Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

17 Tempat Wisata di Sentul yang Lagi Hits dan Harganya

Mana yang akan kamu tuju?

Nafi' Khoiriyah

Bagi warga di sekitar Jabodetabek, tempat wisata di Sentul yang lagi hits dan harganya bisa menjadi destinasi yang menarik. Lokasinya yang tak terlalu jauh membuatnya mudah dijangkau.

Meski demikian, Sentul menawarkan berbagai pemandangan alam yang asri sehingga cocok untuk melepas penat. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di area ini bersama keluarga atau teman.

Kira-kira, mana saja destinasi wisata di Sentul yang menarik untuk kamu kunjungi? Simak selengkapnya berikut ini ya, Bela!

1. Goa Agung Garunggang

instagram.com/goagarunggang

Goa Agung Garunggang menjadi tempat wisata di Sentul yang lagi hits dan harganya yang pertama. Wisata ini merupakan goa tersembunyi dengan pintu masuk yang unik. Pintu tersebut tampak terbuka lebar secara vertikal. 

Berada di kawasan geopark, luas tempat ini adalah sekitar 6.000 sampai 7.000 meter persegi. Pada Goa Agung Garunggang, terdapat batu gantung dan kolam pemandian yang terbentuk secara alami. 

Kamu bisa menikmati pemandangan unik di Goa Agung Garunggang dengan gratis tanpa retribusi. Namun, kamu bisa membayar tour guide (jika ingin) dengan bayaran sukarela. 

2. Taman Budaya Sentul City

instagram.com/tamanbudaya_id

Kalau kamu ingin beraktivitas outbound atau aktivitas yang memacu adrenalin, maka Taman Budaya Sentul City menjadi tujuan yang tepat. Tempat ini menawarkan aneka permainan, mulai dari fliying fox, rafting, sampai forest hiking. 

Tak hanya itu saja, setelah puas menaiki wahana yang disediakan, kamu bisa beristirahat dan menikmati hidangan di kafe. Untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu tidak dikenai biaya masuk. 

Namun, kamu perlu membayar jika ingin menaiki wahana yang tersedia dengan harga tiket mulai dari Rp15 ribu. 

3. Curug Bidadari

instagram.com/curugbidadari_sentul

Sebagai kota yang dikenal seribu curug, Bogor memiliki Curug Bidadari yang berada di Sentul Paradise Park. Tempat ini menawarkan pemandangan hijau perbukitan dengan air terjun berketinggian 75 meter. 

Di bawahnya, tempat wisata di Sentul yang lagi hits ini terdapat kolam kecil tempat bermain air. Di seberangnya, tersedia saung beratapkan bambu yang bisa kamu jadikan tempat istirahat. 

Harga tiket masuk Curug Bidadari berkisar antara Rp25 ribu sampai Rp30 ribu. Namun, kamu perlu berhati-hati karena masih ada pungutan liar di tempat ini. Pastikan kamu menanyakan harga sebelum transaksi. 

4. Jungleland Adventure Theme Park

instagram.com/jungleland_indo

Jungleland Adventure Theme Park ialah tempat rekreasi yang menawarkan aneka wahana bermain untuk berbagai usia. Dengan pemandangan berlatar Gunung Pancar, kamu akan disajikan dengan 4 zona permainan yang unik. 

Zona tersebut adalah Zona Mysteria, Zona Carnivalia, Zona Tropicalia, dan Zona Explora. Semua wahana di Jungleland Adventure Theme Park ini akan cocok bagi kamu yang suka dengan wahana adrenalin. 

Untuk menikmati aneka wahana di Jungleland Adventure Theme Park, kamu perlu membayar tiket mulai dari Rp165 ribu. 

5. Gunung Pancar

instagram.com/gunungpancar

Menemukan hutan Pinus di Jakarta tentu sangat sulit. Jika kamu ingin menikmati suasana tersebut, silakan mengunjungi tempat wisata di Sentul yang lagi hits dan harganya yang terjangkau bertempat di Gunung Pancar. 

