Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Adem, Ini 7 Rekomendasi Green Hotel untuk Liburanmu

Hijau, sejuk, dan segar

Natasha Cecilia Anandita

Pemerintah hingga aktivis peduli lingkungan mulai menggaungkan aksi peduli lingkungan karena perubahan iklim yang semakin buruk. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga alam kita bahkan selagi berlibur.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah memulai kebiasaan perjalanan berkelanjutan yang ramah lingkungan. Ini termasuk mengunjungi destinasi ramah lingkungan, menjaga kebersihan, belajar tentang alam, hingga menginap di green hotel.

Green hotel sendiri adalah ramah lingkungan dan ini sudah banyak tersedia di seluruh Nusantara. Berikut ada rekomendasi 7 green hotel di Indonesia.

1. Hotel Borobudur, Jakarta

Green hotel pertama ada di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Berada di jantung ibu kota, di hotel ini kamu bisa melihat pemandangan lain yang menyegarkan. Kamu bisa bersantai di taman tropis seluas 23 hektar yang indah di Hotel Borobudur, Jakarta.

Green hotel bintang 5 ini berlokasi strategis dekat dengan pusat perbelanjaan dan kawasan bisnis, serta memiliki fasilitas lengkap. Ada masakan tradisional Indonesia maupun masakan internasional lainnya. Sop buntut adalah satu hidangan lokal populer yang disajikan di hotel ini. Hotel Borobudur juga merupakan Pemenang Penghargaan Hotel Kota Mewah tahun 2015.

Alamat: Jl. Pangkuan. Banteng Selatan, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Telepon: (021) 3805555

2. Greenhost Boutique Hotel, Yogyakarta

Sedikit jauh dari ibu kota, kita akan menemukan green hotel terbaik di Indonesia di kota pelajar, Yogyakarta. Green hotel ini bernama Greenhost Boutique Hotel yang mengammbil desain interior unik menampilkan konsep 'pertanian'. Selain suasana yang nyaman, hotel ini menawarkan fasilitas yang mumpuni, termasuk area hijau bernama Creative Farming, Green Art Space, Tea Spa by Sarah, dan Art Kitchen Resto.

Greenhost Boutique Hotel mengambil langkah-langkah ramah lingkungan dalam hal konservasi energi, kebijakan pembelian, bahan bangunan, sistem operasi, dan daur ulang limbah.

Untuk sampai ke sana, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 23 menit dari Bandara Internasional Adisucipto. Greenhost Boutique Hotel adalah akomodasi ramah lingkungan dengan sentuhan artistik, yang cocok untuk kamu yang ingin merasakan alam dan warisan Yogyakarta.

Alamat: Jl. Prawirotaman 2 No.629, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Telepon: (0274) 389777

3. Rumah Turi Green Boutique Hotel, Solo

goodholidayplan.com

Tak jauh dari Yogyakarta, kamu juga bisa menemukan green hotel pertama di Solo yang bernama Rumah Turi Green Boutique Hotel. Penginapan ini menawarkan fasilitas modern dengan sentuhan budaya Jawa yang kaya.

Ada tanaman hijau yang tersebar di seluruh area indoor dan outdoor, sehingga menciptakan rasa ketenangan yang luar biasa. Kedai Turi, restoran di dalam hotel, merupakan daya tarik yang populer dari tempat tersebut.

Pengunjung dapat menikmati pengalaman bersantap tropis yang santai dengan berbagai menu tradisional yang menawarkan makanan Jawa yang populer, minuman kesehatan yang eksotis, dan pilihan vegetarian yang ideal.

Selain itu, hotel ini turut menyedia tur berpemandu yang dapat dengan mudah diatur bagi kamu yang gemar trekking dan bersepeda. Terletak hanya 5 menit dari Stasiun Kereta Balapan, green hotel ini bisa menjadi pilihan akhir yang sempurna untuk hari yang melelahkan.

Alamat: Turisari, Jl. Srigading II No.12, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

Telepon: (0271) 736606

4. The St. Regis Bali Resort, Bali

Menyebrang pulau Jawa, kita akan menuju Bali yang memiliki beragam green hotel. Green hotel pertama adalah The St. Regis Bali Resort, Bali, di mana kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai dari jendela kamarmu.

Dibangun di pantai Nusa Dua yang masih asli, hotel ini menawarkan spa untuk mengisi kembali energimu di Remède Spa. Terinspirasi oleh keindahan kupu-kupu dan bulan, Remède Spa menyediakan ruang uap dan kombinasi sauna Sunlighten mPulse untuk membantu tubuh pulih dan segar kembali. Perpaduan seni dan budaya yang mencerminkan eksotisme Bali terlihat jelas dalam desain interior 80 suite, 42 vila, dan 2 hunian green hotel ini.

Alamat: Kawasan Pariwisata, Nusa Dua, Blok Lot S6, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80363

Telepon: (0361) 8478111

5. Soori Bali, Bali

Tempat kedua di Bali yang bisa kamu coba adalah menginap di Soori Bali. Sesuai namanya, green hotel, kamu bisa menyaksikan sawah hijau yang menakjubkan yang menghadap ke laut biru yang tak terbatas.

Terletak di Kabupaten Tabanan yang indah, green hotel ini telah merangkul keberlanjutan dan memenuhi Standar EC3 Global EarthCheck untuk bangunan, perencanaan, dan desainnya.

Soori Bali terkenal dengan masakan segarnya yang dibuat dengan rempah-rempah pilihan dari kebunnya sendiri dan produk segar yang dibeli dari pertanian organik lokal. Pengunjung yang ingin bersantai dapat mencoba spa holistik hotel, yang menggunakan produk organik berkualitas tinggi.

Alamat: Banjar Dukuh, Desa Kelating, Kerambitan, Kelating, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali 82161

Telepon: (0361) 8946388

6. Capella Ubud, Bali

Hotel ketiga terletak di hutan hujan Ubud yang rimbun, Capella Ubud, Bali. Hotel ini menawarkan fasilitas terbaik dunia, termasuk glamping di dekat kolam renang. Wisatawan juga dapat memilih perjalanan hutan berpemandu ke Sumba, pulau Bali yang belum tersentuh. Terpilih menjadi TRAVEL + LEISURE World's Best Awards 2020, green hotel ini memberikan sudut pandang baru tentang apa itu hotel mewah yang sadar lingkungan.

Alamat: Jl. RY Dalem, Keliki, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561

Telepon: (0361) 2091888

7. Kila Senggigi Beach Hotel, Lombok

tiket.com

Green hotel terakhir dalam daftar adalah Kila Senggigi Beach Hotel yang terletak di Lombok. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Terletak di jantung Pantai Senggigi yang eksotis, green hotel ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mencoba snorkeling dan kano, atau olahraga ekstrim yang menggetarkan hati seperti selancar angin.

Fasilitas rekreasi lainnya yang juga tersedia di resor ini, meliputi kolam renang laguna, lapangan tenis outdoor, lapangan voli, lapangan bulu tangkis, dan jogging track. Setelah hari yang panjang, pengunjung dapat menghilangkan stres di Mandara Spa atau makan di salah satu dari tiga restoran fine dining hotel. Negeri ajaib tropis seluas 12 hektar ini menawarkan aktivitas dan pemandangan tanpa akhir untuk dinikmati.

Alamat: Jalan Pantai Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar. 83355

Telepon: (0370) 693210

Itulah rekomendasi green hotel terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk membantu melindungi lingkungan dan mendukung pariwisata berkelanjutan. Mana yang membuat kamu tertarik untuk mengunjunginya?

IDN Media Channels

Latest from Travel