Gunung Butak: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Pesona alamnya memukau

Gunung Butak: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Membicarakan tentang gunung di Jawa Timur, sekilas yang terpikirkan olehmu mungkin adalah Gunung Semeru atau Gunung Bromo. Namun, pernahkah kamu mendengar nama Gunung Butak? 

Tak banyak yang tahu, Gunung Butak juga termasuk salah satu gunung stratovolcano yang berada di Jawa Timur, tepatnya di perbatasan antara Malang dan Blitar. Letaknya pun tak jauh dengan Gunung Kawi. 

Salah satu daya tarik utama dari Gunung Butak adalah padang sabana yang luas. Para pendaki bisa menghabiskan waktu di gunung ini karena pemandangan alamnya yang memukau. 

Jika kamu tertarik untuk mendaki ke Gunung Butak, simak dulu informasi di bawah ini, ya!

1. Lokasi Gunung Butak

Gunung Butak: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Gunung Butak terletak di perbatasan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam gunung berjenis stratovolcano yang merupakan gunung berapi kerucut yang terbentuk dari perselingan endapan piroklastika dan aliran lava. 

Memiliki ketinggian 1868 mdpl, gunung ini aman untuk dikunjungi dan cocok untuk pendaki pemula. Sebab, tingkat kesulitan pendakian di Gunung Butak sedang dan ketinggiannya pun cukup rendah dibanding gunung lainnya di Jawa Timur. 

2. Jalur menuju Gunung Butak

Untuk mencapai puncak Gunung Butak, kamu bisa melewati jalur pendakian via Panderman atau Sirah Kencong. Namun, rute yang paling sering dipilih oleh para pendaki adalah jalur Panderman. 

Jalur Panderman dimulai dari Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Batu, Malang. Medan yang akan dilalui jika melalui jalur ini cukup landai dengan panorama yang indah. 

Mulanya, rute dari jalur Panderman harus melalui jalur beratu. Namun, setelah itu kamu akan menemukan persimpangan untuk menuju Gunung Butak yang ada di sebelah kanan. 

Jalur yang akan kamu lewati selanjutnya cukup bervariasi, mulai dari tanah landai sampai ladang penduduk. Ada pula area hutan rimbun sebelum sampai di pos 1. Total pos jika melalui jalur ini ada 5. 

Di jalur 2 dan seterusnya, kamu akan melalui jalan tanah yang berkelok, landai, dan sesekali tanjakan atau turunan. Nah, di pos ke-5, kamu akan disuguhi dengan sabana yang menjadi tempat berkemah sebelum tiba di puncak. 

Sementara jika kamu melewati jalur Sirah Kencong, rute dimulai dari perkebunan teh milik Persero Perkebunan Bantaran PTPN XII di Desa Ngadirenggo, Wlingi, Blitar. Perjalanan akan dimulai dari gerbang Wukir kemudian melewati 5 pos untuk sampai ke puncak. 

Namun jika melewati jalur ini, kamu harus siap dengan rintangan pendakian yang curam dan menanjak. Kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan pohon pinus dan juga sabana. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here