Wisata di Gunung Pancar ini akan memanjakan matamu dengan pemandangan pohon pinus yang indah. Tak hanya itu saja, kamu bisa camping dan tracking dengan rute yang mudah di tempat ini.  

Untuk memasukinya, kamu cukup membayar mulai dari Rp5 ribu saja. 

6. Edensor Hills

instagram.com/edensorhills

Memiliki pemandangan yang memesona, villa, resort, dan cafe Edensor Hills ini cocok untuk memanjakan mata. Tempat ini menawarkan pemandangan Gunung Pancar dengan lembah hijau dan air terjun bidadari. 

Tak hanya itu saja, tempat yang didesain country a la pedesaan Eropa ini juga memiliki banyak spot menarik dan instagramable. Mereka juga menyediakan fasilitas kolam renang, arena olahraga, sampai dengan gazebo untuk bersantai. 

Di kafe Edensor Hills, kamu bisa menikmati aneka makanan lezat dengan harga yang cukup lumayan, mulai dari Rp35 ribu. 

7. Sawah Segar

instagram.com/sawahsegardua

Seperti namanya, tempat wisata di Sentul yang lagi hits bernama Sawah Segar ini menyajikan pemandangan hamparan sawah yang hijau. Kamu juga bisa merasakan udara pedesaan yang sejuk sambil menikmati kuliner di sana. 

Sebagai objek wisata kuliner, Sawah Segar menyajikan aneka menu makanan yang cukup terjangkau. Sembari menunggu makanan disajikan, kamu bisa mengabadikan foto di beberapa spot yang menarik. 

Harga menu makan di Sawah Segar berkisar antara Rp90 ribu sampai Rp100 ribu. 

8. Pasar Ah Poong

instagram.com/ahpoongfoodmarket

Menikmati makanan sambil melihat Sungai Cikeas dengan suasana pegunungan bisa kamu rasakan di Pasar Ah Poong. Tempat ini merupakan pusat kuliner bergaya food court yang menyediakan sekitar 80 macam kuliner. 

Makanan dan minuman di foodcourt ini umumnya merupakan jenis makanan lokal dan fision food. Untuk mendatangi lokasi ini, pengunjung bisa melalui akses Eco Art Park sambil melewati jembatan gantung yang mengapitnya. 

Tidak perlu membayar, biaya masuk ke Pasar Ah Poong gratis. Kamu hanya perlu membayar parkir serta membayar makanan atau minuman yang akan dibeli saja. 

9. Curug Hordeng

instagram.com/curughordengsentul

Curug lainnya di wilayah Sentul yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Hordeng. Wisata air terjun ini tak kalah menarik dengan Curug Bidadari. Kamu bisa menikmati air yang mengalir sambil bermain di bawahnya. 

Berada di kawasan wisata Curug Kembar Cibereum, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Curug Hordeng di antaranya adalah kayak dan tempat tidur gantung.

Harga tiket masuk Curug Hordeng hanya sekitar Rp20 ribu.

10. Curug Leuwi Hejo

instagram.com/leuwihejosentul

Selanjutnya, tempat wisata di Sentul yang lagi hits dan harganya yang terjangkau adalah Curug Leuwi Hejo. Tempat wisata ini dikelola secara profesional dengan pemandangan alam yang memukau. 

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini sering menyebut Leuwi Hejo sebagai Green Canyon Kota Bogor. Sebab, air di dalamnya berwarna hijau jernih dengan pemandangan yang indah.

Untuk menuju Curug Leuwi Hejo, kamu perlu berjalan selama kurang lebih 1 jam terlebih dahulu. Objek wisata ini bisa kamu masuki dengan membayar tiket sekitar Rp20 ribu.

11. Jungle Land Adventure Theme Park Sentul

instagram.com/azendatuch

Kalau kamu akan berlibur bersama anak-anak, tempat wisata di Sentul yang lagi hits dan harganya terjangkau adalah Jungle Land Adventure Theme Park Sentul. 

Lokasinya berada di Sentul Nirwana, Jalan Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Di dalamnya, terdapat aneka wahana dan permainan yang terbagi dalam 4 zona. 

