang kamu tuju. Cari bahasa yang digunakan, mata uang, tata krama, cara pembayaran transportasi publik, cuaca di waktu kamu akan tiba di lokasi, hingga situasi sekitar hotel tempat kamu menginap.

Jangan lupa pula bertanya dan meminta tips dari orang-orang terdekat yang pernah melakukan perjalanan ke destinasi tersebut, tanpa menyurutkan rasa penasaran kamu sendiri. 

2. Uang yang cukup

Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!freepik.com/ chainfoto24

Karena kamu bepergian sendirian, kamu harus membawa persediaan uang yang cukup. Kamu bisa saja mengandalkan debit card atau credit card untuk keperluan yang tidak bisa menggunakan pembayaran non-tunai, tapi pastikan kamu sudah memperkirakan jumlah uang yang harus kamu konversi ke mata uang kota tujuan. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran dan membuatmu lebih disiplin untuk jajan harian selama di destinasi tujuan. 

3. Buat rencana tapi tetap impulsif

Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!freepik.com/ lifeforstock

Sebelum berangkat ke tujuan, penting untukmu melakukan perencanaan yang matang. Kamu bisa menyusun itinerary sederhana yang bisa kamu jadikan acuan melakukan perjalanan. Dari hari pertama kamu berada di tujuan hingga beberapa hari mendatang.

Datangi tempat yang khas dan iikonik di kota itu. Nggak hanya melulu tentang destinasi, kamu juga mulai bisa merencanakan makanan apa yang akan kamu santap di sana. Tapi ingat, bukan travelling namanya jika tanpa kejutan dan hanya foto-foto demi konten saja. Lakukan hal-hal impulsif seperti ngobrol dengan penduduk sekitar, atau bergabung dalam sebuah pesta, yang bisa memberikan kamu kenangan tersendiri.

4. Hotel tempatmu menginap

Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!freepik.com/ dimonka

Bepergian sendirian juga mutlak untukmu memilih tempat menginap yang tepat. Selain jaraknya yang nggak terlalu jauh dari destinasimu, hotel ini juga harus berada di lingkungan yang baik. Salah-salah, kamu memilih hotel di daerah rawan akan kriminalitas.

5. Selalu berkomunikasi dengan orang terdekat

Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!freepik.com/ senivpetro

Walaupun solo travelling akan membuat me time-mu semakin berkesan, namun pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan orang terdekatmu. Jika hal-hal yang nggak diinginkan terjadi, mereka akan tahu keadaan dan keberadaanmu.

6. Bawa obat-obatan pribadi dan alat P3K

Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!freepik.com/ freepik

Walau tujuan dari solo travelling adalah untuk bersenang-senang, kamu juga perlu membawa obat-obatan pribadi jika kamu sedang rutin untuk meminum obat. Nggak hanya obat-obatan, alat P3K yang simpel bisa kamu bawa untuk keadaan darurat.

Baca Juga: Kolam Gua Buatan Terindah di Dunia