Untuk menaiki wahana di dalam Jungle Land Adventure Theme Park Sentul, setiap orang akan dikenai biaya tiket masuk. Untuk hari biasa, kamu bisa mendapatkan tiket terusan-reguler seharga Rp155 ribu. Sedangkan untuk hari libur Rp175 ribu. 

12. Gunung Ciung

instagram.com/gunungciung

Berada di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Gunung Ciung adalah sebuah bukit dengan pemandangan yang indah. 

Pengunjung bisa sampai di tempat ini dengan menempuh jalan setapak sekitar 1,5 km. Namun, semuanya akan terbayarkan setelah sampai di puncak.

Tidak perlu khawatir, di tempat wisata ini sudah ada aneka fasilitas, mulai dari gazebo, warung, sampai toilet. Kamu juga bisa berkemah di Gunung Ciung dengan membayar tiket masuk Rp5 ribu dan parkir. 

13. Kampoeng Koneng

instagram.com/kampoengkoneng_sentul

Kampoeng Koneng cocok didatangi bersama dengan keluarga. Tempat ini merupakan restoran dengan konsep perkampungan tradisional yang memiliki pemandangan indah, yaitu sawah dan kolam ikan. 

Kamu dan rombongan juga bisa menikmati aneka menu tradisional Indonesia di Kampoeng Koneng. Adapun lokasinya berada di Jalan Tapos Koneng, Sentul Selatan, Bogor. 

Tak perlu tiket masuk, pengunjung hanya perlu memesan menu makanan di tempat wisata di Sentul yang lagi hits ini dan harganya pun yang sangat bervariasi. 

14. Hutan Hujan Sentul

instagram.com/hutanhujansentul

Pesona alam yang memikat dan udara yang sejuk membuat Hutan Hujan Sentul cocok dijadikan tempat camping. Letaknya berada di Kampung Cigobang, Desa Karang Tengah, Sentul, Bogor. 

Tak hanya camping, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti forest walk, trekking ke Goa Garunggang, sampai menikmati kuliner khas di sana. 

Untuk berwisata ke tempat ini, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk, pemandu, makan, dan minum sebesar Rp175 ribu. 

15. Mandapa Kirana Resort

instagram.com/mandapakirana

Berikutnya, ada tempat wisata di Sentul yang lagi hits yang tak boleh kamu lewatkan, yakni Mandapa Kirana Resort. Resort ini memiliki pemandangan perbukitan hijau yang menyegarkan. 

Selain itu, ada pula miniatur Pura Lempuyang Luhur Bali yang begitu indah. Alamatnya berada di Jalan Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

Harga tiket masuk ke Mandapa Kirana Resort adalah Rp50 ribu per orang yang bisa ditukarkan dengan makanan atau minuman. 

16. Garuda Farm Sentul

instagram.com/garudafarmsentul

Garuda Farm Sentul jadi destinasi lainnya yang gak kalah menarik untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan wisata tematik yang memadukan antara wisata edukasi, alam, permainan, sampai camping. 

Biasanya, Garuda Farm Sentul menjadi tujuan wisata untuk pelajar yang duduk di tingkat TK, SD, SMP, maupun SMA. Ada berbagai paket yang ditawarkan oleh Garuda Farm Sentul, mulai dari paket wisata edukasi sampai paket camping. 

Berlokasi di Jalan Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kamu bisa mendapakan paketnya mulai dari Rp350 ribu. 

17. Curug Putri Kencana

google.com/maps/Riparhand

Tempat wisata di Sentul yang lagi hits dan harganya yang terjangkau terakhir adalah Curug Putri Kencana. Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Jawa Barat. 

Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan air terjun dengan udara yang sejuk seperti di pegunungan. Ketinggian curug ini sekitar 7 meter dengan dikelilingi dinding bebatuan yang tinggi. 

Dikarenakan airnya yang jernih, pengunjung pun bisa menceburkan diri ke kolam. Semua fasilitas itu bisa dinikmati dengan membayar biaya masuk sebesar Rp25 ribu. 

Itulah 17 tempat wisata di Sentul yang lagi hits dan harganya yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi, mana yang akan kamu kunjungi untuk liburan mendatang, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel